Teknik dan Genre Menggambar Ilustrasi Modern - IDS | International Design School

Teknik dan Genre Menggambar Ilustrasi Modern

Creative people tahu nggak sih? Selain teknik ilustrasi tradisional, rupanya ada juga loh teknik menggambar ilustrasi yang dikerjakan secara modern. Perbedaanya pasti sudah terlihat jelas. Kalau ilustrasi tradisional dikerjakan tanpa menggunakan software digital sedangkan ilustrasi modern sudah menggunakan teknologi digital. Selain teknik, ada pula genre (style) dalam menggambar ilustrasi loh! Mau tahu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Ilustrasi modern terbagi menjadi dua jenis, yaitu Freehand Digital Illustration dan Vektor Graphic.

Freehand Digital Illustration adalah teknik yang menggunakan format raster dan memungkinkan transisi cahaya dan bayangan yang sangat halus dan membuat latar belakang dan detail yang rumit. Kalau Vektor Graphic ialah teknik menggambar ilustrasi yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis.

Selanjutnya, mari kita bahas genre atau style dalam menggambar ilustrasi. Style yang dimaksud di sini adalah genre yang berbeda dalam ilustrasi, berikut penjelasannya!

1. Concept Art

 

1

 

Genre illustrasi ini mencakup Ilustrasi Fiksi, Ilustrasi Gaming dan Animasi. Istilah konsep pertama kali diraih pada tahun 1930-an yang  digunakan pertama kali dari Disney. Para seniman menciptakan beberapa interpretasi (konsep) dari tema tertentu dari mana klien dapat memilih dan melihat berbagai tahap perkembangan dan proses penciptaan ilustrasi. Berikut beberapa ilustrasi novel komik / grafis dari Mélody Cisinski , Morgan Yon, Thierry, dan “Barontierie” Doizon, Feng Zhu.

 

2. Children’s

2 (1)

Genre ilustrasi untuk anak-anak bisa sangat beragam – mulai dari yang realistis, penuh dengan ilustrasi detail, hingga gambar yang sangat sederhana, seperti anak kecil. Hal itu tergantung dari ceritanya, target kelompok usia dan banyak faktor lainnya. Meski begitu, ilustrasi anak-anak penuh warna, selalu ada sesuatu yang terjadi dengan karakternya yang lucu dan ramah. Berikut beberapa pelaku ilustrasi anak-anak dari Karl James Mounford, Teagan White, Denis Serkov.

 

3. Comics/ Graphic Novels

3

Genre ilustrasi komik mengambil bentuk barisan panel gambar. Perangkat teks seperti balon, caption yang menunjukkan dialog, narasi, dan efek suara, dan bentuk kartun adalah sarana pembuatan gambar yang paling umum dalam komik. Berikut beberapa ilustrasi novel komik / grafis dari Arielle Jovellanos, Brian Bolland, Frank Miller.

 

4. Books / Publications / Editorial

4 (1)

Saat ini, ilustrasi buku bisa dirancang dengan teknik apapun lalu dicetak. Gaya ini sangat serbaguna dan tergantung pada visi pengarang dan subjek buku. Ilustrator mencoba membuat sampul yang eye catching agar bisa bersaing dengan buku-buku lainnya. Ini adalah gaya yang sangat spesifik dan memberi sedikit gambaran dari apa yang ada di dalam buku. Berikut beberapa buku ilustrasi dari Khoa Lee, Shaun Tan, Alison Jay.

 

5. Branding/Logo

5

Branding / Logo adalah genre ilustrasi yang sangat spesifik, membutuhkan seperangkat keterampilan tertentu. Misalnya, logo harus dikenali dan mudah dibaca pada ukuran yang lebih kecil. Karena itu, ilustrator harus hati-hati merencanakan detail logo. Logo harus sederhana, namun menyita perhatian dan berkesan. Terkadang, bisnis membutuhkan lebih dari sekedar ilustrasi logo, namun maskot yang berbentuk versi kartun dari produk mereka. Berikut beberapa branding/logo ilustrasi dari La Petite Joie.

Itu dia 5 genre ilustrasi yang ada saat ini. Rupanya, tiap ilustrasi yang dibuat mempunyai genrenya masing-masing ya! Nah, buat kalian yang mau tahu info menarik seputar desain lainnya. Stay tune terus ya di website dan media sosial kita, biar nggak ketinggalan info menarik lainnya. Oh iya! Buat kalian yang mau mengasah kemampuan skill di bidang desain, IDS | International Design School juga punya program belajar menarik yang mungkin bisa menjadi pilihanmu untuk menjadi seorang desainer grafis professional.

Source article:

1

 

Source Pictures:

1  2  3  4  5  6

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG