Shazam; Tokoh DC Comics dengan Sejarah Panjang - IDS | International Design School

Shazam; Tokoh DC Comics dengan Sejarah Panjang

maxresdefault (19)

 

Dalam beberapa hari ke depan, film Shazam! akan segera tayang di bioskop seantero dunia. Film yang merupakan sudah dinanti nanti penggemar setia film superhero dan antisipasi dari kritikus juga makin memuncak seiring dekatnya tanggal perilisan. Karakter asli Shazam adalah Billy Batson, seorang bocah berumur 14 tahun yang bisa berubah wujud menjadi seorang dewasa yang memiliki berbagai kekuatan super yang diberikan oleh seorang penyihir dari zaman kuno.

Namun, tahukah kamu siapakah musuh utama Shazam? Apa yang menjadi kekuatannya dan apa arti dibalik namanya? IDS | International Design School akan menjabarkan fakta-fakta mengenai Shazam yang berasal dari sejarah panjang yang bermula dari cetakan komik di era 1930-an. Mari kita simak.

 

Sejarah Singkat

 

evo-shazam-feat

 

Komik Shazam pertama kali dirilis oleh Fawcett Comic di penghujung tahun 1939 silam. Karakter ini diciptakan oleh Bill Parker dan C.C Beck dan pada awalnya diberi nama Captain Marvel. Karakter tersebut meraih kesuksesan besar secara komersial dan pada dekade 1940-an karakter ini menjadi superhero dengan penjualan komik terbanyak selama rentang beberapa tahun dengan mengalahkan nama-nama besar Superman dan Captain America.

Fawcett Comics sempat menjalani pertarungan di meja hijau dengan DC Comics karena dianggap menjiplak karakter Superman yang kemudian dikemas ulang menjadi Captain Marvel. Setelah melalui proses hukum yang berlangsung selama lebih dari 10 tahun, Fawcett memenangkan perkara tersebut dan tidak memberikan kompensasi kepada DC Comics.

Sayangnya, penurunan minat terhadap buku komik menuntun Fawcett ke fase kebangkrutan dan pada tahun 1972 DC Comics secara resmi mengakuisisi karakter Captain Marvel. Kemunculan karakter superheroine Captain Marvel yang dibuat oleh Marvel Comics memaksa DC Comics mempublikasikan komik versi terbaru mereka dengan nama Shazam!

 

Asal Nama dan Kekuatan

 

ShazamPowers-brothers-inkcom-1024×1006 

Nama Shazam sendiri berasal dari akronim enam kata yang merepresentasikan kekuatannya. Enam kata tersebut ialah Solomon yang bijaksana, Hercules yang kuat, Atlas yang memiliki stamina tak terhingga, Zeus yang megah, Achilles yang berani dan Mercury yang sangat cepat.

Disaat Billy Batson menyebutkan kata “Shazam!”, ia akan berubah menjadi seorang dewasa dengan kemampuan super antara lain kekuatan yang melebihi manusia biasa, kemampuan untuk terbang dan lari secepat kilat. Shazam juga dianggap sebagai salah satu karakter paling kuat dalam franchise superhero DC dan pernah berkelahi dengan Superman dalam beberapa edisi komik.

 

Musuh Utama dan Kemungkinan Sekuel

 

 Thaddeus_Sivana_Prime_Earth_0001

 

Dr. Sivana akan menjadi antagonis utama dalam film yang akan segera dirilis ini. Tokoh ilmuwan tidak waras ini akan diperankan oleh Mark Strong yang merupakan aktor kawakan yang telah bermain di film ternama seperti Tinker Tailor Soldier Spy, RocknRolla dan franchise film Kingsman.

Menurut buku komik, Dr. Sivana adalah seorang ilmuwan yang seringkali mengadakan eksperimen berbahaya yang membuatnya dikucilkan oleh ilmuwan lain. Ia bersama keluarganya kemudian berangkat dan tinggal di planet Venus untuk menjalankan penelitian dan akan kembali saat Bumi siap untuk menjadi tempat penelitiannya.

Selain Dr. Sivana, Shazam memiliki musuh yang tak kalah kuat bernama Black Adam. Karakter ini sendiri memiliki latar belakang cerita yang dimulai dari peradaban Mesir Kuno dimana ia dulunya merupakan seorang penyihir. Black Adam dihukum mati karena membunuh pemimpin bangsa Kahndaq dan kemudian bereinkarnasi. Menurut rumor yang beredar, Black Adam adalah orang yang bertanggung jawab atas hilangnya kedua orang tua Billy Batson dan karena itulah ia menjadi musuh utama dari Shazam.

Dwayne Johnson atau yang biasa dikenal sebagai The Rock akan membintangi sekuel standalone Black Adam yang rencananya akan dirilis pada 2020 mendatang. Shazam! sendiri akan memiliki sekuel trilogy yang akan dirilis dalam beberapa tahun ke depan.

 

Scoring yang Berkualitas Tinggi

Sejak dirilisnya film Superman pada 1978 lalu, scoring dari adaptasi layar lebar karakter komik DC dianggap memiliki kualitas yang luar biasa. John Williams yang kala itu menggubah music dari film Superman berhasil meraih nominasi penghargaan Oscar dalam kategori Best Original Score.

Menurut beberapa pengamat film, scoring dari film Shazam! memiliki kesamaan dengan film pendahulunya tersebut. Tema musik yang megah, ceria dan bersemangat dari Shazam! digarap oleh Benjamin Wallfisch. Pria berkebangsaan Inggris tersebut memiliki diskografi scoring yang mumpuni dengan contoh-contoh karya seperti Blade Runner 2049, It dan Hidden Figures. Lewat hasil gubahannya, Wallfisch telah mendapatkan banyak nominasi penghargaan bergengsi seperti Grammy, Golden Globe dan BAFTA.

 

Berlatar di Kota Philadelphia

 

image 

 

Hal yang menarik dari film Shazam adalah latar kota yang akan ditampilkan. Dari sekian banyak film yang diangkat dari karakter komik DC, Shazam! akan menjadi film pertama dengan latar utama yang bertempat di sebuah kota sungguhan. Kota Philadelphia dipilih untuk menjadi tuan rumah dari penceriteraan film ini. Sebelumnya, film-film DC selalu berlatar di kota atau daerah fiksi seperti Gothan, Metropolis dan Themyscira.

“Kami memilih untuk menetapkan latar tempat di Philadelphia atas ide dari John Geoffs (executive producer). Kalau tidak salah, ia memilih kota itu karena Benjamin Franklin (seorang penemu dan tokoh penting dalam sejarah Amerika Serikat.” papar sutradara dari film ini, David F. Sandberg.

“Di komik latar kota sempat berada di Boston tapi New York adalah yang pertama. Latarnya tidak harus sesuatu yang fiktif, kota apapun bisa menjadi pilihan kami.”

 

Film yang Menyenangkan

Sejak trailer pertama kali dirilis, telah ada indikasi bahwa Shazam! akan menjadi film yang mengocok perut. Memang, film-film DC Comics sebelumnya pernah dinilai gagal menyamai antisipasi yang timbul karena materi yang ditayangkan di trailer, namun kali ini, Shazam! berhasil menyamai – atau bahkan melewati – ekspektasi publik.

Shazam! meraih respon yang positif di mata mayoritas kritikus dan Rotten Tomatoes yang sering memberikan penilaian negatif terhadap film-film DC memberikan rating 93% kepada film ini.

“Sebuah karya yang secara mulus menggabungkan humor dan kehangatan, Shazam! adalah film yang tidak melupakan kekuatan utama genre film komedi; terpenuhinya keinginan yang penuh keriangan.” tulis review umum di website Rotten Tomatoes.

 

 

Begitulah rangkaian ulasan dari karakter Shazam yang telah dirangkai oleh IDS | International Design School. Semoga bisa membuat kamu lebih mengerti mengenai karakter superhero ini sebelum nanti masuk ke studio bioskop. Apa yang membuat kamu menyukai tokoh Shazam? Silakan tinggalkan komentar di kolom di bawah ini. Selamat menonton!

 

Source:

1 2 3 4 6

Photo Source:

1 2 3 4 5

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG