Tips membuat Animasi Sederhana, Dengan 6 Aplikasi Pemula Berikut Ini - IDS | International Design School

Tips membuat Animasi Sederhana, Dengan 6 Aplikasi Pemula Berikut Ini

Jika kamu melihat Instagram atau Youtube, pasti akan menemukan banyak sekali video animasi. Di era digital ini, tujuan pembuatan animasi sendiri memang memiliki cangkupan yang tak terbatas. Kamu bisa menggunakan animasi sebagai sarana pemasaran hingga hiburan. 

Membuat animasi memang bukan hal yang mudah. Umumnya kamu harus menimba ilmu di sekolah animasi supaya mendapatkan ilmu dengan paket lengkap, mulai teori dan juga praktek. Tapi nggak menutup kemungkinan kamu juga bisa belajar animasi sederhana secara otodidak menggunakan 6 aplikasi pemula berikut ini!

toy-story-4-woody-and-buzz-lightyear-uhdpaper.com-4K-17

 

  1. Apple Motion

Fungsi: Titling dan grafis gerak

Harga $ 49,99

 

Apple Motion, aplikasi grafis yang dapat diunduh untuk Mac OS X, sangat ideal untuk membuat animasi titling sederhana untuk proses belajar kamu atau animation project sederhana. Apple Motion versi terbaru memiliki fitur yang lebih komplek seperti mengkomposisikan 3D, pewarnaan vektor, dan pelacakan gerak. 

 

  1. Adobe After Effects

Fungsi: Animasi 2D, gambar bergerak 

Harga: Kamu bisa berlangganan untuk $ 19,99 per bulan atau mendaftar uji coba 30 hari gratis.

 

Adobe After Effects biasanya digunakan untuk grafik gerak kelas tinggi dan juga efek video pasca produksi. Adobe After Effect memiliki banyak fitur yang dapat digunakan bukan hanya untuk membuat animation tetapi juga editing video. Meski memiliki fitur yang cukup kompleks, Adobe After Effect juga dapat digunakan untuk animasi sederhana berskala 2D. Serupa dengan Apple Motion, kamu bisa memilih dari beberapa animasi default dan menyeretnya ke ruang edit yang mudah digunakan. Software ini adalah cara yang bagus untuk membuat animasi cepat atau judul sebuah konten. 

 

  1. Go! Animate

Fungsi: Short animation, karakter, dan variasi background template 

Harga: $ 25 per bulan untuk paket bisnis

 

Go! Animate adalah aplikasi online yang dapat kamu gunakan untuk membuat video animation yang untuk pekerjaan, pelajaran sekolah, atau hanya proyek sampingan usai kuliah. Sius website ini menawarkan 50 template karakter kartun dengan 150 pose yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Ada juga 20 latar belakang, 20 track musik, dan 200 alat peraga. Kamu dapat menggunakan program template suara untuk karakter animasi kamu. Atau merekam suara kamu sendiri untuk penyesuaian yang lebih jauh. 

 

  1. Animatron

Fungsi: Mempelajari animasi dan membuat presentasi, serta konten visual untuk pemasaran. 

Harga: Gratis untuk penggunaan standart

 

Animatron adalah platform pembuat animasi online yang sangat mudah digunakan. Meski berbasis online, program ini cukup powerful karena memungkinkan kamu untuk membuat video animasi yang memukau langsung di browser. Menggunakan basis cloud: program ini tak lagi memerlukan instalasi ataupun plugin. Ia dibangun dengan teknologi HTML5 yang sangat aman sehingga memungkinkan untuk pemutaran universal, baik pada komputer desktop maupun perangkat seluler.

 

  1. Xtranormal

Fungsi: Video animasi 3D

Harga: $ 50 per bulan untuk paket profesional

 

Pengoperasian Xtranormal hampir sama dengan Go! Animate. Hanya saja disini animasinya bersifat 3D. Kamu bisa memilih hingga 500 karakter dengan masing-masing 80 pergerakan, 200 set background template, dan 20 bahasa yang mengarahkan hingga 12 karakter per adegan. 

 

  1. Wideo

Fungsi: Short animation promotion

Harga: Gratis

 

Wideo adalah program animasi yang sedang naik daun meskipun masih dalam tahap beta. Wideo adalah sebuah platform gratis untuk membuat animasi dasar. Melalui platform ini kamu bisa memilih template, serta gambar dari file pribadi kamu kemudian menyesuaikannya menjadi video animasi pendek. Tujuan Wideo sendiri adalah membantu para animator pemula membuat iklan animasi sederhana untuk sebuah bisnis. Jadi, program ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat animasi sederhana untuk kepentingan bisnis. 

 

SOURCE: 1, 2

Posted in: Articles