Seba-Serbi Seputar Komik Amerika | IDS

Seba-Serbi Seputar Komik Amerika

Di industri komik Amerika, terdapat berbagai hal menarik yang sering menjadi perbincangan bagi para pecinta komik superhero. Penasaran? Tapi sebelum itu ada baiknya kalian harus tau dulu apa sih perbedaan mendasar komik Amerika vs komik Jepang (manga). Dilihat dari bentuknya saja, komik Jepang berukuran lebih kecil dari komik Amerika. Komik Jepang cenderung hitam-putih dengan penggambaran karakter bermata besar, rambut yang unik, dan ukuran badan yang aneh, sedangkan kalau komik Amerika lebih realistis dan berwarna.

1. Gaya Penggambaran Komik Amerika

komik-amerika-6

Kalau komik Amerika, seperti DC atau Marvel teknik penggambarannya jauh lebih realistis dengan garis gambar yang lebih tajam dan tebal sehingga karakter komik lebih menonjol dibanding latar belakangnya. Selain itu, komik biasanya dicetak ukuran kertas A4 dan full colour. Alur ceritanya tidak terlalu banyak basa-basi dan komik ini cenderung diperuntukkan anak-anak dan juga remaja karena sifatnya yang menghibur.

 

2. Certified Guaranty Company (CGC)

superman-comic-sells-auction-2-20111221-015128-176

CGC perusahaan independen yang bergerak di bidang penilaian komik. CGC bertugas menilai sebuah komik dari sisi kualitasnya. Komik yang telah diberikan label CGC akan memiliki poin dan warna label. Contohnya, seperti komik Action Comics #1 yang memiliki poin 9.0 dan label berwarna biru. Komik ini terjual di website comic connect seharga Rp 42.792.745.680 dan menjadi salah satu komik termahal yang tercatat di Guiness Records. Selengkapnya bisa kalian cek di https://www.cgccomics.com/

 

3. Bukan hanya DC dan Marvel

aHR0cDovL3d3dy5uZXdzYXJhbWEuY29tL2ltYWdlcy9pLzAwMC8xNzMvOTk2L2kwMi9JRFctUHVibGlzaGluZy1Mb2dvLmpwZw==

Ngomongin soal komik Amerika, pasti nggak akan jauh-jauh dari DC dan Marvel. Rupanya, banyak publisher lainnya yang juga membuat komik dengan tokoh dan cerita yang nggak kalah menarik. Contohnya, Hellboy, tokoh ini merupakan karakter yang berasal dari Dark Horse. Ada lagi, IDW Publishing yang membuat tokoh G.I. Joe, Transformers dan Star Trek.

 

4. Blank Cover

 

blank cover

Kalau yang satu ini pasti udah nggak asing lagi nih di kalangan pecinta komik. Yaps, blank cover. Blank cover ini hanya berisi tulisan judul dari komiknya. Kalian bisa mendapatkannya dengan membeli secara terpisah atau ada pula yang dijual satu paket dengan komiknya. Tujuan blank cover ini ialah agar space yang kosong tersebut bisa di-sketch langsung oleh pembuat komiknya (comic artist).

 

5. Single Issue

7f05f8da922930b7ef530c76ab86ce4e._SX1280_QL80_TTD_

Single Issue adalah komik yang hanya memiliki beberapa halaman. Komik ini hanya menceritakan satu issue. Satu issue bisa di artikan dengan satu episode. Jadi, untuk menyelesaikan satu cerita kamu harus banyak membeli single issue. Misalkan, Batman issue #1, Batman issue #2 dan seterusnya.

 

6. Bag and Board (BnB)

bag and boards

Bagi para pecinta komik, alat ini jadi satu hal yang wajib banget kamu miliki untuk melindungi berbagai koleksi komikmu agar tidak rusak dan kotor. BnB adalah sebuah pelindung komik yang terdiri dari plastik dan papan karton.

 

7. Komikus Asal Indonesia

14677332_1836368789983364_7009000599706402816_n

Pernahkah kalian membaca komik Wolverine, Secret Empire: United, Agents of S.H.I.E.L.D, Hyperio? Jika pernah, kalian harus tahu bahwa ada tangan anak bangsa yang menggambar tokoh dalam komik tersebut, ialah Ario Anindito, Ario menggambar Red Hood and The Outlaws untuk komik DC sebagai debut pertamanya di dunia komik Amerika pada tahun 2012 lalu. Hebat banget ya creative people! Nah, buat creative people yang mau mengasah kemampuan seputar animasi langsung dengan ahlinya, IDS | International Design School punya berbagai program belajar menarik loh seputar digital animation yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu. 

Kalau menurut creative people, mana yang paling menarik? Atau mau kita bahas lebih lanjut salah satunya? Berikan saran dan komen kalian di bawah ya!  

 

(AEL)

 

Source:

1   2  3  4

 

Source pictures

1  2  3  4  5  6  7

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG