Syarat Kuliah di Luar Negeri - IDS | International Design School Jakarta

Syarat Kuliah di Luar Negeri

Apakah kuliah di luar negeri adalah salah satu impian kamu? Namun kamu minder, tidak percaya diri. Merasa tidak pantas kuliah di luar negeri? Syarat kuliah di luar negeri sebenarnya tidak sesusah yang kamu bayangkan. Kalau kamu punya syarat-syarat berikut, dijamin akan mulus kuliah di luar negeri. Well, sebaiknya kamu baca uraian berikut ini.

 

1.     Dokumen

Paling tidak, kamu harus memiliki paspor dan visa karena KTP dan Kartu Mahasiswa kamu di Indonesia tidak berlaku di luar negeri. Kalau untuk membuat paspor, kamu sudah tahu persis harus datang ke imigrasi. Sedangkan untuk visa, kamu harus datang ke kedutaan besar negara tujuan. Bisa juga melalui agen, tentunya biaya yang dikeluarkan cukup besar.  Jenis visa juga macam-macam. Visa untuk kuliah tentunya berbeda dengan visa untuk bekerja. Pastikan kamu jangan salah buat ya. Oh ya, siapkan juga dokumen nilai-nilai kamu selama di Indonesia. Dokumen tersebut haruslah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Semakin baik nilai kamu di Indonesia, semakin besar peluang kamu diterima di kampus ternama di luar negeri.

 

2.     Kecakapan berbahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipersyaratkan jika kamu ingin berkuliah di luar negeri. Biasanya ada tes TOEFL (The Test of English as a Foreign Language) sebagai persyaratan umum untuk universitas di Eropa dan Amerika. Perlu diketahui, masing-masing wilayah berbeda pula tesnya. Misalnya TOEFL internasional berbeda dengan TOEFL Institusional yang dikenal sebagai syarat masuk beberapa universitas di Asia. Sedangkan universitas di Australia dan Inggris lebih memilih  IELTS (International English Language Testing System), sebagai persyaratan. Tidak ada salahnya jika kamu mengambil les TOEFL dari sekarang jika hendak kuliah di luar negeri.

 

3.     Jurusan yang akan diambil

Pertimbangkan masak-masak jurusan yang akan kamu ambil. Dan yang paling penting, pastikan universitas yang akan kamu masuki itu  berkualitas. Jika kamu ingin mencari info universitas mana yang abal-abal dan yang berkualitas, tanyakan pada mahasiswa yang kuliah di negara tujuan kamu tersebut. Atau browsing websitenya dan lihat prestasi apa saja yang mereka raih.

 

4.     Memiliki cukup biaya

Sebelum memutuskan kuliah di luar negeri, pastikan kamu memiliki cukup biaya. Karena mencari beasiswa tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun jangan khawatir, ada berbagai alternatif pembiayaan kuliah di luar negeri, misalnya dari tabungan, pinjaman (student loan), atau dari donatur individu.

 

5.     Mental mandiri

Last but not least, berkuliah jauh dari rumah apalagi di luar negeri  menuntut kemandirian. Gimana tidak, kamu akan berada jauh sekali dari rumah. Harus bisa mengatasi persoalan sendiri. Kamu juga akan jarang pulang ke tanah air karena ongkos pesawat yang lumayan mahal.

Tuh, kan persayaratan kuliah di luar negeri tidak susah-susah amat. So, dari sekarang persiapkan dirimu sebaik mungkin.

 

Jika kamu juga ingin kuliah di luar negeri, seperti di Australia. Yuk, ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

Photo Credit : bburky via Compfight cc

Sumber : 1 2

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Ikutan International Pathway Dari IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG