Tips Memotret Outdoor dengan Tata Cahaya Fotografi Alami | Kursus Fotografi

Tips Memotret Outdoor dengan Tata Cahaya Fotografi Alami

Teknik memotret di luar ruangan sedikit berbeda dengan di dalam ruangan, Karena meskipun cahaya yang masuk banyak, kita tidak selalu mendapat foto yang bagus. Terutama apabila objek yang kita foto adalah manusia alias foto portrait.

Salah satu kendala saat memotret manusia/portrait adalah objek terkena silau matahari sehingga mata mereka sering menyipit, dan bayangan gambar sering terlihat terlalu kuat di beberapa bagian.

Jadi bagimana sih caranya supaya mendapat hasil foto yang bagus? Simak beberapa tips tata cahaya fotografi di bawah ini untuk membantu kamu menghasilkan foto outdoor yang bagus.

  1. Perhatikan Pencahayaan di Lokasi Pemotretan
    Tata cahaya merupakan salah satu unsur penting dalam fotografi. Pelajari karakteristik cahaya di lokasi pemotretan, jika dirasa kurang mendukung, disarankan untuk menunggu beberapa waktu.
  2. Mencoba Berbagai Kondisi Cahaya
    Setelah mempelajari karakteristik cahaya, selanjutnya bereksperimenlah dengan kondisi tata cahaya fotografi. Jangan membuang-buang waktu hanya untuk menunggu Golden Hour (waktu yang tepat untuk memotret karena kondisi cahaya sedang bagus-bagusnya, biasanya 1 jam setelah terbit matahari dan 1 jam sebelum matahari terbenam). Coba lah memotret pada kondisi cahaya yang berbeda.
  3. Perhatikan Arah Cahaya
    Perhatikan arah cahaya di lokasi pemotretan, salah-salah malah bisa terkena backlight (objek membelakangi sumber cahaya sehingga objek yg difoto terlihat gelap sementara background terlihat terang). Posisikanlah backlight dengan tepat agar menghasilkan foto dengan pencahayaan yang keren.
  4. Gunakan Flash Sebagai Fill In
    Menggunakan flash di siang hari bukanlah hal yang aneh karena flash bisa digunakan untuk menerangi bagian objek yang gelap karena objek membelakangi sumber cahaya (backlight). Manfaatkan fitur flash compensation di dalam kamera kamu supaya bisa mengontrol seberapa besar intensitas flash yang dikeluarkan.
  5. Manfaatkan Reflektor
    Reflektor berfungsi untuk memantulkan cahaya ke objek yang difoto untuk menerangi bagian yang terkena bayangan. Karena fungsi reflektor itu untuk memantulkan cahaya, Anda bisa menggunakan apapun yang dapat memantulkan cahaya.
  6. Memotret di Tempat Teduh
    Memotret di tempat yang teduh dapat melindungi objek dari terik matahari dan mengurangi cahaya yang mengenai objek. Meskipun di tempat teduh, pastikan cahayanya cukup agar bayangan objek rata.

Dengan mengatur pencahayaan yang tepat, hasil foto kita pun akan lebih baik. Selain teknik pencahayaan, masih banyak lagi teknik-teknik fotografi lainnya yang wajib kamu ketahui sebagai seorang fotografer agar hasil foto kamu tidak terlihat amatir. Apa sajakah mereka? Yuk ikuti kursus singkatnya di Creative Course Photography dari IDS | International Design School. Jadi, siapkah kamu untuk keluar memotret hari ini, fotografer?

 

Sumber: tipsfotografi.net.

Photo Credit: Trenten Kelley Photography via Compfight cc
Mau Belajar Fotografi? Kursus Fotografi di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG