Persiapkan Hal Berikut untuk Membuat Desain Watercolourmu Sendiri - IDS | International Design School

Persiapkan Hal Berikut untuk Membuat Desain Watercolourmu Sendiri

Dalam membuat desain watercolour secara tradisional ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan, seperti cat lukis, kuas, palet, dan kertas. Namun, untuk membuat desain tersebut, ada hal yang perlu diperhatikan. Apa saja? Berikut ulasannya!

 

Alat yang perlu dipersiapkan
1. Cat Air

1
Cat air adalah alat gambar yang populer dan telah digunakan oleh banyak orang, baik pemula maupun profesional. Ada beberapa macam tipe cat air. Tipe yang pertama adalah cat air berbentuk tube yang populer dan sering dipakai. Beberapa merk cat air, seperti Pentel, Reevese Gouache, Holbein’s Cake Colors, Winsor & Newton Cotman Water Colours, dan masih banyak lainnya.

 

2. Kuas dengan berbagai ukuran

2
Untuk menggunakan cat air, harus menyediakan kuas dengan berbagai ukuran dan tekstur agar dapat membuat polesan yang beraneka ragam. Pilihlah jenis kuas yang memiliki tekstur halus, tidak terlalu kaku atau sebaliknya dan juga dipastikan rambut kuas lurus tidak bercabang

 

3. Kertas khusus watercolour

3

Gunakan kertas khusus watercolour. Mengapa? Karena kertas khusus medium cat air memiliki ketebalan yang pas untuk menahan air dan memiliki daya serap yang cukup bagus. Selain itu, jenis kertas ini juga mampu mengeluarkan hasil dari sisi warna yang berbeda. Kertas khusus cat  air biasanya akan dibubuhi dengan label “watercolour” atau “aquarel”.

 

4. Palet tempat cat air

4
Pilih palet yang tidak terlalu cekung atau datar karena mengingat jenis cat yang akan digunakan adalah cat air.

 

Hal yang Harus Diperhatikan
1. Pelajari cara mencampurkan larutan

 

Isi palet dengan berbagai warna yang akan digunakan. Tuangkan sedikit warna yang akan digunakan pada cekungan palet tersebut. Jika kamu menggunakan warna tambahan, buatlah dua larutan warna di dua wadah berbeda. Pastikan untuk mencuci kuas ketika mengganti warna.

 

2. Pelajari cara mencampur warna

6
Buatlah kotak persegi menggunakan pensil lalu ambil satu warna dan sapukan kuas di kertas. Ambil warna lain, sapukan lagi di bawah warna tersebut dan pelan pelan campurkan dengan warna atasnya. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui hasil campuran warna-warna tersebut. Cat air sangat unik karena dapat dicampur dan membentuk lapisan warna dengan tepat. Setelah mencoba beberapa kali, maka kamu akan tahu campuran berbagai warna tersebut

.

3. Pelajari cara mengangkat cat air dari kertas

 

Ini adalah teknik yang berguna jika kamu membuat kesalahan atau sekadar ingin membuat efek yang unik. Cukup menekan kertas lukis dengan tisu, atau menggunakan bagian ujung dari kuas untuk mengangkat cat dari bagian yang lebih sempit. Jangan gunakan terlalu banyak air atau kamu tidak akan dapat mengontrol warna yang akan diangkat. Gunakanlah bagian datar kuas untuk area yang lebih besar. Gunakan ujung kuas jika hanya perlu menghilangkan sedikit bagian warna saja. Sapukan kuas tersebut pada bagian warna yang ingin diangkat. Tepukkan kuas tersebut pada handuk, bersihkan dan ulangi lagi. Lakukan ini jika kamu ingin mengangkat warna lainnya.

Nah, itu dia beberapa tips dan alat yang biasa digunakan untuk membuat watercolour sederhana. Sebenarnya masih banyak tips lain dan alat yang digunakan. Bagaimana? Apa kamu sudah siap untuk membuat desain watercolour-mu sendiri? Selamat berkarya Creative People!

 

Source:

1 2 3 4

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 7

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG