Spirited Away, Film Animasi Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi - IDS | International Design School Jakarta

Spirited Away, Film Animasi Sepanjang Masa dengan Rating Tertinggi

Berbicara tentang film animasi sepanjang masa, selain tokoh animasi Doraemon, Jepang memiliki satu lagi film animasi yang berhasil mendapat banyak penghargaan dan memiliki rating tertinggi versi IMDB sampai sekarang ini. Rating film ini mengalahkan film-film 3D Dreamworks Animation dan juga Disney. Yup, judul film tersebut adalah “Spirited Away”.

Spirited Away yang juga terkenal dengan “Sen to Chihiro no Kamikakushi” pertama kali dirilis pada tahun 2001 dan berhasil mengalahkan jumlah penonton film Titanic, menjadikannya  The Highest-grossing Film in Japanese History.  Film ini disutradarai oleh  Hayao Miyazaki. Proses pembuatan film animasi ini sendiri dilakukan di Studio Ghibl, sebuah studio berbasis di Koganei, Tokyo yang sudah memperoleh nama di mata dunia sebagai studio animasi dengan konsep cerita provokatif, imajinatif, dan emosional.

admin-ajax (7)Banyak animator dan reviewer mengatakan bahwa “Spirited Away” termasuk film animasi terbaik. Pengerjaan film animasi ini menggunakan hand drawing oleh Miyazaki setiap frame-nya. “Kami membuat animasi dari hand drawing dan men-digitalkan itu dalam rangka untuk memperkaya tampilan visual, tetapi semuanya dimulai dengan hand drawing“, tutur Miyazaki di tahun 2002 kemarin.

Di tahun 2002, film ini berhasil menyabet piala Oscar sebagai film animasi terbaik, dan menjadi menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut. Selain Oscar, di tahun yang sama pula Spirited Away juga memperoleh penghargaan Goldener Bär di Festival Film Internasional Berlin. Di tahun 2003, Spirited Away memperoleh penghargaan Best Animated Feature Film di Academy Awards, yang berhasil mengubah sejarah karena untuk pertama kalinya penghargaan ini jatuh pada film animasi Jepang.

admin-ajax (8)

admin-ajax (9)Spirited Away berkisah tentang seorang anak berusia 10 tahun bernama Chihiro yang menemukan sebuah dunia rahasia penuh dengan arwah halus, monster dan penyihir. Ketika orang tuanya secara misterius berubah menjadi babi, ia harus memberanikan diri untuk menyelamatkan kedua orang tuanya dan kembali ke dunia manusia walau harus tinggal bersama para arwah halus dan monster yang setiap kali bisa membahayakan nyawanya.

Jadi, tunggu apa lagi! Untuk kamu yang belum nonton film ini buruan nonton versi DVD-nya dan bersiaplah masuk dalam imajinasi Miyazaki melalui kisah Chihiro!

 

Sumber : 1 2 3
Image Credit : Spirited Away – Official Trailer (youtube.com)

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG