Peralatan untuk Fotografi Landscape - IDS | International Design School

Peralatan untuk Fotografi Landscape

Terdapat banyak jenis fotografi yang ada, salah satunya adalah fotografi landscape. Landscape fotografi adalah foto yang bertemakan atau menyoroti keindahan alam seperti hutan belantara, padang pasir, pegunungan, atau air terjun. Setelah sebelumnya IDS memberikan tips fotografi landscape, kali ini akan diberitahukan apa saja sih peralatan yang kamu butuhkan. Apalagi yang namanya fotografi, untuk menciptakan foto yang keren memerlukan beberapa peralatan penunjang. Nah, apa saja peralatan yang kamu butuhkan untuk menekuni fotografi landscape?

 

1. Filter Polarize (CPL)

Untuk menyaring cahaya yang masuk ke dalam sensor, sebaiknya kamu memiliki filter polarize karena peralatan ini sangat bermanfaat untuk fotografi landscape. Filter polarize juga bermanfaat untuk menambah kepekatan warna serta menaikkan kontras foto. Di luar sana juga banyak tersedia jenis filter CPL dengan variasi harga yang ditawarkan.

 

2. Tripod

Peralatan fotografi yang satu ini bisa dikatakan wajib untuk landscape. Misalnya saja saat kamu ingin mengambil moment matahari terbit atau terbenam. Di pasaran kamu akan menemukan banyak varian tripod dengan kualitas dan harga yang berbeda. Ada baiknya mencari tripod yang ringan dan kokoh serta berbahan dasar carbon fiber.

 

3. Shutter Release

Ada kalanya kamu gemetar saat menekan tombol shutter ketika menemukan moment indah yang parahnya lagi jarang terjadi. Nah, fungsi shutter release adalah meminimalisasikan goncangan tangan yang mungkin saja terjadi, di mana akan berdampak pula pada kualitas foto yang dihasilkan. Dengan pengaturan shutter speed, pengambilan foto, dan jumlah frame tentu peralatan ini menjadi sangat bermanfaat untuk kamu yang suka dengan fotografi landscape.

 

4. Neutral Density (ND) Filters

Pasti kamu pernah melihat foto air terjun di mana aliran airnya seperti asap. Ya kan? Nah, hanya dengan shutter speed rendahlah yang bisa menciptakan foto seperti itu. Filter ND yang gelap pekat akan berfungsi untuk menurunkan exposure hingga beberapa stop tergantung filter ND yang kamu gunakan.

 

5. Graduated Netural Density Filters

Peralatan yang juga bisa kamu gunakan untuk fotografi landscape adalah Graduated Netural Density Filters, apalagi untuk mengabadikan moment matahari terbenam. Mungkin saat mengambil foto ini kamu akan menemukan kendala perbedaan exposure yang kontras dari langit dan permukaan. Perbedaan tersebut bisa kamu akali dengan Graduated Netural Density Filters yang akan menyeimbangkan perbedaan tersebut karena bentuknya pekat di bagian atas dan bening di bawah.

Nah, lima peralatan di atas sepertinya wajib untuk kamu miliki, apalagi untuk pecinta fotografi landscape. Ingat jangan lupa untuk membandingkan kualitas dan harga dari yang satu dengan yang lainnya.

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

Photo Credit : VinothChandar via Compfight cc

Sumber: 1 2

Tertarik Dan Mau Belajar Fotografi? Ikut Kursus Fotografi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG