Software Editing Foto Terbaik yang Mudah dipergunakan - IDS | International Design School Jakarta

Software Editing Foto Terbaik yang Mudah dipergunakan

Editing foto atau gambar tidak lagi menjadi hal yang sulit untuk dikerjakan orang awam. Bukan apa-apa sekarang ini sudah banyak software aplikasi foto yang bisa didownload cuma-cuma. Sayangnya, untuk pemula banyak aplikasi yang terlalu rumit untuk dijalankan. Mencari referensi di google pun kadang-kadang sulit ditemukan. Akhirnya mandek di situ-situ aja. Nah, untuk itu kita membutuhkan software-software yang penggunaannya mudah namun tetap dianggap bagus.

Beberapa software editing foto di bawah ini tak hanya mudah dipergunakan oleh pemula. Referensi berupa artikel dan bukunya pun banyak terdapat di luaran. Jadi tak akan menyulitkan. So, here’s the list.

 

1. Photoshop

Semua pasti kenal photoshop, dong.. Software keluaran Adobe ini merupakan software sejuta umat. Program ini mudah dikuasai asal tahu dasar-dasar tools acuannya. Referensi tentang photoshop juga banyak tersebar di internet, buku tutorialnya pun dengan mudah bisa didapatkan. Selain berperforma baik, photoshop juga banyak digunakan desainer profesional loh.
2. Photoscape

Kalau photoshop itu mesti beli alias berbayar, si photoscape ini gratis. Kamu cuma perlu modal download doang. Tools-nya juga mudah dipahami tanpa harus njelimet ruwet baca tutorialnya. Pokoknya mudah diaplikasikan lah. Photoscape juga punya banyak effect yang bisa diterapkan di gambar atau foto. Selain untuk editing, bisa juga loh untuk membuat animasi sederhana.
3. Picasa

Picasa itu aplikasi editing foto keluaran Google. Seperti temannya, photoscape, Picasa ini juga free loh. Ia bisa digunakan untuk memperbaiki dan mengoreksi foto. Filter yang tersedia pun mudah diterapkan. Cuma butuh sekali klik doang langsung deh kepake. Ini juga bisa dipelajari secara otodidak dan santai. Nggak perlu deh ngerut-ngerutin dahi buat editing foto.
4. Paint.net

Walau sama-sama di bawah naungan Microsoft, Paint yang ini tentu beda ya dengan paint yang ada di laptop atau computer rumah kamu. Paint.net adalah project buatan mahasiswa ilmu komputer Universitas Washington dan seperti yang disebutkan tadi ia berada di bawah bimbingan Microsoft. Proyek ini telah berjalan selama 9 tahun dan terus berkembang dengan menakjubkan. Paint ini juga mempunyai sistem layer seperti photoshop. Psst! Terdapat fitur Blending dan bisa dipasang plugin juga loh.
5. Recolored

Aplikasi ini khusus untuk mengubah foto hitam putih menjadi berwarna. Fiturnya mudah digunakan dan hasilnya pun memuaskan. Kenapa? Karena sudah terdapat pilihan tekstur dan warnanya. Sekali klik, voila.. langsung berubah. Pokoknya gampang lah buat pemula.
6. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro adalah aplikasi editing foto gratis yang memungkinkan kita untuk memperbaiki kualitas gambar dan editing image tentunya. Aplikasi ini juga bisa dipergunakan untuk desain. Kamu bisa melakukan berbagai macam tugas, baik yang mudah hingga yang kompleks. Pokoknya serbaguna deh.
7. Zoner Photo Studio

Zoner ini adalah aplikasi editing foto yang lebih mudah dari photoshop. Seperti yang lainnya, Zoner bisa dipergunakan tanpa membuat dahi berkerut. Antarmukanya pun didesain sesederhana mungkin. Ia menyediakan 3 modul, yaitu manager, viewer dan editor.

Manager berfungsi untuk mentransfer foto dari USB, scanner, dan kamera digital. Setelahnya foto dapat diurut berdasarkan exposure time, white balance dan sebagainya.

Viewer berfungsi untuk menampilkan gambar secara manual atau slide show. Tersedia pula fitur untuk hal-hal seperti rotate, rename, atau pun zoom.

Editor berfungsi untuk menajamkan foto yang kabur, dan hal lainnya seperti mengatur warna, saturation, dan sebagainya. Terdapat pula berbagai macam filter.

Bisa dikatakan Zoner aplikasi yang ideal untuk dioperasikan secara mudah dan cepat. Hasilnya pun tak kalah bagus.
Sekarang sudah tidak kesulitan lagi kan mencari software editing foto yang mudah dioperasikan oleh pemula? Seluruh software di sini, selain photoshop, dapat diunduh secara gratis. Selamat mencoba!

Kamu mau belajar desain grafis untuk mengedit hasil fotomu? IDS | International Design School menyediakan  Sekolah Desain dan Kursus Desain. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

 

Sumber: 1 2 3 4
Mau Belajar Desain Grafis? Sekolah Desain di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG