Teknik Fotografi Untuk Mengabadikan Moment Olahraga - IDS | International Design School Jakarta

Teknik Fotografi Untuk Mengabadikan Moment Olahraga

Suka menonton olahraga dan tahu teknik fotografi dalam pengambilan moment-nya? Wah, itu menjadi hal yang menyenangkan, ya. Selain bisa menonton olahraga kesayangan, kamu jadi memiliki kenang-kenangan dari setiap olahraga yang ditonton. Aktivitas yang dilakukan seperti olahraga biasanya dilakukan secara cepat, maka dari itu ketika kamu  harus tahu teknik fotografinya. Kali ini IDS akan memberikan beberapa tips dalam pengambilan foto olahraga.

Setting shutter speed cepat

Kamu sedang menonton pertandingan sepak bola, di mana para pemainnya menggiring bola sambil berlari cepat, dan gol. Bisa dibayangkan bukan bagaimana cepatnya bola masuk ke dalam gawang tetapi kamu ketinggalan moment yang tak bisa diulang lagi dalam kameramu. Gunakan shutter speed yang cepat untuk mendapatkan gerakan cepat karena jika shutter speed lambat kamu akan ketinggalan moment penting di atas. Atur kameramu ke mode shutter priority dan pilih 1/500 atau lebih. Lebih baik kamu datang lebih awal saat pertandingan belum dimulai, sehingga kamu bisa mencoba settingan kamera sebelum benar-benar memotret.

 

Aperture Besar

Atur settingan aperture selebar mungkin untuk mendapatkan shutter speed yang cepat. Jika kamu punya lensa berdiafragma f/2.8 atau f/4 maka kamu bisa dengan mudah mengatur kecepatan rana tinggi. Namun, jika tak memiliki lensa seperti itu, dan hanya berdiafragma f/5.6 atau lebih kecil, jangan lupa membawa flash atau cari tempat di mana kamu mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak.

Continous Shoot

Gerakan yang cepat membuat kamu mungkin banyak kehilangan moment. Kamu bisa gunakan continuos shoot agar bisa mengambil gambar secara banyak dan terus menerus. Mosde vurst memungkinkan kamu untuk memotret hingga 6 foto sekaligus. Oh, ya jangan lupa untuk memakai memory dengan kapasitas yang besar, ya. Karena mode ini akan lebih menghabiskan memory dan jika perlu bawa cadangan memory card.

Gunakan Lensa Tele

Mungkin diatas kami sudah menyarankan untuk memakai flash, Namun, flash bisa mengganggu pemain saat bertanding. Lensa tele akan membuat kamu lebih bisa menangkap gerakan mereka. Jadi, lebih baik segera matikan flashmu!

Mode Auto Focus Continuous AF-C

Mendapatkan gambar yang pas memang susah, ya. Namun, mode auto focus continuous AF-C atau Al Servo, membuat kamu bisa mendapatkan moment yang sangat bagus.

Memotret moment yang cepat ternyata bukan hal sulit, ya? Apalagi kamu paham betul bagaimana teknik fotografinya. Jangan lupa untuk selalu berlatih agar koleksi foto olahragamu semakin banyak.

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

 

Sumber: Tipsfotografi

Mau Belajar Teknik Fotografi untuk Moment Olahraga? Kursus Fotografi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG