Tips Hemat Liburan ke Australia - IDS | International Design School Jakarta

Tips Hemat Liburan ke Australia

Australia, negara tetangga dengan sejurus keindahan yang tentunya membuat kita tertarik untuk berlibur di sana. Ia terkenal dengan negaranya yang nyaman, keteraturan dan keamanan. Dalam bidang parawisatanya pun objek-objek wisatanya terkelola dengan sangat baik.

 

Namun, seiring dengan kemapanannya, Australia termasuk negara yang tidak mensubsidi indirectly warganya. Karenanya living cost di sana mahal banget. Nah, karena hal itu pula, bagi para  wisatawan yang akan belibur di sana akan sangat terasa.

 

Duh terus gimana caranya ya supaya bisa tetap liburan di Australia dengan budget seminim mungkin? Tenang, ada kok. Nih tipsnya.

 

 

A. Flight

 

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Kenapa? Berlibur ke luar negeri memang tidak bisa dilakukan secara dadakan.  Cari tiket jauh-jauh hari dan memesannya itu memiliki keuntungan tersendiri, yaitu harganya murah. Karena kita punya waktu untuk mencek tiket-tiket promo. Apalagi low cost airlines, pasti rutin tuh mengadakan promo. Selain JetStar, penerbangan domestik low cost itu, TigerAir.

 

2. Ambil Penerbangan Malam

Ceritanya kamu sudah menemukan beberapa airlines terkait yang suka mengadakan promo. Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memilih penerbangan malam, sehingga sampai di Australia pagi harinya. Dengan begitu, kita akan berhemat semalam karena tidak perlu menginap.

 

3. Beli Bagasi Tambahan Saat Pulang Saja

Usahakan saat pergi semua barang masuk dalam satu bagasi kabin. Sehingga hanya perlu bagasi tambahan saat pulang saja.

 

B. Akomodasi

 

1. Pilih Akomodasi yang termurah dan dekat pusat kota

Tentunya ini ya yang jadi idaman para wisatawan, dekat pusat kota dan murah. Usahakan jangan neko-neko, hostel backpacker yang berbentuk dorm bisa menjadi pilihan bagus. Pilih yang ada dapur lebih bagus lagi, sehingga kita bisa menghemat biaya makan. Range harga per-kamar kira-kira AUD 30 – 35.

 

2. Cek Review Hostel di Web

Selalu cek review hostel yang mau kita book di web-web seperti hostelworld dan hostelbooker. Jangan lupa cek letaknya dengan peta, cek pula jarak ke sarana transportasi. Jangan sampai dapat hostel yang tidak nyaman dan jauh hanya karena lebih murah. Big no banget ya, selain akan membuang waktu, kamu juga akan menghabiskan biaya lebih banyak.

 

C. Transportasi

 

1. Transportasi Hemat Melbourne

Saat kamu berlibur di Melbourne, disarankan menggunakan SkyBus dari bandara ke kota. Dan langsung beli tiket PP, karena lebih hemat. (PP AUD 30; satu arah AUD 18).

Untuk jalan-jalan keliling kota bisa naik city circle tram yang gartis dan menjangkau spot favorit para turis. Asyik kan, udah gratis, mengunjungi spot wisata pula. Maka dari itu, wisata di Melbourne rasanya cukup dilakukan dengan tram gratis dan jalan kaki.

 

2. Transportasi Hemat Sydney

Dari airport ke kota disarankan menggunakan kereta dan membeli MyMulti Pass supaya hemat. My Multi ini bisa digunakan untuk berbagai jenis transportasi mulai kereta, light trail, bus, hingga ferry. Multi pass akan melenyapkan rasa resah gelisah kamu seputar efisiensi eaktu, takut nyasar, antri dan kebingungan saat ingin membeli tiket. Harganya kira-kira AUD 44 – 50.

 

3. Transportasi Hemat Perth

Beda di Sydney, beda pula di Perth. Dari airport kamu bisa gunakan bus nomer 37 untuk ke daerah CBD. Harga sekitar AUD 4. Untuk kembali ke airport, gunakam Perth Airport Shuttle (AUD 15). Sementara untuk jalan-jalan dalam kota disediakan CAT Bus. GERATIS. CAT bus ini punya warna dan rute yang berbeda. Dan bus ini juga menjangkau beberapa objek wisata dalam kota. Namun, jangan lupa perhatikan jam operasinya, karena dia tidak sampai malam.

 

 

D. Makan

 

1. Sarapan yang kenyang di hostel

Well, berbahagialah kalau hostel mu menyediakan sarapan walau seadanya. Makanlah sampai kenyang di pagi hari untuk mengisi tenagamu. Selain menghemat biaya, kamu juga tak perlu membuang-buang waktu dengan sarapan di jalan.

 

2. Beli Roti Tawar dan Sup Instant

Jika ingin benar-benar berhemat, bisa beli roti tawar di supermarket. Harganya hanya sekitar AUD 4. Bisa untuk makan 3 kali bagi yang sendirian. Beli sup instant dan makan di hostel juga merupakan pilihan lainnya.

 

3. Tap Water

Ini nih, kamu Cuma tinggal beli air mineral di supermarket seharga AUD 3. Sisanya tinggal mempergunakan tap water. Tenang, airnya bersih dan aman dikonsumsi kok. Kalau makan di restaurant dan ngga mau beli minum juga jangan malu tinggal bilang, “just tap water”.

 

 

E. Jalan-jalan

 

1. Cari Objek Wisata Gratis

Di Sydney, Perth dan Melbourne banyak objek wisata gratis dan menarik untuk dikunjungi. Nah, demi menemukannya, luangkanlah waktu untuk mencari di website. Selain kamu bisa mempersiapkannya, kamu juga akan menghemat biaya jalan. Jadi bisa memperkirakan deh biaya yang keluar.

 

2. Pilih Tour yang Worth it-able

Katakan lah kamu ingin mengunjungi western Australia yang memang sedikit mahal tapi sangat recommended untuk fully experience the landscape. Karena untuk ke sana lumayan jauh, kamu bisa memilih menggunakan tour. Biayanya sekitar AUD 145. Kalau memang kamu benar-benar ingin ke sana berarti kamu harus menyiapkan biayanya sejak awal. Memilih tour pun harus diperhatikan tujuannya, jangan sampai kamu mengeluarkan uang banyak tapi ternyata objek yang dikunjungi ngga sesuai.

 

 

F. Belanja

Jangan belanja di Australia. Percayalah, Australia bukan tempat yang cocok untuk surga belanja. However, untuk harga souvenir masih acceptable lah. Tempat termurah untuk beli souvenir adalah di Paddy’s Market Sydney. Oh ya, jangan pernah memilih oleh-oleh berupa kerajinan tangan karena akan sangat mahal. Bisa juga kamu memilih beli produk Indonesia mahal yang di sana murah, seperti celana jeans bermerk. Harganya sekitar AUD 30 – 50.

 

 

Nah, kayanya baru itu deh tips yang bisa dikasih. Australia memang salah satu negara yang sedikit mahal living cost nya, namun tetap worth-it kok untuk dikunjungi. Jadi selamat menabung dan berlibur.

 

Selain liburan, kamu juga bisa meneruskan studi kamu di Australia. Yuk, ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

 

Sumber: 1 2 3

 

Photo Credit: RubyGoes via Compfight cc
Ikutan International Pathway Program dari IDS, Yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG