Pengertian dan Fungsi Gaussian Blur | IDS

Pengertian dan Fungsi Gaussian Blur

Efek blur. Banyak orang yang menggunakan efek ini dalam editing fotonya. Blur sering pula disebut bokeh. Bila dalam ilmu fotografi, sama artinya dengan blur bagi kamu yang biasa mengoperasikan photoshop.

 

Begitu pula dengan Gaussian blur. Ia adalah salah satu menu filter dalam photoshop yang sering dipergunakan orang. kamu belum tahu tentang itu? Coba jalankan aplikasi photoshop kemudian pilih menu Filter à Blurà Gaussian Blur.

 

Voila, kamu akan mendapatkan efek gambar yang buram atau tidak jelas. Maka pengertian blur atau bokeh sendiri adalah sisi foto yang tidak jelas atau kabur. Dalam dunia fotografi, sebuah bidang fokus foto dibebani oleh lensa kamera sehingga bidang fokus tidak seluas pada mata kita. Nah, karena itulah terbentuk sebuah sisi blur dalam sebuah foto.

 

Di sisi lain, kekurangan optik dari lensa kamera ini dimanfaatkan oleh fotografer untuk membuat suatu karya yang dapat menjebak fokus mata kita dimana akan berhenti sejenak pada objek foto tersebut. Bokeh sering dipergunakan dalam fotografi makro, model, jurnalistik, dan lainnya. Tergantung pada fotografernya ingin menonjolkan apa dalam foto tersebut. Lain halnya dengan fotografi arsitektur dan landscape yang hampir tidak pernah menggunakan bokeh dalam kreasinya dan cenderung memiliki bidang fokus dari ujung sisi ke ujung sisi lainnya.

 

Bila dirasa kurang, mereka biasa mengeditnya di photoshop dengan menggunakan fitur Gaussian Blur tersebut. Apakah dalam photoshop menu filter hanya Gaussian Blur? Jawabannya tidak. Ada beberapa pilihan lain, yaitu Average, Blur, Blur More, Box Blur, Lens Blur, Motion Blur, Radial Blur, Shape Blur, Smart Blur, dan Surface Blur.

 

Lumayan banyak kan efek filter yang bisa kamu gunakan. Jika digunakan dengan tepat dan bijak kamu akan mendapatkan hasil yang baik dan bagus. So, use it wisely ya.

 

Kamu mau belajar desain grafis? IDS | International Design School menyediakan  Sekolah Desain dan Kursus Desain. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

 

 

Sumber: 1  2
Photo Credit: John Steven Fernandez via Compfight cc
Mau Belajar Desain Grafis? IDS Menyediakan Sekolah Desain, Lho!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG