Tips dan Fungsi Elemen Garis pada Desain Website | IDS

Tips dan Fungsi Elemen Garis pada Desain Website

Tahukah kalian kalau elemen garis memiliki banyak kegunaan? Selain biasa digunakan dalam desain kemasan, logo, atau poster. Elemen garis juga sering digunakan pada desain tampilan web loh!

Lantas, apa saja sih fungsi elemen garis pada desain web? Berikut IDS rangkum beberapa fungsi sekaligus tips cara mengaplikasikannya.

 

Fungsi

 

1

  1. Elemen garis berfungsi sebagai pemberi batas antara konten yang satu dengan lainnya. Seperti antara kolom kiri dengan tengah, menu dengan body dan lain-lain.

 

  1. Elemen garis berfungsi sebagai penegas antara batasan yang ada. Contohnya, sebuah kolom telah diberi warna untuk dapat dibedakan dengan kolom lain. Nah, peran garis di sini dipergunakan pada kolom tersebut agar terlihat lebih berbeda dengan kolom lain.

 

  1. Elemen garis berfungsi sebagai penambah estetika. Biasanya, banyak dipergunakan sebagai variasi terhadap huruf atau gambar. Selain itu, perpaduan garis yang serasi juga dapat menjadikan desainmu terlihat rapi dan elegan.

 

Tips Menggunakannya

 

2

1. Penggunaan warna pada garis

Penggunaan warna pada elemen garis dengan teks sebaiknya dibedakan. Gunakan warna yang pudar untuk garis agar mata pengguna langsung tertuju pada teksnya. Sehingga fungsi garis sebagai pembatas dapat diketahui.

2. Berikan white space

Berikan jarak yang cukup antara garis dengan konten. White space sangat diperlukan dalam desain, hal itu berfungsi agar mata pengguna tidak terlalu lelah dan desain web pun tidak terlalu padat.  White space juga membuat tampilan situs tampak menyenangkan dan lebih rapi.

3. Usahakan untuk tidak menumpuk garis

Penggunaan elemen garis yang berlebihan akan membuat desain web-mu terlihat berantakan dan penuh. Selain itu, perhatikan juga unsur ketebalan garis, penggunaan garis yang berlebihan akan membuat desain membingungkan.

Nah, itu dia beberapa fungsi elemen garis pada desain web dan bagaimana cara menggunakannya. Beberapa tips di atas mungkin bisa membantu bagi kamu yang sedang bingung meletakan elemen garis pada desain website. Kuncinya adalah “sering sering berlatih” karena “practice makes perfect”. Selamat mendesain!

 

Source:

1 2 3

 

Source pictures:

1 2 3

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG