Tips Fotografi Siluet - IDS | International Design School Jakarta

Tips Fotografi Siluet

Macam-macam fotografi itu banyak memang, tergantung bagaimana seorang fotografer mau menceritakan hasil jepretannya. Sudah sering bukan melihat foto siluet? Foto siluet itu adalah memotret objek utama lebih gelap dibandingkan backgroundnya. Sehingga yang terlihat dan jadi pusat perhatian adalah objek utama tersebut. Foto siluet gak sesusah yang kita pikirkan kok , menjadi gampang dengan tips fotografi siluet berikut ini :

 

 

1.      Buat Objek Berada Tepat Pada Satu sumber Cahaya.

Foto siluet yang hasilnya sangat tepat sasaran adalah dimana objek berada tepat di depan sumber cahaya. Hal ini nantinya akan membuat pengaruh yang cukup bagi foto siluet ini.

2.      Jangan Gunakan Flash Dalam Memotret.

Yang anda inginkan adalah membuat foto Siluet, jadi jangan pernah anda ciptakan cahaya untuk si objek, karna penggunaan lampu flash dari kamera anda akan membuat foto menjadi terang atau tidak gelap seperti kebanyakan foto siluet lainnya.

3.      Atur Exposure (Manual/Auto).

Dalam pengaturan exposure untuk menciptakan foto siluet yang bagus, anda harus mengatur settingan kamera anda pada mode manual, sebisa mungkin gunakan mode manual exposure. Aturlah aperature dan shutter speed sesuai dengan kondisi tempat yang kamu temui. Jika kamu tidak bisa memakai mode manual, kamu juga masih dapat membuat foto ini dengan mode auto. Jika kamu menggunakan mode auto arahkan kamera pada cahaya yang paling terang, lalu tekanlah shutter pada kamera anda namun tidak penuh, jangan di lepas, kemudian arahkan kamera yang masih anda tekan setengah shutternya ke objek yang ingin kamu foto, kemudian jepret.

4.     Tajamkan Fokus Pada Objek.

Agar foto siluet yang kamu buat dapat terlihat lebih baik, tajamkanlah fokus pada objek foto, cara ini dapat kamu tempuh dengan sedikit membesarkan nilai aperature pada settingan kamera kamu, karena hal tersebut akan membuat background menjadi agak kabur dan fokus pada objek.

5.     Matahari Terbenam Teman Foto Siluet.

Kamu dapat membuat foto siluet yang keren ketika matahari sedang terbenam, karena pada saat itu matahari akan membuat langit lebih terang dan warna yang di tampilkan sangat indah.

6. Cari kondisi pencahayaan yang tepat (backlight).

Untuk menghasilkan siluet, background anda harus lebih terang dibandingkan dengan obyek utama. Itulah kenapa kebanyakan foto siluet dilakukan saat sunset atau sunrise, dimana matahari (sumber cahaya) ada di belakang obyek yang ingin anda foto (backlighting). Tapi jangan batasi diri, foto siluet bisa dihasilkan kapan saja, pada intinya anda hanya harus menemukan background yang lebih terang dibandingkan obyek utama.

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

Source : 1 2

Thumbnail Image: Ant1_G via Compfight cc

Mau Bisa Dapat Foto Siluet yang Keren? Ikut Kursus Fotografi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG