Sudah Punya Buku Tipografi dalam Desain Grafis Karya Danton Sihombing? | IDS

Sudah Punya Buku Tipografi dalam Desain Grafis Karya Danton Sihombing?

Sharing is caring!

Untuk yang suka dunia desain grafis, sudah memiliki buku karya Danton Sihombing? Buku berjudul Tipografi dalam Desain Grafis ini seolah menjadi salah sedikit buku tentang tipografi yang terbit di tahun 2001. Namun, sebelum membahas buku tipografi milikinya, kamu tahu siapa Danton?

Danton merupakan alumni dari Jurusan Desain Grafis Universitas Trisakti, Institut Kesenian Jakarta, dan memperoleh gelar Master of Fine Arts di bidang Graphic Design dari Savannah College of Art and Design, Georgia, USA. Pria yang sempat terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Desainer Indonesia ini, memulai kariernya menjadi seorang desainer profesional sejak 1990. Bekerja di beberapa perusahaan desain, di mana pada jabatan terakhirnya ia menjabat sebagai Arti Director di Allied Graphic Arts New York dan ikut andil dalam beberapa proyek prestisius seperti revitalisasi brand Marks and Spancer, Nascar, dan lainnya. Berkat kerja kerasnya, Danton di tahun 1997 mendapatkan penganuegarahan “Outstanding Achievment ini Graphic Design Awards”.

Berbicara mengenai buku desain grafisnya berjudul Tipografi dalam Desain Grafis, pria yang mendaptkan gelar “Master Tipografi Indonesia” dari situs indographic.com ini memang sejak lama menggemari tipografi. Bahkan sudah ada empat buah font hasil karyanya. Mungkin kamu tahu akan pentingnya sebuah tipografi di dunia ini. Hidup kita enggak jauh dari tipografi, di mana pun kaki melanglah, rentetan huruf selalu ada di dapan mata. Namun, Danton yang memiliki firma desain bernama Inti Karya Komunika, menganggap tak mungkin hidup dari mendesain font saja di Indonesia.

Namun, obsesinya tentang tipografi tak terhenti, terbukti dengan hadirnya buku Tipografi dalam Desain Grafis yang menjadi buku desain grafis pertamanya . Buku tersebut memang terbit pada tahun 2001, tetapi sebenarnya naskah sudah disiapkan sejak 1996 yang harus terhambat saat ia bekerja di Inkara dan IKJ. Buku yang diterbitkan oleh gramedia ini memiliki tebal 190 halaman yang terdiri atas 10 bab. Bab-bab tersebut terdiri atas:

  1. Huruf sebagai perangka komunikasi visual
  2. Analisa bentuk huruf
  3. Sistem pengukuran dalam tipografi
  4. Keluarga huruf
  5. Kalsifikasi huruf
  6. Mengenal perjalanan desan dan gaya huruf
  7. Pedoman penggunaan huruf secara efektif
  8. Memilih huruf
  9. Prinsip dasar dalam perancangan tipografi
  10. Contoh huruf

Kesepuluh bab tersebut terbagi menjadi beberapa point lain, di mana menjadi buku tentang tipografi yang cukup lengkap dan berguna untuk kamu.

 

Apa kata mereka tentang buku Tipografi dalam Desain Grafis?

“Pembahasan komunikasi visual lewat huruf dan aspek-aspek tipografi yang mendasar disajikan lewat sejarah perkembangan desain dan gaya huruf, teknik dan terminologi dalam tipografi hingga pedoman dasar penerapan tipografi dalam rancangan grafis. Di tengah langkanya penerbitan buku desain grafis di Indonesia, buku ini merupakan referensi yang baik bagi para peminat, siswa, ataupun praktisi desain grafis di Indonesia. Buku pertama tentang tipografi yang diterbitkan di Indonesia ini akan memberikan pemahaman dasar terhadap masalah desain grafis dan tipografi” – Irvan A Noe’man, President Director BD+A Design.

 

“Salah satu dari sedikit buku yg di tulis desainer Indonesia asli. Jarang banget nemuin buku yang khusus membahas Tipografi, Tipografi adalah salah satu element penting dalam menciptakan Desain, karena setiap huruf mempunyai arti dan bentuk yang berbeda-beda. Mempelajari Tipografi sangat penting bagi para desainer, karena pemilihan Tipografi yang tepat dapat menguatkan pesan yang hendak disampaikan” – Ahmed, dalam googlereads.com

Kamu mau belajar desain grafis? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Desain dan Kursus Desain. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri.

 

 

Sumber: 1 2 3

Suka bikin desain, poster dan karya grafis lainnya? Ingin belajar dari desainer grafis profesional di industri kreatif? Ikut Sekolah Desain IDS. Klik di Sini!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG