Software Untuk Desain Grafis dari Adobe: Photoshop, Illustrator, InDesign, dan Flash - Sekolah Design

Software Untuk Desain Grafis dari Adobe: Photoshop, Illustrator, InDesign, dan Flash

Menjadi seorang graphic designer memang tidak mudah. Selain kreatif, kita harus memiliki skill-skill yang mendukung, terutama kemampuan akan software untuk desain profesional.

Design yang bagus tentu membutuhkan software untuk desain grafis yang bagus pula. Salah satu software untuk desain grafis yang dikenal luas baik di kalangan desainer grafis profesional maupun amatir adalah Adobe Photoshop. Software picture editing ini mendapatkan penghargaan Standar Internasional yakni ISO 32000-1 pada tahun 2007. Di samping itu, Adobe Photoshop pernah disebut sebagai produk terbaik yang diproduksi oleh Adobe Systems, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Saat ini Adobe Photoshop menjadi market leader untuk produk picture editing software berbayar dan menjadi standar industri untuk para graphic designer profesional. Tapi, kalau kamu pikir produk software untuk desain grafis dari Adobe itu hanya Photoshop, kamu salah.

Selain Adobe Photoshop, Adobe System menciptakan beberapa software untuk desain grafis yang lain yang juga tak kalah powerful di bidang desain grafis dan telah digunakan secara luas oleh para profesional. Berikut ini beberapa software untuk desain grafis dari Adobe.

  • Adobe Illustrator adalah tools menggambar berbasis vector yang digunakan untuk membuat logo dan ilustrasi lain. Tidak seperti gambar dengan format raster seperti .bmp atau .jpg, hasil gambar di Adobe Illustrator ini berformat vector yang bersifat scalable, yaitu dapat diubah-ubah ukurannya dan dapat dicetak dalam berbagai resolusi tanpa menurunkan kualitas dari gambar tersebut. Tak hanya itu, ukuran filenya pun biasanya lebih kecil dibandingkan dengan gambar dengan format raster.
  • Adobe InDesign adalah software desain grafis untuk desktop publishing yang ditujukan untuk membuat page layout. Berbeda dengan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, Adobe Indesign dapat membuat dokumen yang terdiri lebih dari satu halaman. Biasanya para graphic designer menggunakan program ini untuk membuat poster, flyer, brosur, majalah, koran dan buku.
  • Adobe Flash adalah software untuk desain grafis yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah animasi flash atau gambar yang bisa bergerak. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat membuat video, serta permainan yang berbentuk flash dengan software ini.

Meski harganya relatif mahal, software untuk desain grafis lain seperti Microsoft Publisher dan Corel Draw yang dari segi harga lebih terjangkau tetap tidak dapat menandingi software untuk desain grafis dari Adobe ini. Pada kenyataannya, Adobe design software telah menjadi standar industri di perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia sehingga kemampuan akan software-software ini pun menjadi suatu keharusan bagi para designer profesional.

Di IDS | International Design School, kamu akan diajari cara menggunakan semua software untuk desain grafis yang disebutkan di atas secara profesional hingga kamu mahir dalam penggunaannya, lewat program kursus Photoshop, Illustrator, InDesign, dan Flash maupun College Program – Digital Design. Dibimbing oleh dosen yang dekat seperti teman, kamu tidak akan dibiarkan kebingungan sendiri ketika menemui kesulitan dalam menggunakan software-software ini. Dijamin!

Photo Credit: marcoPapale.com via Compfight cc
Mau Belajar Desain Grafis? Sekolah Desain di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (2 Responses )

  1. yuliana - July 7, 2015 - 4:10 am #

    Baik untuk belajar dan tambah prngetahuan.

Trackbacks/Pingbacks

  1. PENGENALAN DESAIN & ANIMASI – Raspati Hadjar Pamungkas - March 20, 2018

    […] http://www.idseducation.com/articles/software-desain-grafis-dari-adobe-photoshop-illustrator-indesig… […]

DAFTAR SEKARANG