Inilah Peralatan Studio Foto yang Wajib dipersiapkan | IDS

Inilah Peralatan Studio Foto yang Wajib dipersiapkan

Untuk kamu yang sedang menekuni dunia fotografi pasti bercita-cita memiliki studio foto sendiri. Kali ini ada informasi seputar peralatan dasar yang sekiranya kamu perlukan untuk menunjang dan sebagai gambaran cita-cita kamu untuk memiliki studio foto sendiri.

1. Kamera

peralatan fotografi

source: https://2.bp.blogspot.com/-6n0lS-18gtg/UA9gLMngWPI/AAAAAAAAABU/EXBmv1geEJw/s400/1332875353_337816865_2-NIKON-D3000-Harga-Rp4000000-HubSms-0853-7787-7789-Jepara.jpg

Ya, sangat jelas sekali kamu membutuhkan perangkat ini untuk menjalankan studio foto kamu dan mewujudkan apa yang diinginkan klien, kamu perlu kamera yang eksposurnya bisa kamu atur manual ya.

2. Lensa

Lensa Fotografi

source: https://2.bp.blogspot.com/-3aN_Y49j9OY/V2eoyWpODdI/AAAAAAAAAtc/sy2dLkSNlgYWO3V7wIKhFbBObR23V1mTQCLcB/s1600/Lensa-yang-menawan.jpg

Kamu membutuhkan lensa dengan diafragma besar untuk pas foto modelling ataupun foto produk. Selain itu kamu juga membutuhkan lensa kit untuk mengambil gambar dengan kapasitas besar seperti foto keluarga. Jika kamu memiliki 2 atau 3 lensa itu akan lebih mendukung usahamu loh!

3. Lampu studio

Lampu Studio Foto

source: https://www.fotografer.net/images/forum/3/3194/3194277/3194277888.jpg

Lampu studio sangat diperlukan dalam studio foto, dengan jenis Tronic yang membuat kamu dapat memberikan variasi dengan peralatan fotografi yang lain.

4. Softbox

Softbox Studio

source: https://www.adorama.com/images/Large/fpssbk2.jpg

Salah satu aksesori dalam peralatan fotografi ini dapat membuat efek cahaya lebih halus, untuk menjalankan studio foto kamu diperlukan 2 softbox yang nantinya diletakan di kanan dan kiri dari objek yang akan kamu foto.

5. Standar Reflektor

Reflektor Foto

source: https://hanifarr43.files.wordpress.com/2015/09/untitled-1.jpg

Untuk menghasilkan cahaya tanpa bayangan standar reflektor berwarna putih adalah yang kamu butuhkan namun jika kamu ingin membuat efek warm pada foto kamu akan membutuhkan standar reflektor berwarna emas. Untuk standar reflektor berwarna hitam sangat cocok untuk menghindari cahaya yang tidak diinginkan. Ini juga merupakan peralatan dasar yang harus kamu miliki nantinya di studio foto kamu.

6. Kabel sinkronasi

Kabel Receiver Kamera

source: https://2.bp.blogspot.com/-gp235OMM2dU/VxA-INeIsxI/AAAAAAAAALE/lYswRA_GoAsvh2UgB1Fs6vXA7LY8Q8OqwCLcB/s1600/Triger%2Bdan%2Breceiver.jpg

Kabel ini berfungsi sebagai alat yang akan menyalakan alat yang lain ketika kamu menekan tombol shutter di kamera kamu, karena jika kamu sudah memiliki peralatan begitu lengkap kabel sinkronasi ini dirasa diperlukan juga untuk menjalankan usaha kamu memiliki studio foto sendiri.

Oke, beberapa alat tadi merupakan alat-alat yang sangat mendasar yang dibutuhkan di dalam sebuah studio foto. Sekarang saatnya kamu menyesuaikan dengan kemampuan keuangan kamu untuk membeli peralatan ini satu per satu. Namun jika kamu merasa keuangan kamu cukup untuk membeli semuanya sekaligus itu akan lebih memudahkan dan mempercepat kamu memiliki peralatan untuk studio foto kamu sendiri. Selain peralatan ini biasanya studio juga membutuhkan properti loh jangan lupa juga dengan hal tersebut. Atur lah keuangan kamu dengan baik ya.

Source : 1

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG