Tips Mudah Belajar Desain - IDS | International Design School Jakarta

Tips Mudah Belajar Desain

Anggap saja ceritanya kamu adalah seorang yang baru mau belajar desain grafis. Kamu tertarik dan tidak tahu harus mulai dari mana. Tapi kamu tidak mau belajar melalui bangku kuliah karena ada hal lain yang kamu kejar di sana. Atau mungkin kamu ingin mempersiapkan kemampuanmu dalam desain sebelum belajar di bangku kuliah. Lalu apa yang harus dilakukan? Ya, belajar saja secara otodidak.

 

Nah agar belajarmu lebih mudah, berikut akan dijabarkan langkah-langkah dan persiapan untuk belajar desain grafis dengan singkat.

 

1.       Kumpul dan Fokuskan Niat

Well, tentunya kita semua tahu kalau mau belajar sesuatu ya harus niat. Begitu pula jika kamu ingin belajar desain. Jangan sampai niat ini terputus di tengah jalan. Yakinkan diri sendiri bahwa kamu benar-benar ingin belajar dan berkecimpung di dunia desain. Sebenarnya tidak apa-apa jika suatu saat kamu bosan, tapi itu malah membuktikan bahwa kamu tidak bertanggung jawab. So, niat itu penting. Anggap saja niat adalah mahar untuk belajar.

2.       Kenali Cara Berpikir

Seperti yang kamu ketahui, desain adalah ilmu kreatif. Kreatif termasuk ke dalam seni estetika yang tentunya akan banyak menggunakan otak kanan. Pelajarilah mengasah otak kanan untuk daya imajinasimu karena kamu harus terus mengkhayal. Kenali pula cara atau media apa yang kamu pilih untuk belajar. Apakah dengan membaca buku, tutorial tertulis, atau dengan video tutorial.

3.       Be patient

Sabar. Yak, dalam proses belajar tidak ada yang instan. Tidak mungkin kamu tiba-tiba belajar desain dari awal dan tiba-tiba 2 hari kemudian kamu sudah jago nan hebat dalam mendesain. Sabar-sabar lah kamu dalam belajar. Jangan cepat iri dengan teman kamu yang sudah jago mumpuni. Sesungguhnya mereka yang jago adalah yang mempunyai jam terbang tinggi. Karena itu, bisa karena biasa. Teruslah bersabar dan berlatih.

4.       Cari software desain yang mudah dioperasikan

Nah ini juga penting nih. Coba perdalam dulu pengetahuan kalian tentang software desain ini. Dari beberapa software yang ada, sila dipilih yang paling kalian anggap mudah dan sukai. Tapi, setelah memilih kalian harus fokus pada satu pilihan. Taklukan dulu satu software. Apabila kamu sudah gape di software sebelumnya baru deh boleh mencoba yang lain.

5.       Singkirkan buku tutorial tentang cara menggunakan software

Kalau kalian memang suka baca dulu sebelum mencoba ya tidak apa-apa. Tapi kalau kebalikannya lebih baik jangan. Coba-coba tools secara otodidak lebih menyenangkan. Semakin banyak error, semakin banyak salah, semakin mengerti pula kamu nantinya. Mengapa tidak usah membaca buku? Karena nanti hasilnya terlalu terpacu pada buku dan tidak mengeluarkan karakter kamu. Lebih spontan, lebih asik. Atau kalau kalian bingung bisa tanya google atau gunakan F1 (help) dalam software yang kamu gunakan.

6.       Mulailah dari yang mudah

Karena kamu mau jago, kamu mau mencoba langsung buat desain poster atau majalah. Atau mungkin mau langsung coba bikin pop art dan pixel art. Duh duh, tunggu dulu. Kan kita belajar dari dasar, ada baiknya kita mulai dari yang mudah terlebih dahulu. Tidak usah terlalu muluk, bikin saja dari bentuk-bentuk biasa dulu. Coba mulai dari bentuk televisi, lanjut ke gelas, lalu kamera, dan terus melaju ke tahap selanjutnya. Mungkin kalian tidak sadar, tapi kalau kalian coba dari yang paling mudah ke tahap rumit, kalian akan merasakan progress. Semakin mengingkat progress kalian, semakin terasah pula skillnya.

 

Itu tadi tips buat kamu yang baru mau belajar desain dari awal. Please kindly remember, tidak ada cara instan. Jadi ya kalau memang mau belajar tentu harus pelan-pelan. Masak mie saja perlu waktu, apalagi belajar? Jangan mudah menyerah dan tingkatkan terus jam terbang kamu. Selamat mencoba!

 

IDS | International Design School membuka sekolah desain atau kursus desain. Kalau kamu mau belajar bisa loh di sini. Itung-itung untuk memperdalam ilmu desain kamu dan mempersiapkannya untuk lebih baik. Dengan pengajar profesional, tentu bukan mimpi untuk menjadi seperti mereka di kemudian hari.

 

Sumber

https://glen-tripollo.blogspot.com/2012/03/cara-ini-bisa-mempermudah-kalian.html

https://www.ahlidesain.com/11-tips-belajar-desain-otodidak.html

Photo Credit: tommy the pariah[away] via Compfight cc

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG