Tips Hemat Biaya Selama Kuliah di Australia - IDS | International Design School Jakarta

Tips Hemat Biaya Selama Kuliah di Australia

Sharing is caring!

Siapa disini yang berminat untuk melanjutkan kuliah di Australia? Well kamu tentu tahu bahwa  tinggal di Australia terutama seperti di Perth, Sydney dan Melbourne memiliki biaya yang tinggi. Ditambah dengan Dollar Australia yang naik saat ini. Jadi ada 6 tips nih buat kamu yang akan melanjutkan kuliah di Australia.

1.      Hemat Biaya Akomodasi

Untuk kamu yang masih berumur dibawah 18 tahun disarankan untuk homestay atau tinggal dengan orang tua asuh. Kamu sudah mendapatkan breakfast dan dinner. Kamu juga tidak perlu pusing memikirkan biaya listrik, air dan lainnya. Buat kamu yang sudah 18 tahun keatas coba mencari teman sharing untuk tempat tinggal. Jangan sekali-kali kamu nekat untuk tinggal sendiri walaupun lebih private tetapi kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih besar. Disarankan untuk sharing karena kamu harus tanggung jawab membayar listrik, air, internet, biaya makan, dan kebutuhan rumah lainnya.

 2.      Hemat Biaya Makan

Untuk yang homestay beban biaya makan memang berkurang dibandingkan yang tidak homestay tetapi untuk lebih berhemat, lebih baik kamu memasak sendiri dirumah. Selain hemat akan menambah skill kamu dalam hal memasak. Untuk yang tidak homestay kamu bisa membeli makanan instan yang murah atau patungan membeli bahan-bahan makanan bersama teman satu kamar. Kalau kamu memaksakan beli makan diluar setiap hari bisa menghabiskan satu harinya AUD 30 sampai AUD 100.

 3.      Hemat Biaya Transportasi

Siswa International dapat memiliki Smart Rider, sejenis kartu transportasi yang dapat digunakan untuk menggunakan fasilitas bis, kereta api dan ferry di kota Perth. Dengan smart rider ini, harga transportasi menjadi lebih terjangkau untuk siswa, sebagai contoh dari Bayswater Station ke Central Perth yang berjarak sekitar 5 kilometer, sekali gesek dengan kartu ini senilai AUD 1.50 Sudah bisa sampai di City dengan nyaman.

Apabila jarak dari tempat tinggal dan kampus tidak begitu jauh, sepeda bisa menjadi alternatif transportasi. Kamu juga bisa meninggalkan sepeda di stasiun KA kemudian naik kereta sampai ke kota. Apabila ada rejeki, mobil bekas bisa dibeli dengan harga mulai AUD 2000 sudah bisa membeli mobil bekas layak pakai. Namun perlu diingat, bensinnya mahal karena tidak ada subsidi dari Pemerintah Australia. Tetapi memang lebih baik menggunakan transportasi umum, menggunakan transportasi umum di Australia nyaman dan aman kok. Ini akan jauh lebih hemat.

 4.      Hemat Biaya Hiburan/Biaya Jalan-Jalan

Biaya untuk satu ini memang tidak bisa kita lupakan. Terlebih biasanya biaya ini yang paling menyedot keuangan paling banyak. Tetapi ada beberapa tempat yang bagus tapi tetap murah. Untuk berbelanja makanan asia, apabila kamu kangen dengan bumbu-bumbu Indonesia yang nikmat, kalian bisa berkunjung ke Victoria Park, ada toko asia disana, namanya Kongs berbagai bumbu khas asia/Indonesia tersedia lengkap. Apabila tidak sempat masak, bisa berkunjung ke Bintang atau Batavia restaurant di Victoria Park juga.

Buat belanja barang-barang kebutuhan rumah/kamar, banyak tersedia barang bekas di Sunday Market di Belmont Forum maupun di shopping centre lainnya pada minggu pagi biasanya ada pasar kaget (sejenis Pasar Senen di Jakarta, atau pasar kodok di Bali) menjual beragam kebutuhan, dan barang-barang yang lucu dan fungsional.

Untuk Op-Shop (sebutan untuk toko barang bekas disana) ada beberapa pilihan seperti tokobarang bekas Salvation Army, maupun Good Sammy (hasil penjualannya untuk amal). Dari pada membayar mahal untuk barang baru, mending belanja barang bekas sambil menolong orang lain selain lebih murah pastinya. Terkadang kita juga menjumpai orang yang menjual barang-barang dirumahnya karena mau pindah atau kembali ke tanah air, biasanya disebut dengan garage sale.Untuk belanja grocery, ada beberapa pilihan supermarket seperti IGA, Woolworths, dan Coles. Pastikan melihat katalog promo terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk belanja dimana. Untuk shopping baju dan pernak pernik lainnya, bisa berkunjung ke Harbour Town, factory outlet yang murah meriah di Perth. Oh iya, satu tips lagi dalam berbelanja, di akhir musim dingin, seluruh baju winter akan di diskon besar-besaran, karena stok summer akan datang. Saat inilah waktu yang pas untuk belanja baju winter untuk persiapan winter tahun depan karena Jaket winter yang biasanya dijual AUD 100 ke atas bisa SALE diharga AUD 15.

5.      Hemat Biaya Pendidikan

Maksud dari biaya pendidikan ini bukanlah biaya semester atau biaya kuliah, tetapi biaya ini seperi biaya foto copy, print, jilid, membeli buku tambahan dan sebagainya. Biaya ini paling penting untuk kita pikirankan.Untuk berhemat, kamu bisa membeli buku bekas dari senior, menggunakan buku di perpustakaan, menggunakan fasilitas wifi gratis di kampus untuk mengerjakan tugas, browsing materi, maupun menghubungi keluarga di Indonesia via skype.

6.      Bekerja Part-Time

Ini adalah salah satu cara supaya kamu bisa bertahan hidup selama kuliah di Australia. Bekerja part-time dapat dimana saja. Dengan bekerja selain menambah uang saku ini akan menambah skill kamu di bidang yang kamu minati. Part-time ini bisa menambah referensi kamu di CV.

Akan tetapi tetap ada peraturan dari pemerintah Australia bahwa mahasiswa Internasional hanya diperbolehkan bekerja 40 jam/ 2 minggu. Ingat satu hal lagi jangan mentang-mentang mendapatkan uang tujuan utama kamu kuliah disana menjadi terbengkalai ya.

 Itu dia 6 tips cara kamu berhemat selama berkuliah di Australia. Semoga tips ini bermanfaat ya buat kamu. Nah, buat kamu yang berminat untuk kuliah di Australia tetapi belum tahu kemana kamu bisa mengikuti program International Pathway dari IDS | International Design School. Dengan mengikuti program ini kamu bisa mendapatkan gelar sarjana dibidang industri kreatif dan tentunya biaya kuliah yang jauh lebih hemat dengan 3 pilihan Universitas terbaik di Australia. Jadi tunggu apalagi daftar sekarang juga.

Untuk info media sosial jangan lupa follow @idseducation di Twitter , like page IDS Education di Facebook dan tambahkan plus dan jadikan IDS Education di circle friends kamu di Google+. Supaya kamu bisa terus pantengin acara-acara seru lainnya di IDS. Ditunggu kedatangan kamu berikutnya di acara IDS.

Sumber : 1 2

Photo Credit: Skype Nomad via Compfight cc

Posted in: Articles

Comments (2 Responses )

  1. beasiswa - September 25, 2015 - 12:49 am #

    Pengen banget bisa kuliah di luar negeri, mungkin Australia bisa jadi salah satu referensi bagus bila kita ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri

  2. iyan - June 30, 2015 - 1:09 am #

    saya ingin sekali belajar. bagaimana cara untuk ikut nya???

DAFTAR SEKARANG