Referensi Gambar Fotografi Mainan - IDS | International Design School Jakarta

Referensi Gambar Fotografi Mainan

Berbicara tentang fotografi memang tak ada matinya, karena gambar fotografi atau foto yang dihasilkan selalu menarik. Beragam genre fotografi yang ada memungkinkan kamu untuk mempelajari setiap jenisnya, sebut saja mulai dari fotografi jurnalistik, fotografi pernikahan, fotografi landscape, dan masih banyak lainnya. Namun, apakah kamu pernah mendengar Toys Photography?

Toys Photography atau fotografi mainan merupakan salah satu jenis fotografi yang belum banyak dilakukan oleh fotografer. Jenis fotografi ini terbilang unik sekaligus menarik. Apalagi kamu memiliki banyak mainan yang bisa dijadikan objek gambar dalam fotografimu. Jenis fotografi ini biasanya menata objek mainan menjadi sebuah diorama kemudian difoto. Bahkan, meskipun objeknya hanya sebuah mainan, ternyata bisa menghasilkan gambar fotografi yang tampak hidup. Kali ini IDS akan memberikan beberapa karya fotografi mainan sebagai referensimu dan ada beberapa tips untuk kamu yang ingin terjun dalam jenis fotografi yang tidak umum ini.

 

Pertama

Hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk membersihkan mainan yang akan menjadi objekmu. Mungkin kamu tak melihat debu yang menempel. Namun, ternyata partikel debu yang ada akan tertangkap jelas di kamera sehingga merusak gambar fotografimu. Periksa objek mainan sebelum difoto untuk memastikan tak ada debu yang tertinggal.

Kedua

Ukuran mainan dalam jenis fotografi yang satu ini biasanya kecil, semacam action figures. Maka akan lebih menarik jika objek kecil tersebut akan terlihat besar dari ukuran aslinya. Gunakan teknik sederhana dengan mendekatkan kamera dengan objek. Jangan lupa untuk mengambil gambar dari low angle yang memberikan kesan besar pada objekmu.

Ketiga

Jadikan objekmu sebagai aktor yang bermain sebagai “film” mu. Nah, itu artinya kamu harus membentuk sebuah cerita. Awalnya mungkin akan sulit, tetapi latihlah daya imajinasimu. Langkah paling awal adalah ciptakan sebuah cerita yang biasa kamu hadapi setiap harinya.

Keempat

Kamu mungkin meninggalkan mainanmu di rumah dan ternyata hal itu sebuah kesalahan. Kamu tak akan tahu akan menemukan apa di jalan. Jadi, selalu bawa sebuah toys kecil yang bisa kamu letakkan di dalam tas. Jadi, begitu menemukan ide kamu bisa mengabadikannya dalam sebuah gambar fotografi.

 

Nah, empat poin di atas meupakan sebagaian kecil tentang tips fotografi mainan. Di bawah ini kamu bisa lihat beberapa contoh gambar fotografi mainan yang bisa menginspirasimu. Selamat mencoba, ya.

 

fotografi gambar

A Coffe Shot by Kristina Alexanderson on Flickr

 

fotografi gambar

To All Canon Users by Kristina Alexanderson on Flickr

 

fotografi gambar

You Can Borrow My Umbrella by
Kristina Alexanderson on Flickr

 

fotografi gambar

Jessie and Bullseye by Yohanes Sanjaya on Flickr

 

fotografi gambar

Shell LEGO Ferrari 3 by Vernon Chan on Flickr

 

fotografi gambar

Curiosity Killed The Cat by Kevin Poh on Flickr

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa mendalami skill fotografi kamu dengan gelar Bachelor di Griffith University, Australiauniversitas terbaik di Australia yang bekerjasama dengan IDS melalui International Pathway Program.

 

Sumber: 1 2 3 4
Image Credit : orange is the new black… by Kristina Alexanderson is licensed under CC BY 2.0

 

Tertarik Dan Punya Hobi di Dunia Fotografi? Ikut Kursus Fotografi di IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG