Supaya Hasilnya Indah, Begini Tips Melukis di Kanvas Dengan Cat Akrilik! - IDS | International Design School

Supaya Hasilnya Indah, Begini Tips Melukis di Kanvas Dengan Cat Akrilik!

Supaya Hasilnya Indah, Begini Tips Melukis di Kanvas Dengan Cat Akrilik!

Melukis adalah salah satu kegiatan seni yang tak semua orang bisa melakukannya. Butuh bakat serta ketekunan untuk bisa menghasilkan sebuah karya seni yang indah. Selain dua hal teknis tadi, peralatan juga menjadi faktor pendukung yang tak kalah penting.

Apabila kamu sedang mencari cat untuk menghasilkan lukisan hidup dan berkualitas tanpa harus menghabiskan uang sebanyak membeli cat minyak, maka cat akrilik bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Cat akrilik mampu memberikan hasil seperti halnya cat minyak, ia terbuat dari plastik dengan bahan dasar polietilen yang membuatnya cepat kering dan mudah mengeras untuk memberikan tekstur pada lukisan sebagaimana menggunakan cat minyak.

Yang menarik, cat akrilik ini tersedia dalam kemasan cat air yang membuatnya jadi lebih ekonomis. Tetapi jenis cat ini memakai tambahan cairan khusus yang membedakannya dari cat air pada umumnya. Buat kamu yang pemula menggunakan cat akrilik untuk melukis di kanvas, kamu bisa baca beberapa tips di bawah ini.

  1. Jaga selalu cat akrilik dalam keadaan lembab

Bukannya tanpa alasan untuk menjaga kelembaban cat akrilik yang akan digunakan untuk melukis. Hal ini dilakukan karena cat akrilik adalah jenis cat yang mudah kering. Untuk mempertahankan kelembapannya, kamu bisa rutin memberi air. 

Cara lainnya adalah dengan menggunakan palet khusus yang lembab. Jika menggunakan palet ini, maka kamu tak perlu lagi rutin menambahkan air dan bisa lebih berkonsentrasi untuk melukis. Namun harga palet ini relatif lebih mahal dibandingkan palet plastik biasa.

  1. Rajin mengelap kuas

Sediakan lap di samping palet dan biasakan untuk membersihkan kuas dengan mengoleskan ke lap tadi setelah mengangkatnya dari cat. Ini dilakukan untuk mencegah cat menetes ke pegangan kuas yang bisa mengotori lukisan kamu.

  1. Berhati-hati saat membuat lapisan transparan

Lapisan transparan hanya menggunakan cat akrilik bisa dilakukan dengan membuat lapisan tipis pada kanvas. Sedangkan untuk lapisan tebal akan menghasilkan permukaan yang mengkilap.

  1. Tambahkan medium untuk memperkuat warna

Medium bisa digunakan untuk bisa meningkatkan aliran warna tanpa kehilangan kekuatan warna itu sendiri. Salah satu merk terkenal yang biasa digunakan adalah Winsor and Newton.

  1. Cepat saat mencampur warna

Kecepatan menjadi salah satu kunci saat mencampurkan cat akrilik. Karena sifatnya yang mudah kering, maka kamu harus cepat ketika mencampur satu warna dengan warna lainnya.

  1. Gunakan selotip sebagai pembatas

Pelukis kenamaan sering menggunakan selotip untuk memberikan batas yang lurus saat melukis menggunakan cat akrilik. Selotip ditempelkan di tepi lukisan kemudian bisa dilepas tanpa merusak lapisan cat di bawahnya. Cara ini juga bisa digunakan untuk melukis dengan sudut tajam.

  1. Rendam kuas di cairan khusus

Cairan khusus pelarut cat akrilik punya peran ganda, selain untuk membersihkan kuas dari sisa cat akrilik, juga untuk membuat warna antar cat tidak bercampur ketika menggunakan kuas yang sama. 

Pada dasarnya, cat akrilik lebih sulit dibersihkan dibandingkan cat air. Karenanya rendam kuas dalam cairan dengan durasi agak lama, kemudian basuh kembali kuas ke dalam air supaya warna yang menempel bisa larut.

Selain tips menggunakan cat akrilik di atas, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan oleh pelukis pemula. Dua di antaranya yang penting adalah sebagai berikut:

8.Memilih Lokasi yang Bagus

Membangun mood untuk melukis adalah salah satu hal penting, terutama agar lebih mudah berkonsentrasi. Karenanya upayakan melukis di tempat yang bisa membuatmu lebih rileks. Misalnya saja di pinggir jendela atau ruangan dengan sinar matahari langsung. Terpaan cahaya alami bisa memberikan inspirasi di setiap sapuan kuasmu.

9.Pilih objek yang mudah

Minim pengalaman, menjadikan pelukis pemula kesulitan untuk memvisualisasikan yang ada di benaknya. Karenanya, mulailah dengan memilih objek yang mudah untuk dilukis atau usahakan objek berada di hadapan kita. Dengan begitu kita bisa lebih mudah berkonsentrasi menggambar setiap detail.

Emosi memang menjadi salah satu kunci dalam proses membuat karya seni, terutama melukis. Beberapa seniman malah punya ritual tersendiri untuk bisa membangun emosi yang diperlukan, tetapi ada juga yang melakukannya spontan tergantung dengan mood atau inspirasi yang datang. Kalau kamu tipe yang mana?

Biar bisa menerapkan hal-hal ini dengan baik yuk ikutan workshop Painting Made Easy  bersama Karea Art, acara ini akan berlangsung di kampus IDS | International design School tanggal 7 maret 2020, jangan ketinggalan, untuk daftar online klik http://bit.ly/PaintingIDS

Sumber: 1 2

Posted in: Articles