Simak 5 Tips Belajar Animasi dari Seorang John Lasseter | IDS

Simak 5 Tips Belajar Animasi dari Seorang John Lasseter

Buat kamu yang saat ini suka dengan animasi atau baru ingin mendalaminya, berikut ada 5 tips sederhana yang mungkin dapat menginspirasi kamu untuk semakin mantap menekuni dunia animasi. Nah, beberapa tips ini disampaikan langsung oleh Chief Creative Officer of Pixar Animation Studios, Walt Disney Animation Studios, and DisneyToon Studios, John Lasseter melalui akun Youtube Disney Pixar. Penasaran? Yuk simak selengkapnya!

 

1. Basic Drawing

 

Solid Drawing Animation Principle 12 Principles Of Animation – Solid Drawing | John Hannimation Blog

Pertama, tentunya kamu harus bisa menggambar. Mengapa? karena menggambar adalah teknik dasar yang harus dimiliki bagi seorang animator. Apabila, bisa menggambar, otomatis kita jadi paham tentang pose dan proporsi bentuk, karena secara langsung tangan kita akan terbiasa menggambar terus-menerus. Nah, hal ini sama juga yang diterapkan dalam kurikulum  di IDS | International Design School. Di semester awal, kamu akan mendapatkan materi seputar Classical Animation.

 

2. Basic Design

 

2

Kedua, basic design. Itulah mengapa, jika kita belajar animasi, pasti tidak lepas dari yang namanya belajar desain. Kenapa? Karena basic design mempelajari tentang ruang, warna, keseimbangan bentuk dan harmoni. Hal ini, pastinya dapat membantu animator dalam menentukan komposisi shot di dalam sebuah film.Untuk itulah, mengapa kalau belajar animasi di IDS | International Design School pada semester awal, mahasiswa akan diperkenalkan terlebih dulu seputar dasar-dasar desain grafis.

 

3. Fundamental of Animation

3
Kamu yang sedang belajar animasi, pasti belajar dong tentang 12 prinsip dasar animasi? Nah, animator harus paham betul mengenai prinsip tersebut. Kenapa? Karena ini merupakan hal yang sangat krusial bagi para animator. Ke-12 prinsip tersebut diantaranya Solid Drawing, Timing & Spacing, Squash & Stretch, Anticipation, Slow In and Slow Out, Arcs, Secondary Action, Follow Through and Overlapping Action, Straight Ahead Action and Pose to Pose, Staging, Appeal, Exaggeration.

 

4. Film Grammar

4
Seorang Animator harus paham tentang dasar-dasar pembuatan sebuah film dan paham mengenai berbagai aspek pendukung dalam pembuatan sebuah film, seperti frame, shot, scene, sequence, camera, light, stage, dsb.

 

5. Story & Writing

5
John Lasseter menyebutkan bahwa pemahaman tentang “Three Act Story Structure” sangatlah penting. “Three Act Story Structure” merupakan dasar dari pembuatan sebuah cerita yang bagus. Cerita yang baik itu selalu mempunyai tiga unsur, yaitu yang pertama setting cerita, lalu munculnya konflik dan yang terakhir adalah resolusi. Di IDS | International Design School, teknik ini masuk ke dalam materi kuliah yang bernama screenwriting.

Itu dia kelima tips sederhana yang mungkin dapat menambah pengetahuanmu seputar teknik dan dasar animasi. John Lasseter juga menyebutkan ada satu hal penting yang perlu diingat dan dilakukan oleh para animator pemula agar dapat berkembang dan sukses di industri animasi atau film, yaitu “jangan pernah lupa untuk belajar dasarnya“.

Bagaimana? setelah membaca tips di atas, apakah kamu jadi tertarik mau belajar lebih dalam tentang animasi? Kamu bisa loh mengembangkan passion-mu di IDS | International Design School. Belajar animasi di IDS, pastinya akan fokus pada project-project yang nantinya akan kamu kerjakan pada saat menjadi animator atau game maker profesional. Selengkapnya bisa cek di program pendidikan kita ya.

 

 

Source article:

1  2

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6

 

 

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG