Tips Memilih Sekolah Desain Grafis - IDS | International Design School

Tips Memilih Sekolah Desain Grafis

Sekolah desainer kini sudah semakin bertambah jumlahnya. Hal itu dikarenakan sudah banyak orang yang ingin bisa menjadi desainer, baik itu desain grafis maupun desain komunikasi visual (DKV). Dari sekian banyaknya sekolah yang ada, tentunya kamu ingin masuk ke sekolah terbaik bukan? Untuk itu, ada beberapa tips bagaimana menentukan sekolah itu tepat untuk dimasuki. Yuk, disimak informasinya.

 

1. Lihat Kurikulumnya

kurikulum desain
Kurikulum adalah hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum memilih suatu sekolah desainer. Kalau di dalamnya terdapat berbagai pelajaran dasar desain, seperti teori-teori desain, teknik-teknik menggambar, hingga pengetahuan mengenai software desain.

Sekolah desainer yang bagus akan memiliki kurikulum yang padat dan berisi. Kurikulum itu harus update dengan perkembangan keilmuan desain. Bila di suatu sekolah memiliki kurikulum yang usang maka ilmunya tidak akan aplikatif. Sebab, dunia desain cukup cepat perkembangannya, baik itu dalam segi teknik maupun peranti yang digunakannya.

Di dalam kurikulum itu juga harus ada pelajaran praktik. Tanpa adanya itu, maka percuma saja mengetahui teorinya tanpa pernah mengaplikasikannya. Itu sama saja seperti sering baca buku masak tapi tidak pernah mencoba memasak. Nah, dengan belajar desain di IDS | International Design School, kalian bisa mendapatkan itu semua. Kurikulum yang update dan aplikatif dengan perkembangan saat ini.

 

2. Fasilitas yang Ada

fasilitas

Hal kedua yang harus kamu pertimbangkan ialah fasilitas sekolah itu. Fasilitas ini perlu dipertimbangkan karena kaitannya dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut.

Sekolah desainer berkualitas tentunya memiliki fasilitas lengkap untuk siswa-siswanya. Tanpa adanya itu, proses pembelajaran akan menjadi terkendala dan menyulitkan saat melakukan praktik desain.

Adapun, bila di sekolah tersebut memiliki perpustakaan buku desain tersendiri, itu menjadi nilai plus untuk dipilih. Dengan adanya perpustakaan, kamu dapat dengan mudah menemukan referensi teori desain tanpa harus bersusah payah mencarinya. Kamu pun dapat mempelajari teori desain dengan mudah. Di IDS | International Design School, mahasiswa akan ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, seperti Audio Production Room, Animation Light Box, dan Online Editing Room.  Ditambah dengan banyaknya praktik yang dilakukan untuk mengasah skill mahasiswanya.

 

3. Alumni Sekolah Tersebut

alumni

Sekolah yang bagus tentunya menghasilkan alumni berprestasi. Kualitas alumni berprestasi tiu merupakan buah dari kurikulum yang diterapkan di sekolahnya. Sebab, seseorang tidak akan memiliki kualitas bagus tanpa ada proses belajar sebelumnya.

Selain itu, kamu bisa melihat seberapa banyak alumni dari suatu sekolah desainer bekerja di perusahaan bonafide. Hal itu menandakan kalau kualitas alumni itu mampu menjawab kebutuhan standar kualitas perusahaan tersebut. Di IDS | International Design School sendiri, sudah terbukti menghasilkan banyak prestasi yang dihasilkan dari alumninya, seperti Catharina “Ellen” Dian yang ikut andil dalam Star Wars Clone Wars,  Adhyatmika (Mika) yang telah menghasilkan karya film yang berjudul Masih Belajar dan memenangkan Democracy Video Challenge, serta masih banyak lainnya.

 

4. Banyaknya Siswa di Satu Sekolah

Students Using Laptops And Digital Tablets In Lecture

Sekolah desainer yang berkualitas layaknya gula bagi semut, yakni mampu menarik banyak siswa untuk belajar di instansi tersebut. Bila suatu sekolah desain memiliki siswa yang cukup banyak itu bisa saja menandakan kualitasnya bagus.

Meski demikian, bukan berarti itu bisa menjadi penentu utama ya guys. Untuk meyakinkan kamu memilih, ada baiknya berbincang dengan beberapa siswa sekolah tersebut. Tanyakan berbagai proses pembelajaran dan lain sebagainya. Setelah yakin, kamu bisa memilih bersekolah di sana.

 

5. Banyaknya Siswa dalam Satu Kelas

banyak siswa di satu kelas

Poin ini sedikit berbanding terbalik dengan poin sebelumnya. Kalau kamu mau belajar desain dengan suasana belajar yang baik maka kelas sesi pelajarannya tidak berisi banyak orang. Jumlah orang yang sedikit dalam satu kelas dapat menciptakan konsentrasi belajar lebih baik ketimbang kelas dengan banyak orang.

Sekolah desainer yang baik ialah memiliki banyak siswa namun jumlah siswa perkelasnya tidak terlalu padat. Dengan begitu, proses pembelajarannya bisa lebih berkualitas dan kamu pastinya akan mudah menyerap materi pelajarannya. Nah, hal ini juga yang diterapkan di IDS | International Design School. Dengan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak dalam satu kelas, belajar desain di IDS pastinya, akan terasa lebih nyaman dan kondusif.

 

 

6. Biaya

biaya

Terakhir, soal biaya perlu kamu pertimbangkan. Pilihlah dengan bijak mengenai biaya pendidikan. Karena biaya yang kamu keluarkan tentunya akan sebanding dengan apa yang nantinya akan kamu dapat.

Bagaimana beberapa tips memilih sekolah desain tersebut? Cukup berguna bukan? Dari semua itu hal utama yang harus kamu ingat dalam memilih sekolah desain ialah kamu tahu apa yang dibutuhkan dari sekolah itu. Jangan sekedar ikut-ikutan atau hanya coba-coba. Kamu harus tahu apa yang dituju dengan belajar di suatu sekolah desain.

Nah, dari ke-6 tips di atas, IDS | International Design School punya semua yang dibutuhkan, mulai dari kurikulumnya, fasilitas sarana dan prasaranannya, dosen-dosen yang profesional, alumni, dan biaya yang pastinya juga sesuai dengan apa yang akan kamu dapatkan di sekolah tersebut.

 

Source:

1   2   3   4

 

Source Pictures:

1  2  3  4  5  6

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Rumah Adat Sunda - July 9, 2018 - 10:35 pm #

    Waw,, sangat lengkap penjelasannya…

DAFTAR SEKARANG