Pilihan Tempat Tinggal di Luar Negeri - IDS | International Design School

Pilihan Tempat Tinggal di Luar Negeri

Anggap saja kamu adalah seorang siswa tahun terakhir di sebuah Sekolah Menengah Atas dan berencana untuk kuliah ke luar negeri. Kamu sudah mengikuti tes masuk dan ternyata lolos. Segala sesuatunya telah dipersiapkan. Dari dokumen penting, paspor, visa, berbagai macam pakaian dan obat-obatan. Sampai-sampai kamu pun sudah mempersiapkan ucapan selamat tinggal untuk sahabat dan keluargamu. Tapi tunggu dulu, kamu lupa satu hal penting. Kamu melupakan tempat menetap selama di sana. Don’t worry, kita akan bahas tentang itu kali ini.

Mencari tempat tinggal di luar negeri bagi siswa internasional memang suatu hal yang sangat tricky.  Bukan apa-apa, karena mereka tentunya ingin mencari tempat tinggal yang sesuai dengan budget masing-masing.

Ada sejumlah pilihan tempat menetap jangka pendek yang bisa digunakan ketika baru tiba di sana atau jangka panjang yang memang diperuntukkan untuk menetap selama masa pembelajaran. So, here’s the list.

1.       Hotel atau Wisma Tamu

Nah, ini nih yang paling gampang ditemukan saat baru tiba di sana. Bisa jadi pilihan yang bagus kalau kalian baru tiba dan masih bingung mau menetap di mana. Usahakan pilih yang sesuai budget ya. Biasanya fasilitas standar yang ditawarkan adalah kamar, kamar mandi, dapur –yang mungkin digunakan bersama-, tetapi tidak termasuk makan.

2.       Homestay

Homestay ini merupakan keadaan di mana kalian tinggal bersama keluarga setempat. Biasanya mahasiswa yang di bawah usia 18 tahun diharuskan memilih homestay jika tidak mempunyai keluarga di sini. Ya agar terkesan lebih aman dibanding luntang-lantung di luar sendirian.

3.       Akomodasi Universitas

Ini yang biasanya banyak ditawarkan oleh universitas di sana. Bisa jadi akomodasi ini berupa asrama kampus atau tempat menetap lain yang ada di dekatnya. Biasanya fasilitas yang didapatkan termasuk makan, tapi ada juga yang tidak menyediakan. Harganya pun bervariasi.

4.       Apartemen

Ternyata kampus yang kamu tuju tidak menyediakan asrama, atau mungkin kamu kurang cocok dengan suasana asrama? Tidak usah khawatir, masih ada apartemen yang bisa kamu sewa. Banyak kok apartemen yang tidak terlalu jauh dari kampus atau pusat kota. Usahakan memilih apartemen di daerah ramai dan tidak rawan.

5.       Rumah Sewa

Menyewa flat atau rumah bersama dengan beberapa teman dapat menjadi pilihan yang sangat menyenangkan. Apalagi kalian memang sudah dekat, satu kampus, atau bahkan satu kelas. Namun, rumah sewa biasanya tidak menyediakan perabotan. Walaupun di antaranya ada. Jadi, kalian harus menyewanya sendiri. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung lokasi, usia properti, dan termasuk tagihan listrik atau tidak.

Nah, dengan banyaknya pilihan yang bisa kamu ambil tentunya kamu tidak pusing lagi kan? Btw, kalau kalian minat sekolah ke luar negeri IDS | International Design School mempunyai International Pathway Program loh. Tentunya di universitas bergengsi yang akan membuat mimpimu menjadi nyata. Dare to join?

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG