Seputar World Design Day - IDS | International Design School

Seputar World Design Day

Setiap tanggal 27 April diperingati sebagai World Graphic Design Day? Lantas, kenapa sih tanggal 27 dipilih sebagai Hari Desain Internasional? Bagaimana sejarahnya? Siapa tokoh desain yang berpengaruh? Berikut penjelasannya!

 

Kenapa dipilih tanggal 27 April?

Hari Desain Grafis dikukuhkan setiap tanggal 27 karena merupakan hari kelahiran Icograda. Icograda sendiri adalah singkatan dari The International Council of Graphic Design Associations, yaitu lembaga dunia untuk para profesional di bidang desain komunikasi. Lembaga ini melingkupi isu desain grafis, komunikasi visual, manajemen desain, promosi, pendidikan, penelitian, dan jurnalisme. Icograda mengusung peran desainer komunikasi dalam masyarakat dan dunia industri. Hari ini menjadi momentum bagi para desainer untuk mengukuhkan dan merefleksikan kembali peran dunia komunikasi visual di dunia.

 

Sejarah The International Council of Design (ico-D)

 

ICO_Logo_2014

International Council of Design (ico-D) sebelumnya dikenal dengan nama International Council of Communication Design atau Icograda, yaitu organisasi dunia untuk profesional desain. ico-D didirikan di London pada tahun 1963 dan saat ini merayakan hari jadinya yang ke 55 tahun pada 2018 ini. Anggota ico-D termasuk organisasi desain profesional, badan promosi desain, media desain, lembaga pendidikan desain dan individu dengan minat pribadi dalam desain profesional. Peter Kneebone mengusulkan ide untuk mendirikan organisasi internasional desain grafis. Society of Industrial Artists (yang mengubah namanya pada tahun 1963 menjadi Society of Industrial Artists & Designers, dan sekarang Chartered Society of Designers, atau CSD) yang membentuk kelompok kerja di bawah kepemimpinan Willy de Majo untuk mempromosikan pembentukan organisasi yang mewakili banyak asosiasi desain grafis profesional internasional di seluruh dunia.

 

Tokoh Desain Grafis Dunia

Henry_Cole,_Lock_&_Whitfield_woodburytype,_1876-84

 

Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.

Pada tahun 1843, Cole mendesain kartu Natal yang pertama di dunia. Dengan memakai nama samaran Felix Summerly, Cole membuat desain untuk sejumlah produk, termasuk teko produksi Minton yang memenangi penghargaan. Selain itu, Henry Cole juga menulis seri buku cerita anak dengan nama pena Felix Summerly.

Selain Henry Cole, tokoh desain grafis lainnya adalah Jan Tschichold. Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer, Laszlo Moholy-Nagy, El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke-20.

Nah, itu dia sejarah hari Desain Internasional. Kamu juga bisa menjadi individu berikutnya dalam sejarah desain grafis yang berperan penting dalam memajukan industri desain grafis dunia loh! Happy World Design Day Creative People!

Jadikan hari ini sebagai  momentum bagi para desainer untuk mengukuhkan dan merefleksikan kembali peran dunia komunikasi visual di dunia sehingga semakin banyak desainer grafis Indonesia yang bisa berkarya dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

 

Source:

1  2

Source Pictures:

1  2

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Abi Pamungkas - April 27, 2018 - 12:32 pm #

    Apa sya bisa bergabung dengan kalian

DAFTAR SEKARANG