Pengolah Gambar Animasi, Blender 3D | IDS | Sekolah Animasi | Kursus Animasi

Pengolah Gambar Animasi, Blender 3D

Pernah mendengar Blender 3D? Aplikasi pembuat gambar animasi 3D ini memang terdengar unik karena namanya sama dengan alat rumah tangga. Awal perjalanan aplikasi ini saat Ton Roosendal mendanai NeoGeo yang merupakan perusahaan animasi. Perusahaan animasi tersebut menjadi perusahaan terbesar di Belanda dan Eropa. Awal mula adanya aplikasi gambar animasi Blender 3D ini pada tahun 1995. Di mana Ton yang juga merupakan art director bertanggung jawab atas pengembangan software internal sehingga muncullah Blender yang ternyata memiliki potensi untuk digunakan oleh orang-orang diluar NeoGeo.

Barulah di tahun 1998, Ton mendirikan perusahaan bernama Not a Number yang difungsikan untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh dalam menciptakan sebuah aplikasi gambar animasi 3D yang padat , cross platform yang gratis, dan dapat digunakan oleh masyarakat komputer yang umum. Namun, nyatanya obsesi Not a Number (NaN) tidak sesuai dengan kenyataan pasar. Sehingga di tahun 2001, NaN membentuk ulang perusahaannya menjadi lebih kecil dengan meluncurkan software berbayar bernama Blender Publisher—di mana sasarannya untuk web 3D interaktif. Namun, lagi-lagi dewa fortuna seolah tak memihak mereka. Penjualan yang rendah dan tidak menguntungkan membuat NaN akhirnya harus ditutup yang penutupan tersebut termasuk pengehntian pengembangan software animasi tersebut.

Keinginan Ton yang tak mau menghilangkan Blender, membuatnya mendirikan Blender Foundation—sebuah organisasi nonprofit yang bertujuan untuk mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang di bawah syarat-syarat GNU General Public License yang berlanjut sampai sekarang.

Digunakan untuk Membuat Game.

Jika kamu yang suka membuat gambar animasi 3D, sepertinya software yang satu ini bisa menjadi alternatif kamu. Blender terbutkti menjadi perangkat lunak yang sangat cepat dalam penggunaannya. Banyak hasil desain yang bisa diperoleh dengan menggunakan software gratis ini, dari membuat iklan TV, membuat visualisasi teknis, morphing,  modeling, texuring, lighting, animasi, dan video post processing 3 dimensi.

Blender merupakan software pengolah 3D yang digunakan untuk kamu yang ingin bisa membuat animasi 3D. Blender yang bisa dijalankan di Windows, Machintosh, dan Linux ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan 3DS Max, Maya, dan Lightwave karena tampilannya bisa diatur sesuka hati, simulasi physics yang bagus, dan menggunakan UV yang lebih mudah. Atau kamu ingin membuat game? Blender bisa loh bahkan tanpa bantuan software cerator game karena memiliki mesin untuk membuat game.

Fitur Blender 3D

  1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
  3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
  5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas
  6. File Berukuran kecil
  7. Gratis di mana kamu bisa download di www.blender.org

Keunggulan Interface Blender 3D

  1. Revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur kerja tak tertandingi.
  2. Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang kamu suka dengan dukungan terjemahan internasional.
  3. Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva editor, NLA, tampilan 3D dll) text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python.
  4. Custom tema.
  5. Antarmuka konsisten di semua platform.

Spesifikasi Sistem untuk menjalankan Blender 2.48

  1. OS: Windows, XP, Linux, Macintosh.
  2. Processor: Pentium 4 2.5 Ghz / AMD Athlon.
  3. RAM 512MB atau 1 GB.
  4. Video Card: ATI X200 ? Nvidia 6500
  5. Free Hard Disk: 30 MB
  6. Software pendukung: Python 2.5.2, Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable

IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, lho!

Sumber: 1

Mau Belajar Animasi? IDS Menyediakan Sekolah Animasi untuk Kamu Wujudkan Impianmu!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. MAMAT RAHMAT - May 9, 2016 - 12:33 pm #

    Apakah bisa sekolah/belajar secara online,saya daftar.

DAFTAR SEKARANG