Penulisan Proposal Bisnis Fotografi - IDS | International Design School

Penulisan Proposal Bisnis Fotografi

Sebenarnya proposal fotografi dapat dibuat untuk berbagai tujuan, antara lain untuk kepentingan usaha, event, ataupun untuk penyelenggaraan lomba fotografi. Proposal sendiri merupakan rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal. Di artikel kali ini IDS akan memberikan contoh proposal fotografi untuk keperluan bisnis.

 

1. Pendahuluan

Pendahuluan proposal berisi latar belakang serta tujuan dalam membuat bisnis ini. Selain latar belakang, kamu juga harus menyampaikan visi dan misi dari pembuatan bisnismu, supaya investor yang ingin berinvestasi dengan bisnismu bisa tertarik. Pada bagian ini, kamu juga bisa menambahkan kelebihan dan kekurangan dari bisnis fotografi yang telah kamu rencanakan.

2. Isi

Isi merupakan inti dari sebuah proposal. Pada bagian isi, kamu harus menjabarkan tentang materi marketing, promosi, distribusi, dan anggaran dana.

3. Penutup

Bagian penutup berisi harapan persetujuan kerjasama dari proposal yang kamu buat.

 

Di bawah ini adalah contoh singkat dari isi proposal bisnis fotografi dalam bidang family photography.

a. Latar Belakang

Fotografi sekarang ini sudah sangat canggih dan peralatannya dapat dimiliki oleh semua orang, tetapi keahlian fotografi belum tentu semua orang memilikinya. Karena itu kami mendirikan sebuah wadah bisnis kami dalam bidang photography, dan seterusnya…

b. Visi dan Misi

Visi dan Misi dari bisnis ini adalah menawarkan jasa fotografi bagi keluarga yang ingin mengabadikan momen bersama keluarga dan juga mengabadikan event-event keluarga, dan seterusnya…

c. Kekurangan dan kelebihan

– Melayani foto khusus untuk keluarga dan bayi
– Apabila hasil foto tidak memuaskan, uang dikembalikan dipotong dengan biaya operasional 10%
– Dan lain lain

d. Marketing

– Untuk penentuan harga, kamu bisa menjelaskan harga dari jasa fotografimu
– Untuk promosi, jabarkan cara promosi kamu dalam bisnis ini. Apakah akan melalui sosial media ataukah lewat brosur, dan lain-lain

e. Anggaran Dana

– Investasi peralatan, merupakan anggaran yang kamu keluarkan untuk pengadaan peralatan fotografi. Peralatan di sini berupa barang yang masa ketahanannya lebih dari 5 tahun
– Investasi perlengkapan, merupakan anggaran yang kamu keluarkan untuk pengadaan perlengkapan fotografi. Perlengkapan di sini berupa barang yang masa ketahanannya kurang dari 5 tahun.

f. Penutup

Contoh kalimat penutup yang dapat kamu gunakan, misalnya “Kami berharap semoga proposal ini mendapat persetujuan sehingga bisnis ini dapat segera direalisasi, dan seterusnya…”

 

Sumber: 1 2
Image Credit: Writing my monthly articles by the Italian voice is licensed under CC BY 2.0

 

Punya mimpi menjadi fotografer profesional? Wujudkan mimpimu dengan belajar fotografi di IDS! Klik di sini untuk info lebih lanjut..

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. mohamad rifki fuadi - February 12, 2017 - 5:26 pm #

    Ada contoh nya ga? untuk PENULISAN PROPOSAL BISNIS FOTOGRAFI

DAFTAR SEKARANG