Tips and Trick Cara Membuat Sinopsis Film - IDS | International Design School Jakarta

Tips and Trick Cara Membuat Sinopsis Film

Biasanya sebelum menonton film kita pasti membaca sinopsis film yang menjelaskan mengenai isi film tersebut. Nah, buat kamu para filmmakers ada tips and trick membuat sinopsis film nih. Oya sinopsis film itu berbeda ya dengan outline film. Jadi gimana sih cara membuat suatu sinopsis film yang baik dan benar. Ini dia langkah-langkahnya.

Sebelum masuk bagaimana cara membuat sinopsis, apa sih yang dimaksud dengan sinopsis. Sinopsis atau synopsis berasal dari kata synopical yang artinya ringkas. Berdasarkan asal kata tersebut, sinopsis diartikan: “ringkasan suatu materi tulisan yang panjang (baik fiksi maupun non-fiksi) dan sinopsis itu sendiri ditulis dalam bentuk narasi. Sinopsis terdiri dari dua versi, yaitu (1) sinopsis yang ditulis untuk meringkas karya yang sudah ada atau sudah ditulis secara lengkap dan (2) sinopsis yang yang ditulis untuk persiapan menulis suatu gagasan yang akan dituangkan dalam bentuk fiksi maupun non-fiksi.”

Membuat sinopsis itu dibagi secara dua, kamu ingin membuat suatu film berdasarkan dari suatu karya atau berdasarkan ide. Penulisan berdasarkan karya langkahnya sebagai berikut :

1. Membaca dengan seksama karya yang akan dibuat sinopsis

2. Ambil intisari (extract/substance) karya yang dibaca untuk dijadikan inti ringkasan

3. Tulis dengan bahasa yang mengalir (khas Anda) seperti sedang mendongeng

4. Menulis sinopsis adalah melakukan retold (menceritakan kembali)

5. Sinopsis sebuah buku idealnya antara 500 – 1.000 kata roman, komedi, criminal, horror dan sebagainya (Jangan bertele-tele)

6. Perlu ilustrasi (cover buku)

7. Dipublikasi di media-massa / untuk umum

8. Tidak mencantumkan biodata penulis

9. Sinopsis bukan resensi

Sedangkan kalau berdasarkan ide itu, langkahnya seperti ini :

1. Menulis plot-plot ide/gagasan yang akan ditulis sebagai selling-point

2. Tegaskan, target – sasaran ide

3. Tulis dengan gaya tulisan Promosi yang bersifat merayu agar pihak penerbit /produser tertarik membelinya untuk diterbitkan/ diproduksi

4. Tonjolkan dengan jelas, apa yang akan dijual: cinta, parodi, satire, roman, komedi, criminal, horror dan sebagainya

5. Panjang sinopsis 750 – 1.500 kata

6. Tulisan dibuka dengan trigger – sebagai daya tarik

7. Mencantumkan biodata penulis/pengarang sebagai selling point

8. Sinopsis ini sebagai cikal bakal karya yang akan ditulis/dikembangkan

Yang paling penting hasil karya sinopsis kamu itu bukanlah hasil browsing ya, suatu sinopsis itu harus ada sesuai dengan isi dari film kamu sendiri dan setiap orang pasti akan berbeda-beda dalam menulisnya. Lebih singkatnya langkah-langkah membuat sinopsis secara umum adalah:

Satu halaman saja, tidak lebih

Cara menulis sinopsis yang baik sebaiknya tidak lebih dari satu halaman karena sinopsis itu merupakan ringkasan dari isi buku atau ide yang ada, bukan ulasan apalagi pendapat pribadi.

To the point

Sinopsis harus langsung menceritakan tentang isi buku atau ide yang merupakan klimaks dari alur cerita buku atau ide tersebut. Tidak membahas panjang lebar termasuk karakter tokoh maupun latar cerita dalam buku atau ide tersebut.

Bukan pendapat pribadi

Sinopsis tidak bercerita tentang pendapat pribadi akan suatu buku atau ide. Pendapat pribadi hanya berlaku ketika ingin menulis sebuah resensi dan tidak berlaku dalam cara menulis sinopsis yang baik.

Bahasa sederhana

Menuliskan sinopsis tidak perlu menggunakan bahasa yang rumit dan sulit dimengerti. Cukup menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan tentu saja tidak “alay plus lebay”. Namun dapat juga menuliskan sinopsis dalam bahasa asing jika buku atau ide rencananya dipasarkan di luar Indonesia.

Bagaimana sudah mengerti membuat sinopsis? Intinya perbanyak membaca contoh-contoh sinopsis dan mengerti target audience film kamu, agar lebih memudahkan kamu untuk membuat suatu sinopsis. Selamat mencoba.

Kamu punya passion dibidang FilmMaker? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film atau Kursus Film untuk kamu mewujudkan impianmu!

Sumber : 1 2

Punya Passion FilmMaker? Sekolah Film di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Remy petry - October 19, 2018 - 10:31 am #

    Panjang sinopsis film sih menurut saya makin banyak malah makin bagus 😀

DAFTAR SEKARANG