Sejarah dan Perkembangan Dunia Animasi - IDS | International Design School

Sejarah dan Perkembangan Dunia Animasi

Tahukah kamu kalau ternyata dunia animasi sudah diawali sejak ribuan tahun yang lalu? Yap! Sebetulnya sejak jaman dahulu manusia sudah mengenal animasi dengan mencoba menganimasi gerak gambar binatang. Seperti yang pernah ditemukan oleh para ahli purbakala di Gua Lascaux Spanyol Utara. Mereka menemukan gambar celeng, bison, dan kuda berkaki delapan yang digambar oleh orang purba. Mereka mencoba menangkap gerak lari cepat binatang tersebut. Sementara itu orang mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding. Gambar ini dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi.

 

Seiring berkembangnya dunia pertelivisian, dunia animasi juga ikut berkembang. Mulanya animasi diciptakan 2D Animasi. Karya animasi 2D yang menuai kesuksesan antara lain  Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia (1940) produksi Walt Disney dimana tokoh-tokohnya mampu bertahan sampai sekarang. Pembuatan film animasi tersebut mulanya dengan membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu. Satu durasi animasi memerlukan gambar yang sangat banyak.

 

Kemudian ditemukanlah teknik animasi sel, yang dapat mempermudah proses pembuatan film animasi 2D. Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti dengan kertas transparan yang terbuat dari bahan celluloid sheet. Teknik animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer.

 

Kertas gambar dalam pembuatan animasi sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut sudah merupakan kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam sebuah alur waktu. Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh komputer dapat dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan animasi yang dilakukan manual.

 

Masa 2D sudah mulai ditinggalkan dengan berkembangnya teknologi komputer. Sehingga terciptalah animasi 3D yang mempunyai ukuran panjang,lebar,dan tinggi ( Z-axis) sehingga objek dan pergerakkannya hampir mendekati aslinya. Perkembangan ini juga dilengkapi dengan berbagai software canggih seperti Macromedia flash, GIF animation, dan Corel Rave (untuk animasi 2D). Sedangkan3D MAX Studio, Alias Wave Front AMA, Light Wave, dan Cinema 4D (untuk animasi 3D).

Perkembangan ini memungkin animasi bukan hanya sebatas membuat objek, tetapi juga mencakup proses pewarnaan, modifikasi tekstur,  karakterisasi, objek morfing, pemberian cahaya kamera, serta pemberian efek-efek untuk membuat objek tersebut menyerupai aslinya.

 

Mau belajar animasi? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, loh!

 

Photo Credit : goodrob13 via Compfight cc

Source:     1    2    3

 

Perdalam Passion Animasi Kamu di Sekolah Animasi IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG