Inilah 5 Tips Menjadi Kartunis Sukses | IDS

Inilah 5 Tips Menjadi Kartunis Sukses

Sharing is caring!

Menjadi seorang kartunis merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Selain dapat menuangkan ide dan kreatifitas dalam rangkaian cerita yang berurut, kartunis juga dapat membuat alur cerita sesuai yang diinginkan beserta dengan pengembangan karakter tokoh yang mereka ciptakan sendiri. Lantas jika sudah memiliki keahlian, apa lagi tipsnya agar bisa menjadi seorang kartunis yang sukses? Berikut akan kita bahas bersama.

  1. Yakinkan diri dan terus perdalam keahlian

tips menjadi kartunis

Kartunis sangatlah banyak ruang lingkupnya, ada yang hanya menggambar untuk pesanan karikatur, ilustrasi, ataupun kartun yang akan digunakan secara terus – menerus. Jika anda sudah menyadari bakat dan hobi anda dalam bidang ini, jangan mudah menyerah jika mengalami kesulitan atau belum banyak pesanan, apalagi bagi para pemula. Keahlian yang terus diasah akan menyebabkan kreatifitas yang semakin terasah, dan akan semakin menaikkan reputasi anda dengan sendirinya. Ditambah lagi sudah banyak lembaga pendidikan hingga jurusan di perguruan tinggi yang memfasilitasi hobi ‘menggambar’ ini.

  1. Pasarkan hasil karya Anda

Setelah anda merasa memiliki cukup banyak karya yang hasilnya lumayan memuaskan, bahkan mendapat pujian dari orang – orang terdekat, tidak ada salahnya untuk mulai ‘menjemput bola’. Anda dapat memulainya dengan membuat sebuah website untuk hasil – hasil karya anda. Selain itu, hasil karya anda juga dapat anda tawarkan pada studio produksi. Bisa saja mereka juga sedang mencari talenta baru dan itu adalah anda!

  1. Aktif dalam komunitas

kartunis terkenal

Setiap hobi pasti memiliki komunitasnya masing – masing. Tidak ada salahnya untuk membuka diri dan aktif dalam berbagai komunitas seni yang ada, terutama kartunis. Dengan berada dalam komunitas, selain menambah jaringan pertemanan tentunya anda juga bisa mendapatkan ide – ide baru dengan saling bertukar cerita. Dengan berada dalam komunitas yang lebih besar, lebih besar juga peluang anda untuk menemui orang – orang yang sudah lebih hebat dan peluang mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan tentunya.

  1. Jangan pernah menolak pekerjaan

Mungkin ini akan lebih cocok untuk diterapkan bagi para pemula di pekerjaan ini. Jangan pernah tolak tawaran pekerjaan yang datang, walaupun bayarannya kecil atau bahkan tidak dibayar. Tanpa disadari, dengan mengerjakan pekerjaan tersebut, anda sudah berlatih untuk mengasah kemampuan dan menghasilkan karya yang lebih bervariasi.

  1. Selalu terbuka dengan dunia luar

Pekerjaan kartunis yang identik dengan menggambar tidak melulu harus berada dibalik meja dan di dalam ruangan. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mendapat ide. Sekedar pergi keluar untuk mendengarkan percakapan orang – orang dalam bis umum ataupun kereta, bisa memunculkan inspirasi yang baru. Anda juga tidak boleh menjadi teknophobia, orang yang takut akan perkembangan teknologi. Jika anda bisa memanfaatkan program – program baru dengan teknologi yang lebih canggih, mengapa tidak? Selain menambah ilmu, pekerjaan anda pun akan lebih mudah.

Source : 1 | 2

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG