Tema-Tema Besar dalam Film (Part 1) - IDS | International Design School

Tema-Tema Besar dalam Film (Part 1)

Di kalangan sineas film, wajar bagi siapapun untuk ingin mencoba membangun cerita yang lain dari yang lain berdasarkan keinginan untuk menciptakan sesuatu yang revolusioner. Namun, tema besar penceriteraan dalam film layar lebar dan layar kaca ada karena alasan yang relevan; kumpulan kategori tersebut memudahkan penulis naskah untuk mengaitkan tema cerita yang ia garap dengan sesuatu yang sudah pernah dibuat sehingga memudahkan proses kreatif dalam produksi film.

Memang iya, film dengan formula yang konvensional dapat membuat penonton merasa bosan, tetapi patut diingat juga bahwa dua film yang berbeda bisa saja memiliki tema besar yang sama. Variabel penceriteraan dalam film jumlahnya tak terbatas dan memungkinkan pembuat film untuk menjelajahi metode penceriteraan yang unik dan spesifik.

Kali ini, IDS | International Design School akan menjabarkan beberapa tema besar yang sering digunakan dalam film dan program di layar kaca. Yuk, kita simak!

 

  • Man vs. Nature

 

MV5BMjk2NjM1NTg3NV5BMl5BanBnXkFtZTcwODU0ODcxNA@@._V1_

 

 

Konsep bahwa manusia akan berjuang untuk mempertahankan hidupnya meskipun alam menantangnya telah digunakan banyak film untuk menjadi tema penceriteraan. Baik Jaws, Into The Wild dan Deep Impact memiliki kesamaan dalam plotnya; perjuangan manusia menghadapi sesuatu yang mengancam hidupnya.

 

  • Man vs. Himself

 

Pergulatan antara manusia dan dirinya sendiri bisa termanifestasikan dalam banyak bentuk. Baik itu kecanduan, rasa takut dan faktor internal lainnya, peperangan dalam diri seseorang bisa menghadirkan efek secara luas yang dapat mengubah keadaan keluarga, lingkungan, pertemanan dan dunia profesional dari karakter dalam film.

 

  • The Loss of Innocence

 

film__3451-empire-of-the-sun–hi_res-3ed2946e

 

 

Protagonis dalam tema ini pada umumnya adalah anak muda yang sedang menghadapi kenyataan bahwa dunia orang dewasa mengharuskan dirinya untuk beradaptasi dan meninggalkan keluguannya. Proses pendewasaan tersebut bisa dipicu oleh kematian orang yang dicintai, perpisahan atau lingkungan yang baru, meskipun banyak faktor lain yang bisa saja menjadi penyebabnya.

 

  • Revenge

 

Determinasi seseorang atau sebuah kelompok untuk membalas dendam sudah menjadi tema film yang populer sejak awal mula produksi film bisu. Dari era ke era, selalu ada film yang bertemakan balas dendam menjadi ikon dalam dunia perfilman seperti Godfather I dan II, Léon: The Professional hingga Kill Bill: Volume I dan II.

 

  • Death

 

8f83d89655568aae67d5c08ebce5291bd7d3892br1-800-450v2_hq

 

 

Tema ini merupakan salah satu yang paling emosional diantara yang lain. Kehilangan seseorang dapat berimplikasi ke banyak hal dalam kehidupan karakter dan sekelilingnya. Rasa kesedihan dan kehilangan seringkali menjadi topik utama dalam film yang mengambil tema ini.

 

Demikian beberapa jenis tema besar yang telah dibahas oleh IDS | International Design School bagi kamu yang berencana untuk mulai menggarap sebuah film. Masih ada beberapa tema lainnya yang akan dibahas di bagian kedua dari artikel ini. Sampai bertemu!

 

Source:

1 2 3

 

Picture Source:

1 2 3 4 5

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.