Software Gratis untuk Membuat Animasi - IDS | International Design School

Software Gratis untuk Membuat Animasi dengan Komputer

Sharing is caring!

Menurut pakar animasi dunia Mark Zamora, terdapat banyak pilihan software atau program yang bisa kita gunakan dalam membuat animasi dengan bantuan komputer, tanpa harus membeli software yang dimaksud. Software gratis ini memang tidak sebagus software komersial, namun paling tidak di dalamnya masih ada fitur dan alat yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dasar seorang pelajar, mahasiswa atau siapa saja yang ingin memulai belajar pembuatan animasi.

Dalam uraian di bawah ini akan dibahas 5 jenis software yang dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya.

 

1. Adobe dan Autodesk

Software komersial pun memiliki versi trial yang dapat Anda coba untuk bereksperimen barang sejenak, misalnya Adobe with Flash, Autodesk, yang memberikan lisensi software-nya bagi kalangan akademisi dan pelajar. Jadi, jika kamu memiliki alamat surat elektronik (email) yang berakhiran edu., kamu juga bisa menggunakannya untuk mendapatkan software secara cuma-cuma dalam jangka waktu maksimal 3 tahun.

2. Animator

Kita bisa mulai dengan animasi yang paling dasar atau basic, yaitu GIF. Kamu dapat memakai program seperti Animator untuk membuat gambar jenis GIF. Dalam software ini, kamu dapat menemukan fitur-fitur dasar yang sudah relatif memuaskan untuk penggunaan basic yang tidak menuntut kerumitan.

Selain memiliki alat-alat dasar yang bisa membantu mempelajari pembuatan modelling 3 dimensi sampai animasi itu sendiri, Animator juga bisa mengakomodasi pembuatan animasi 3 dimensi.

3. Pencil

Setelah Anda siap untuk membuat animasi yang jauh lebih rumit dengan menggunakan tangan, pilihlah software Pencil. Inilah pesaing Flash. Di dalamnya ada banyak alat (tools) yang bermanfaat. Dengan software gratis ini, banyak orang dan pelajar yang menggunakannya untuk sekadar belajar dan berlatih membuat animasi.

4. Blender

Harus diakui bahwa software satu ini tidaklah ramah pengguna, artinya ia lebih susah untuk dikuasai dan digunakan. Meski demikian, Blender sudah banyak dikenal oleh animator dan banyak dipakai karena kecanggihannya. Blender memungkinkan penggunanya membuat animasi 3 dimensi yang paling baik tanpa biaya.

 

Untuk membuat animasi yang ciamik, meng-install software saja tidaklah cukup. Kamu juga perlu mempelajari teknik, teori dan proses pasca produksi sebuah karya animasi. Untuk itu, IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi. Kamu juga dapat melanjutkan studi ke universitas animasi ternama di Australia melalui International Pathway Program. Dan untuk kamu yang belum punya basic di bidang kreatif, tapi sangat berminat ingin jadi Animator, kamu bisa mendalami basic skill kreatif-mu terlebih dahulu di Foundation Program.

 

Sumber : 1 2 3
Image Credit : VFS Classical Animation: Digital Ink & Paint by Vancouver Film School is lisenced under CC BY 2.0

 

Setelah mendapatkan informasi tentang software animasi gratis, semakin penasaran donk mau jadi Animator profesional? Kamu bisa jadi Animator Profesional dengan belajar di Sekolah Animasi IDS. Klik infonya di sini..

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG