Surealisme dalam Desain Grafis - IDS | International Design School

Surealisme dalam Desain Grafis

Surealis merupakan gerakan seni yang mulanya tumbuh di Eropa dan kemudian meluas secara internasional. Gerakan surealisme banyak menggali gagasan tentang mimpi, ilusi, dan fantasi yang didorong otomatisme dan asosiasi bebas.

Surealisme adalah aliran yang menghadirkan kontradiksi antara mimpi dan realita menjadi nyata dalam gambar yang memperlihatkan objek nyata dalam keadaan yang tidak mungkin terjadi, seperti dalam mimpi atau alam bawah sadar manusia. Salah satu yang harus menjadi catatan penting dalam aliran seni rupa surealisme adalah surealisme tidak sama dengan fantasi. Berbeda dengan fantasi, surealisme mengambil objek-objek keseharian yang terdapat di kehidupan dan alam kita lalu memanipulasinya sedemikian rupa hingga tidak tampak seperti kenyataan lagi. Surealisme terinspirasi dari citra mimpi dan bawah alam sadar manusia.  Pengaruh gerakan ini menguat bukan hanya dalam karya seni rupa, tapi juga sastra, teater, musik, film, desain grafis, dan mode.

Dalam desain grafis, aliran ini berkaitan dengan pembangunan citra sebuah produk yang mampu memenuhi kebutuhan audiensnya. Gaya surealis berkembang luas dan banyak ditafsir ulang dan dimodifikasi dalam aplikasi dunia desain grafis maupun komunikasi visual sejak era analog hingga era digital sekarang ini.  Penerapan gaya surealis yang bisa kita temui dalam dunia desain grafis yaitu digital imaging yang banyak digunakan dalam iklan-iklan cetak atau iklan audio visual.

gb

 

 

Beberapa penerapan gaya surealis dalam dunia desain grafis.

 

Logo

Perusahaan yang berusaha membuat sesuatu yang baru dan menyegarkan mungkin ingin menggunakan teknik surealis sebagai elemen kejutan. Audiens mendapatkan pengalaman baru dengan palet warna yang sangat kontras, memadukan pasangan gambar yang tidak biasa ke dalam komposisi yang mustahil, bahkan tipografi yang merentangkan batas-batas bagaimana bentuk huruf dapat menekuk. Elemen-elemen ini dapat membuat bahasa grafis yang unik dan mengejutkan audiens di luar pengalaman sehari-hari mereka yang biasa ke dalam subjektifitas twilight zone atau kondisi yang ambigu.gbgb

Web Desain

Dalam konteks surealis, keinginan berkaitan dengan ekspresi diri secara batin untuk mencapai sebuah kebebasan sejati. Dalam penerapan desain web gaya surealis juga digunakan sebagai cara untuk mewakili keinginan audiens. Para pengguna akan dibawa pada pengalaman yang membebaskan mereka dari batasan yang mereka ciptakan sendiri. Dalam dunia bisnis, penerapan desain bergaya surealis ini dapat membantu audiens untuk memenuhi keinginan terdalam mereka.

 

444

Femme Fatale Studio Website Design

 

Illustrasi

Ilustrasi merupakan tempat surealisme benar-benar bersinar, karena ilustrasi adalah gerakan seni rupa. Karya ilustrasi dapat membawa audiens memasuki  perjalanan ke kota-kota dunia lain atau memutar-mutar sosok menjadi bentuk yang ajaib. Ilustrasi surealisme dapat membawa audiens memasuki wilayah transenden atau hanya memberi mereka gambar-gambar unik dan tak terlupakan.

ggbbbbbb

Cover Album

Lirik yang puitis memiliki peran besar dalam musik. Memvisualkan citra lirik musik menjadi unsur penting dalam menarik perhatian audiens terhadap karya musik tersebut. Bagi pada seniman maupun desainer, dunia mimpi merupakan bagian kehidupan yang mampu membangkitkan gairah kreatifitas. Gaya visual yang surealis dengan memakai elemen-elemen yang diambil dari mimpi ke dalam desain, dapat menghadirkan makna tersembunyi dari sebuah musik.

 

66666

Music Art for 3Merry Widows

 

ggbgbgbgb

 

Cover Buku

Sama halnya dengan cover album, penggunaan gaya surealis dalam desain sampul buku juga memiliki tujuan untuk menarik perhatian pertama audiens. Seperti halnya mendesain sampul sebuah novel, ilustrasi bergaya surealis dapat mengantar audiens pada rasa penasaran dan imajinasi-imajinasi yang akan dihadirkan oleh sebuah novel atau buku cerita.

gbgbgb

Packaging

Konsep surealis yang diaplikasikan dalam packaging juga memberi kesan yang berbeda pada konsumen. Perusahaan bisa memakai elemen-elemen yang cocok untuk memberi kesan pengalaman baru ketika memakai produk mereka pada konsumen.

 

ggbbb

Poster

Desainer yang ingin menekankan kelemahan atau menghadirkan kesan keajaiban dapat menggunakan teknik surealis untuk membedah sebuah objek. Poster dengan gaya surealis menciptakan makna yang baru dan menarik perhatian audiens.

gggggbbbb
Bagaimana, menarik bukan menerapkan aliran surealisme ke dalam sebuah karya khususnya desain. Kita dapat bermain-main dengan elemen visual untuk membangun citra serta menawarkan pengalaman baru pada target audiens yang ingin dituju.

Kamu bisa mempelajari bagaimana menghasilkan sebuah desain bagus, menarik, simbolik, dan memiliki makna yang kuat dengan mempelajari teknik-teknik desain di program college dan short course design di IDS | International Design School.

 

 

 

 

Posted in: Articles