Seputar Mockup yang Perlu Kamu Tahu! | IDS

Seputar Mockup yang Perlu Kamu Tahu!

Sebagai seorang desainer grafis, mempresentasikan hasil pekerjaan mereka pada klien menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itulah dikenal adanya istilah mockup, apa sih mockup itu? Apa saja sih kegunaanya? Bagaimana tips membuat mockup yang baik dan benar? Berikut kita bahas selengkapnya!

 

Apa itu Mockup?

 

1 (1)
Mockup adalah salah satu cara mempresentasikan hasil pekerjaan atau karya dari seorang desainer grafis kepada kliennya. istilah Mockup ini digunakan oleh desainer untuk membuat desain yang  telah dibuat terlihat lebih realistis dan profesional sehingga klien memiliki gambaran yang jelas bagaimana desain produknya. Mockup dapat menjadi nilai tambah karena jika kita hanya memberikan sebuah desain tanpa klien mengerti dimana desain tersebut akan diletakan, tentunya akan menimbulkan keraguan terhadap desain tersebut.

Mockup bisa digunakan dalam desain apa saja, seperti mockup logo, mockup kaos, mockup desain majalah hingga mockup website sekalipun. Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat mockup.

 

1. Buat mockup asli dari awal

2

Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan kombinasi foto / gambar sendiri dan mengeditnya di Photoshop. Seperti contoh di atas yang menggunakan foto sendiri untuk membuat mockup kartu nama.

 

2. Gunakan Smart Objects untuk menerapkan desain ke template

3
Template mockup yang menggunakan Smart Object membuatnya mudah untuk menyesuaikannya dengan proyek desainmu. Smart Objects “mempertahankan konten dan sumber gambar sesuai dengan karakteristik aslinya sehingga memungkinkan kamu melakukan pengeditan tanpa merusaknya.”

 

3. Sebaiknya gunakan Photoshop untuk membuat mockup 3D

4

Photoshop adalah salah satu software yang dapat membuat bentuk 3D mockup-mu. Dengan berbagai tools yang disediakan, kamu dapat membuat desain 3D-mu.

Nah, itu dia beberapa hal seputar mockup dan kegunannya dalam desain grafis. So, buat kalian yang masih bingung apa itu mockup, semoga penjelasan di atas bisa membantumu ya! Selamat mendesain.

Kamu yang tertarik mau belajar desain langsung dari dosen profesional dan praktisi di bidangnya. Yuk gabung di IDS.

 

Source:

1 2 3

 

Source pictures:

1 2 3 4

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG