Peralatan Fotografi dalam Sebuah Studio Foto | IDS

Peralatan Fotografi dalam Sebuah Studio Foto

Memiliki cita-cita seorang fotografer profesional tentu harus memiliki peralatan fotografi yang lengkap. Meskipun rupiah yang harus kamu keluarkan tidak sedikit, nyatanya dengan memiliki peralatan akan lebih menunjang kariermu. Atau mungkin kamu malah sudah memiliki modal besar untuk membangun sebuah studio foto. Terdapat beberapa peralatan yang wajib kamu miliki dalam ruang studiomu. Apa sajakah itu?

 

1. Kamera

Sudah pasti bukan? Tanpa adanya peralatan fotografi ini, kamu tak akan bisa mengabadikan moment konsumen. Sebelum memilih kamera yang akan kamu beli, jangan lupa untuk searching terlebih dahulu kamera apa yang pas untuk kamu. Jika memiliki budget yang lebih, sangat disarankan untuk kamu membeli kamera yang memiliki pengaturan exposure secara manual.

 

2. Lensa

Kamu ingin membuka sebuah studio foto maka lensa tele tidak cocok untuk kamu. Carilah lensa dengan diafragma besar di lensa prime 50mm, untuk pas foto, modeling, atau produk. Tak hanya itu, untuk bisa memotret dalam kapasitas besar, misalnya foto keluarga, gunakan lensa kit atau lensa dengan panjang local 18mm hingga 70 mm. Dan jangan lupa bahwa lensa wide tidak akan cocok untuk foto di studo karena akan menimbulkan efek distorsi.  Untuk lebih menunjang usahamu, belilah 2-3 lensa.

 

3. Flash eksternal

Penggunaan peralatan fotografi yang satu ini dianggap perlu dan tak perlu. Mengapa? Karena penggunaan flash eksternal tergantung pada seberapa lengkap alat lighting yang kamu miliki. Penggunaan flash eksternal biasanya dipasangkan langsung di kamera atau pada stand sendiri, bisa untuk pemicu perlengkapan lighting, seperti softbox tapi ada juga digunakan sebagai lighting utama objek. Namun, agar lebih menunjang studio fotomu, sepertinya kamu wajib memiliki peralatan fotografi yang satu ini.

 

4. Lampu studio

Kamu tak berniat untuk membeli flash eksternal? Tak apa, tetapi kamu wajib membeli lampu studio, di mana jenis Tronic lebih populer. Pancaran sinarnya membuat kamu bisa memvariasikan  dengan perlengkapan fotografi lainnya.

 

5. Softbox

Penggunaan aksesoris yang satu ini membuat efek cahaya yang lebih halus dan terarah pada objek fotomu. Paling minimal, kamu harus memiliki 2 softbox yang diletakkan di kanan dan kiri objek. Tak hanya efek halus, dengan penggunaan softbox akan memberikan efek bayangan pada mata objek. Menjadikan foto yang kamu ambil akan jauh lebih bagus dibandingkan tanpa softbox.

 

6. Standar Reflektor

Peralatan fotografi satu ini biasa digunakan di depan lampu studio. Jika kamu menggunakan reflektor warna emas akan membuat efek warm. Jika kamu ingin menghindari cahaya yang tak diinginkan, penggunaan reflektor hitam sangat cocok karena akan membuat objek lebih berdimensi. Reflektor warna putih menjadikan cahaya lebih soft dan gunakan translucent untuk membuat cahaya tanpa bayangan.

 

7. Payung reflektor

Penggunaan payung reflektor pada prinsipnya sama dengan softbox, yaitu memberikan efek cahaya. Namun hasilnya tak sebagus softbox dan payung reflektor cenderung sulit dalam mengarahkan cahaya.

 

8. Kabel sinkronisasi

Kamu sudah memiliki peralatan fotografi di atas yang sudah disebutkan, maka kamu harus memiliki kabel sinkronisasi. Aksesoris yang satu ini memiliki fungsi sebagai pemicu, jadi ketika kamu memencet shutter kamera maka seluruh aksesoris di atas seketika menyala.

 

Barang-barang di atas adalah perlengkapan yang wajib kamu miliki jika memiliki niat untuk membuka sebuah studio foto. Tampaknya kamu harus memerlukan modal yang besar karena fotografi memang bukan hobi atau karier yang murah. Namun, jika kamu memiliki peralatan di atas, maka profesionalisme kamu sudah teruji.

 

Kamu tertarik dan mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

 

Photo Credit : geishaboy500 via Compfight cc

Sumber: 1 2

Mau Belajar Jadi Fotografer Profesional? Ikut Kursus Fotografi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Rangga - May 30, 2016 - 11:05 pm #

    Mau tanya, budgetnya kira2 berapa ya? Klo boleh minta rincian produk yang harus dibeli apa aja, kalau beli bekas aman ga?

DAFTAR SEKARANG