Tips Penulisan Skenario Drama Lucu - IDS | International Design School Jakarta

Tips Penulisan Skenario Drama Lucu

Sebetulnya skenario drama lucu lebih dikenal sebagai skenario drama komedi. Hal-hal lucu bisa muncul dari mana saja. Hal-hal lucu tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk ide cerita drama lucu. Dalam penulisan skenario drama lucu ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, yaitu:

 

 

1. Pastikan saat kamu menulis skenario drama lucu dalam keadaan tidak stres. Jangan memaksakan diri untuk menulis ketika kamu sedang dalam keadaan tidak rileks.

 

2. Bacalah buku-buku yang memiliki unsur komedi atau hal-hal lucu sebagai penambah referensi. Jika kamu malas untuk membaca buku, bisa diganti dengan menonton film.

 

3. Saat kamu memutuskan untuk menulis drama lucu dengan genre komedi situasi, usahakan membuat cerita yang kelucuannya tercipta kerena kesalahpahaman atau mengkondisikan sesuatu yang lucu bukan hanya bersifat slapstick saja.

 

4. Jika kamu ingin membuat skenario drama lucu anak-anak, alangkah baiknya jika kamu tidak menggunakan lelucon orang dewasa karena daya tangkap humor anak-anak masih sebatas slapstick. Lebih baik jika kamu mampu menghadirkan unsur humor yang menididik dengan visualisasi yang mengandung tawa.

 

5. Dalam penulisan dialog lucu kamu harus memperhatikan bagaimana dua orang berbincang-bincang lucu dalam kehidupan sehari-hari.

 

6. Tokoh dalam skenario drama lucu tetap harus realistis dan dapat dipercaya. Artinya kelucuan yang ditimbulkan oleh sang tokoh haruslah dapat diterima, bukan hanya sebatas olokan atau sindiran. Jangan sampai kelucuan tokoh mengandung unsur SARA.

 

7. Lelucon yang muncul harus memiliki makna dan pesan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mendidik para penonton dan juga drama lucu tersebut nantinya dapat meninggalkan suatu makna tersendiri bagi penontonnya.

 

8. Saat menuliskan skenario, usahakan kamu membuat dua tokoh dengan karakter yang berbeda. Satu tokoh serius dan satu tokoh humoris. Dengan adanya variasi seperti ini akan menambah minat para penonton . Karena tanpa kombinasi keduanya tidak akan mampu menghasilkan cerita yang humoris.

 

 

Bagi kamu yang merupakan pemula dalam dunia penulisan skenario, sebaiknya kamu mencoba membuat skenario drama lucu genre slapstick. Slapstick merupakan kelucuan yang diciptakan dari gerakan-gerakan yang mengundang tawa. Seperti adegan terpeleset kulit pisang, jatuh dari tangga, dan lainnya.

 

Mau belajar bikin skenario? Mau belajar jadi filmmaker? Tertarik dengan dunia film? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

Source:     1    2
Photo Credit: LyndaSanchez via Compfight cc
Mau Belajar Bikin Skenario? Ikut Sekolah Film IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG