Sering Dengar Istilah lorem ipsum Tapi Masih Suka Bingung? Temukan Jawabannya Di sini! - IDS | International Design School

Sering Dengar Istilah lorem ipsum Tapi Masih Suka Bingung? Temukan Jawabannya Di sini!

Sebagai  desainer grafis atau web, apakah pernah mendengar kata Lorem Ipsum? Sebagian orang mungkin masih asing dengan kata tersebut. Padanan kata ini sering digunakan untuk orang-orang yang berkutat di bidang desain grafis dan tulis menulis. Lorem Ipsum bukanlah kata dari Bahasa Indonesia, hal itulah yang menjadikannya cukup asing. Bagi yang belum paham apa arti dari Lorem Ipsum, simak penjelasan singkat berikut.

4 Ini Arti lorem ipsum Dalam Desain Grafis

1. Apa Itu Lorem Ipsum?
Berbagai sumber menyebutkan bahwa lorem ipsum atau lipsum adalah teks standar yang ditempatkan untuk menempatkan elemen grafis atau penataan huruf (type setting) dalam sebuah presentasi atau artikel. Kalimat yang ada pada lorem ipsum mendadak diperbincangkan banyak orang karena sempat muncul di baris atas halaman muka sebuah media cetak populer di Indonesia. 

Kalimat pada lorem ipsum merupakan penggalan paragraph bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah e Finibus Bonorum et Malorum (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) yang merupakan karya dari seorang orator, negarawan, juga filsuf pada masa romawi bernama Cicero.

2. Isi Kalimat di dalam Lorem Ipsum
Teks yang ada pada lipsum saat ini memiliki sedikit perbedaan dengan yang ada di dalam naskah asli Cicero. Kalimat yang tercantum di dalamnya, adalah:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum”

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, berarti:

Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?”

Meski kalimat yang digunakan saat kamu sedang membuat desain terkesan random, teks pada lorem ipsum bukanlah teks acak tanpa makna dan fungsi. Penggunaan lorem ipsum yang standar dimaksudkan agar orang-orang yang melihatnya terfokus pada elemen dari desain grafis dan tidak terpaku pada arti dari lorem ipsum secara harfiah. Teks ini merupakan sebuah dummy atau contoh.

3. Berusia Ribuan Tahun
Lorem Ipsum sendiri telah ada sejak tahun 1500 lalu. Kalimat pada Lorem Ipsum merupakan sebuah bahasa latin yang disusun oleh seorang tukang cetak. Setelah itu menjadi terkenal dan banyak digunakan di industri media cetak sebelum masuk ke era modern dimana orang-orang mulai membuat desain dengan bantuan teknologi seperti software pada komputer. 

Profesor bahasa latin asal Amerika Serikat, Richard McClintock menyebut bahwa lorem ipsum adalah bagian dari sebuah naskah sastra klasik pada era 45 sebelum masehi. Menurut profesor, naskah tersebut sudah berumur 200 tahun lebih. Hingga saat ini, lorem ipsum masih digunakan sebagai teks standar dan dianggap mempunyai persebaran teks huruf yang baik juga merata.

Posted in: Articles


WhatsApp chat