Tips Mengatasi Homesick - IDS | International Design School Jakarta

Tips Mengatasi Homesick

Homesick. Ini adalah penyakit yang diderita setidaknya oleh sebagian besar perantau. Difokuskan untuk orang-orang bernama mahasiswa, yang sedang mengemban tugas mulia mencari ilmu di tempat orang. Jauh dari rumah dan berdiam di lingkungan berbeda membuat seseorang terkadang merindukan ‘rumah’ nya. Nyatanya merantau tak selalu tentang senang. Terbukti dengan adanya penyakit menyiksa ini.

Masih mending kalau jarak antara kampus dengan rumah tak terlalu jauh. Minimal bisa pulang sebulan sekali. Bagaimana kalau beda pulau? Nah lebih parah lagi kalau beda negara, beda benua. Ribet kan kalau setiap homesick kudu pulang? Tidak jadi masalah kalau kamu punya ladang uang. Tapi kalau kalian tidak bisa menghamburkan uang?

Sebenarnya ada kok cara untuk mengatasi homesick. Ini adalah beberapa tipsnya.

1.       Keluar dari Kamar

Kamar merupakan tempat yang baik untuk menyuburkan penyakit homesick mu itu. Ada baiknya kamu jalan-jalan keluar rumah. Duduk di taman, mengunjungi pusat perbelanjaan atau liburan. Ikut kelas kerajinan juga boleh, pokoknya lakukan sesuatu. Jangan terus-terusan mengurung diri di kamar. Nanti ujung-ujungnya kamu bakalan chatting atau Skype orang yang kamu kangenin. Nggak dilarang sih, Cuma yang terjadi selanjutnya adalah kamu semakin terpuruk, sedih, nangis dan akhirnya homesick semakin parah. Bahaya.

2.       Ubah kampus jadi rumah kedua

Well, kampus nggak pernah bisa menggantikan rumah utama sih tapi ya cukup menolong kok. Kamu bisa masuk klub yang sesuai dengan minat kamu dan mengikuti kegiatannya. Masuk organisasi kampus juga boleh. Pokoknya cari kegiatan, sibukan diri di kampus sehingga perhatian kamu teralih.

3.       Hangout dengan teman

Ini juga lumayan ampuh. Kamu bisa pergi liburan dengan teman-temanmu. Menghilangkan sedikit penat dan kejenuhan. Kalau waktunya tidak memungkinkan, kamu bisa mengadakan sleepover bersama mereka. Berkumpul, menginap bersama di satu tempat, menonton film, dan lainnya. Di sini juga bisa jadi ajang curhatmu yang lagi kangen rumah. Remember, you’re not alone.

itu tadi sedikit tips yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi homesick. Hal terakhir yang bisa kamu lakukan apabila homesick itu terus mendera, ya pulang. Mungkin sudah saatnya kamu pulang. Tapi ingat, pulang menjadi pilihan terakhir loh ya.

So, buat kamu yang mau study di luar, baik itu luar pulau atau luar negeri, ada baiknya dipikirkan matang-matang terlebih dulu. Karena kamu harus konsisten dalam menjalaninya. Kalau udah matang, yuk coba diintip IDS| International Design School sedang membuka program International Pathway dimana kamu bisa kuliah di universitas di Australia dengan harga terjangkau.

 

Sumber : 1 2 3

Photo Credit: anna gutermuth via Compfight cc

Kuliah di Luar Negeri  
Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG