Tips Mengikuti Lomba Fotografi untuk Pemula - IDS | International Design School Jakarta

Tips Mengikuti Lomba Fotografi untuk Pemula

Sharing is caring!

Sebagai seorang pemula dalam dunia fotografi, tentu mau dong mengikuti lomba fotografi. Dengan mengikuti lomba, tentu kamu jadi tahu bagaimana kualitas foto yang kamu ciptakan. Namun, sama seperti sebuah permainan, ada menang dan kalah yang akhirnya tak sedikit peserta yang gagal memenangkan hadiah yang ditawarkan. Rasa kecewa mungkin saja kamu rasakan saat mengetahui karyamu tidak memenangkan lomba fotografi karena tidak lolos penjurian. Sebenarnya saat ingin mengikuti lomba, sebagai peserta, kamu harus memiliki mental yang siap untuk memenangkan lomba atau bahkan kalah saat perlombaan. Untuk bisa lolos dari penilaian juri, kamu harus memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang sudah ada. Semakin paham dan mengikuti ketentuan yang ada, tentu semakin banyak peluang untuk menang. Nah, kali ini IDS akan memberikan tips fotografi pemula agar karyamu bisa memenangkan lomba fotografi.

 

  • Biasanya setiap lomba fotografi memiliki temanya masing-masing. Agar tak melenceng dari tema yang ditentukan maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca informasi lengkap tentang lomba tersebut. Semakin melenceng tema foto yang kamu kirimkan tentu akan jauh dari lolos seleksi juri.
  • Tak hanya tema, langkah selanjutnya adalah mengetahui syarat dan ketentuan lomba tersebut. Seperti bagaimana ukuran foto, periode pemotretan, lokasi jika memang ditentukan, dan sebagainya. Jangan pernah memaksakan diri untuk mengikuti lomba, padahal kamu tahu dan sadar bahwa fotomu tak selaras dengan kepentingan lomba.
  • Mungkin kamu memiliki stok foto lama atau bahkan pernah mengikuti lomba dan tak menang, dan akhirnya mengirimkan foto yang telah diikutkan ke lomba lain. Sebaiknya hal tersebut jangan kamu lakukan. Kamu bisa mengambil foto terbaru karena tak sedikit panitia membuat aturan tidak boleh mengirim foto yang sudah diikuti lomba lain.
  • Selain persiapan mental, kamu juga harus yakin bahwa karyamu memang bagus dan unik. Keunikan foto akan menjadi penilaian penting bagi juri. Masukkan foto yang unik meskipun objek yang kamu ambil terasa umum bagi orang lain.
  • Ada baiknya kamu pun mengetahui siapa yang menjadi juri dalam lomba tersebut, agar kamu jadi tahu bagaimana karakter dan selera juri. Jadi, kamu bisa menciptakan karya yang bisa langsung dilirik oleh juri. Bahkan, jika jurinya lebih dari satu, kamu bisa menciptakan selera kombinasi seluruh juri.
  • Tak hanya juri, kamu juga sebaiknya tahu siapa di belakang penyelenggara lomba tersebut. Karena biasanya penyelenggara memiliki kepentingan terhadap foto yang masuk.
  • Jika terdapat temanmu yang juga ikutan lomba tersebut, maka ada baiknya untuk membandingkan fotomu dengan mereka. Seperti yang dikatakan bahwa kamu harus memiliki mental yang kuat, jadi saat melihat foto temanmu lebih baik kamu tak berkecil hati, jika memang ada kesempatan sebaiknya kamu mencari alternatif foto lain.
  • Ada kalanya sikap percaya diri itu penting. Namun, kamu juga harus mempersiapkan hal terburuk, salah satunya karyamu tak lolos seleksi juri. Jadi, saat kamu kalah kamu pun tak begitu kaget dan sakit hati.
  • Terkadang sebanyak apapun ilmu fotografi yang kamu miliki, faktor keberuntungan menjadi salah satu penentu. Jadi, setelah mengirimkan karyamu, hal yang bisa kamu lakukan adalah pasrah dan berdoa.

 

Jadi, sudah siap nih untuk ikut lomba fotografi? Keuntungan yang kamu dapatkan sangatlah banyak, mulai dari hadiah, rasa bangga, selalu termotivasi untuk menciptakan hasil karya yang baik, serta kamu jadi tahu bahwa fotomu pantas diapresiasi oleh orang lain. Semoga tips di atas juga dapat bermanfaat bagi kalian yang mengikuti Lomba Fotografi Gelar Jepang UI 2014 bersama IDS | International Design School.

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa mendalami skill fotografi kamu dengan mendapatkan gelar Bachelor di universitas terbaik di Australia melalui program International Pathway di IDS.

 

Sumber: 1 2
Image Credit : 218/365 – 5/14/2011 by GabrielaP93 is licensed under CC BY 2.0

 

Memiliki Hobi Dan Ketertarikan di Dunia Fotografi? Ikut Kursus Fotografi di IDS Saja Yuk!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. diandra - April 16, 2017 - 3:44 pm #

    Kebetulan nih saya masih pemula, masih mau belajar banyak tentang fotografi

DAFTAR SEKARANG