Tips Buat Anak Desain yang Sulit Mendapatkan Inspirasi - IDS | International Design School

Tips Buat Anak Desain yang Sulit Mendapatkan Inspirasi

Kamu anak desain grafis? Pernah nggak sih kamu merasa bingung dan mentok untuk mencari ide dan inspirasi ketika mulai mendesain? Memang, seorang desainer grafis dituntut untuk selalu berpikir secara kreatif untuk menghasilkan desain-desain yang “Out of The Box” dan berbeda dari yang lainnya, meskipun ia berada dalam kondisi yang tidak baik. Nah, karena itulah desainer grafis harus terus mencari cara untuk mengembangkan kemampuan mereka agar terciptanya ide-ide kreatif yang lebih unik lagi.

Lantas, bagaimana sih caranya? berikut IDS punya beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan kalau lagi bingung atau mentok dalam mencari inspirasi untuk desainmu.

 

1. Perbanyak Baca Buku

1

Untuk meningkatkan referensi kamu, sebaiknya perbanyaklah membaca buku. Carilah buku-buku yang menginspirasi, baik itu majalah maupun buku karya para master dibidangnya. Atau kalau tidak terlalu suka membaca buku, hal yang kamu lakukan ialah bisa datang ke toko buku dan lihat berbagai referensi desain sampul buku dan poster di sana. Siapa tahu dengan begitu kamu bisa mendapatkan ide. Tapi ingat ya! tetap mempertahankan orisinalitas dan jangan plagiat.

 

2. Melihat Blog Desain

2

Referensi lain yang bisa kamu cari ialah dengan melihat blog desain. Cari blog-blog yang mengupas tentang desain grafis untuk menemukan inspirasi baru dan tahu perkembangan desain grafis. Jangan lupa mem-bookmark website atau blog yang menarik dan menginspirasi ya, agar kamu bisa membukanya kembali tanpa perlu repot untuk mengetik keyword-nya lagi.

 

3. Jalan-Jalan

4
Kamu pusing tidak mendapatkan ide sedangkan desainmu? Jalan-jalan bisa menjadi salah satu solusi. Loh kok jalan-jalan? Nanti deadlinenya tidak terkejar? Tenang guys! Tidak usah jalan-jalan yang jauh dan memakan waktu banyak. Kamu cukup jalan-jalan di taman sekitar rumah atau kantormu. Selain itu dengan jalan-jalan keluar, kita akan lebih dapat melihat banyak objek desain yang terpampang di jalan, apalagi sekarang sudah banyak sekali desain-desain iklan yang sangat bagus di pasang di jalan. Kan lebih baik jalan-jalan  1 atau 2 jam tapi bisa dapat ide daripada hanya berdiam diri di depan komputer tapi tidak mendapatkan ide apapun.

 

4. Bergabung dengan Komunitas Desain

5

Kalau yang satu ini, selain bisa mendapatkan inspirasi dan referensi, kamu juga bisa mendapatkan banyak teman dan jaringan. Hal itu, pastinya sangat membantumu dalam hal mendapatkan referensi dan ide-ide yang segar. Nilai plus lain yang bisa kamu dapatkan ialah karena kamu bergabung dengan komunitas desain, otomatis obrolan yang terjadi ialah seputar desain. Dari situ kamu juga bisa menanyakan kepada mereka dan siapa tahu bisa mendapatkan solusi jitu untuk mengatasi permasalahan masalah desainmu.

 

5. Lakukan Kegiatan yang Kamu Sukai

6

Langkah ini sebenarnya relatif tergantung tiap individu. Ketika sudah buntu, biasanya kita butuh melakukan aktivitas yang kita sukai. Kalau kamu suka main game, maka lakukanlah dengan waktu yang cukup, jangan terlalu berlebihan. Dengan melakukan aktivitas yang disenangi, tentunya membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan bisa mendapatkan ide baru secepat mungkin.

 

6. Redesain Karya Sendiri

8

Selanjutnya, hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan inspirasi ialah buka file lama pekerjaan kamu. Ketika muncul pemikiran baru yang belum terlintas saat mendesain pada waktu itu, coba bongkar ulang dan bikin desain baru.  Kegiatan ini akan meningkatkan kemampuanmu kembali.

 

7. Ikut Kursus Desain

7

Terakhir, hal yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti kursus desain. Dengan mengikuti kursus desain kamu bisa dengan mudah melatih skill-mu agar lebih terlatih. Dan bisa menanyakan seputar desainmu langsung dengan pengajar atau ahli di bidangnya. Ikut kursus desain nggak perlu lama-lama loh! cukup 3 bulan saja kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman desain. IDS | International Design School menyediakan program kursus digital design. Di sini kamu akan diajarkan seputar basic design hingga advanced design. Selengkap bisa cek di www.idseducation.com

Nah, itu dia ketujuh hal yang bisa kamu lakukan kalau sedang suntuk atau bingung banget dalam mendapatkan ide, tapi yang perlu kita ingat adalah setiap kegiatan selingan yang kita lakukan harus tetap bertanggung jawab ya creative people!

 

Source:

1 2

 

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 8

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG