Perbedaan Format Gambar JPG, GIF, PNG, dan TIFF - IDS | International Design School

Perbedaan Format Gambar JPG, GIF, PNG, dan TIFF

Kamu pasti sering melihat sebuah gambar berformat jpg, gif, tiff, atau mungkin saja png. Namun, dari sekian banyaknya ekstensi film gambar tersebut kamu tahu enggak sih perbedaannya dan diwaktu kapan saja digunakan. Kali ini IDS akan membahas satu per satu ekstensi gambar yang biasa kamu gunakan atau kamu temui.

  1.      JPG

JPG atau JPEG yang merupakan kepanjangan dari Joint Photographic Experts Assemble biasa digunakan oleh fotografer profesional. JPG mengompres data gambar dengan mengurangi bagian-bagian dari gambar untuk memblok pixer dari suatu gambar. JPG juga biasa digunakan di internet katena bisa dikompres hingga ukuran kecil. Data JPG tertentu bisa dikompres dengan rasio perbandingan 2:1 sampai paling tinggi 100:1, tergantung pengaturan yang kamu gunakan. Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh JPG. Format JPG tidak baik jika digunakan untuk menyimpan gambat artistik karena akan menyebabkan kualitas gambar yang menurun. JPG juga bukan format gambar yang cocok untuk penggunaan tipografi, crips line, atau karya fotografer dengan sudut yang tajam karena objek menjadi blur. Namun, di balik kekurangannya, JPG juga memiliki keunggulan. File JPG akan cocok jika gambar yang ada memiliki banyak warna dan gambar tang memiliki gradien seperti perubahan warna yang perlahan-lahan dari merah ke biru.

  1.       GIF

GIF atau Graphics Interchange Format merupakan salah satu format gambar yang juga umum digunakan. GIF merupakan format gambar dengan 8-bit warna, berarti mereka dibatasi oleh palet sebanyak 256 jenis warna, yang dapat dipilih dari model RGB dan disimpan ke Color Look Up Tablet (CLUT), atau sederhananya “Color Table“. Mereka itu sejatinya adalah palet warna standar, seperti palet “Web Safe“. Selain bisa transparansi, GIF juga mendukung animasi gambar yang membatasi tiap form nya pada 256 warna standar. Dan karena sifatnya yang tidak pecah-pecah, GIF bisa digunakan untuk menjaga baris dalam tipografi tetap rapi, dan juga bentuk-bentuk geometri, tapi sebaiknya menggunakan format yang memang diperuntukkan untuk vektor grafis seperti SVG atau AI (Adobe Illustrator). GIF merupakan format grafis yang digunakan pada desain web di mana GIF memiliki kombinasi warna yang lebih sedikit daripada JPG, tetapi mampu menyimpan tetapi mampu menyimpan Format GIF mendukung penggunaan multiple-bitmap dalam satu file sehingga dapat menghasilkan gambar animasi dan merekam penggunaan Transparency Masking. Sebenarnya GIF bisa dikatakan tidak begitu cocok diguanakn untuk fotografi modern berbeda dengan gambar JPG.

File GIF cocok digunakan untuk:

  •         Gambar dengan jumlah warna sedikit (dibawah 256).
  •         Gambar yang memerlukan perbedaan warna yang tegas seperti logo tanpa gradien.
  •         Gambar animasi sederhana seperti banner-banner iklan, header, dan sebagainya.
  •         Print shoot (hasil dari print screen) dari program-program simple dengan jumlah warna sedikit.
  •         Gambar Grayscale memiliki palet 8-bit juga, jadi sah-sah saja/sebaiknya disimpan dalam format GIF.

File GIF tidak cocok digunakan untuk:

  •         Gambar yang memiliki banyak warna seperti pemandangan.
  •         Gambar yang didalamnya terdapat warna gradien atau semburat.
  1.  PNG

Portable Network Graphics atau biasa kamu kenal dengan PNG merupakan salah stau alternatif format gambar untuk kepentingan interner karena PNG mendukung transparansi di dalam perambah (browser) dan memiliki keindahan tersendiri yang tidak bisa diberikan GIF atau bahkan JPG. PNG yang bisa dikatakan sebaga gabungan JPG dan GIF ini merupakan masuk dalam kelas 24-bit makanya cocok untuk membuat screenshoot, sekaligus PNG juga mendukung kelas 8-bit seperti GIF, dan 24-bit seperti JPG. Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format GIF. PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (kurang lebih 5%-25% lebih baik dibanding format GIF). Tetapi ada satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format yaitu dukungan terhadap penyimpanan multi format untuk keperluan animasi. Untuk keperluan pengolahan gambar, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan grafis namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.

  1.  TIFF

TIFF atau Tagged Image Format File merupakan format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang. Format TIFF biasa digunakan untuk kebutuhan pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi sehingga ukuran berkas untuk format ini biasanya sangat besar, karena dalam file ini gambar tidak dikompresi. Format ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format berkas TIFF juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Macintosh, dan Silicom Graphic). Format ini juga mudah digunakan untuk transfer antar program.

Nah, dari keempat ekstensi format gambar diatas bisa diimpulkan bahwa JPG masih menguasi format gambar untuk keperluan fotografi dan gambar foto yang biasa digunakan di internet—di mana JPG memiliki warna yang banyak bahkan bit per pixelnya bisa mencapai hingga 32 bit.

Kamu mau belajar desain grafis? IDS | International Design School menyediakan  Sekolah Desain dan Kursus Desain. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

Sumber: 1
Mau Belajar Desain Grafis? IDS Menyediakan Sekolah Desain, Lho!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG