Tips untuk Persiapan UN - IDS | International Design School

Tips untuk Persiapan UN

Ujian-Nasional-komputer

 

Ujian Nasional (UN) adalah momok menakutkan bagi siswa kelas 12 dari tahun ke tahun. Kegelisahan di kalangan pelajar tahun akhir memang sudah menjadi hal yang lumrah, namun bukan berarti itu diperlukan. Dengan pendekatan yang tepat dan santai, kamu dapat melewati UN tanpa mengalami stres dan kegelisahan yang berlebihan.

IDS | International Design School akan memberikan beberapa tips bagi kamu – siswa kelas 12 — agar dapat mempersiapkan diri secara maksimal demi menyongsong UN tahun ini tanpa merasa tertekan. Mari disimak!

 

Persiapkan Mental dan Tetap Tenang

Kebanyakan dari siswa yang ingin menghadapi UN memiliki satu permasalahan yang pelik dan bisa dihindari yaitu kepanikan. Memang, UN adalah salah satu rangkaian tes yang membentuk masa depan kamu, tapi apakah histeria yang kamu alami akan membantu kamu untuk melewatinya? Tentu saja tidak.

Tetap rileks, ketahui mana yang harus diperbaiki dan belajarlah secara sistematis agar informasi yang kamu serap dapat dicerna oleh otak secara maksimal. Pikiran yang tenang akan secara signifikan mengubah rentetan proses Ujian Nasional dari sesuatu yang menakutkan menjadi sesuatu yang bisa kita kuasai.

 

Susun Jadwal Belajar

Materi pelajaran yang kamu cerna secara rutin dan jumlahnya proporsional akan jauh lebih mudah diingat daripada materi yang banyak dan dibaca dalam satu kali sesi belajar. Maka dari itu, agenda belajar dapat membantu kamu untuk mengatur waktu dan materi apa saja yang sekiranya perlu dipelajari dalam satu hari. Dengan begitu, proses belajar akan menjadi lebih efisien dan perkembangan kamu dalam menguasai materi akan dengan mudah terpantau karena sudah ada panduan dalam belajar beserta materi apa saja yang telah dipelajari secara spesifik.

 

 two-open-books-164944830-58dd5b0b3df78c51620beec2

 

Jaga Pola Makan dan Waktu Istirahat

Makanan yang dikonsumsi dan cukup atau tidaknya istirahatmu sangat berpengaruh dalam proses persiapan UN. Badan yang fit dan kondisi otak yang prima akan membantu kamu saat belajar dan mengerjakan soal. Selain itu, telah terbukti secara ilmiah bahwa metabolisme tubuh yang baik dan cepat akan mencegah pikiran untuk merasa tertekan dan panik. Jika memiliki waktu luang, maka sangat disarankan untuk olahraga ringan untuk membantu tubuh melancarkan metabolisme dan meningkatkan kinerja otak.

 

Sisihkan Waktu untuk Bermain

Inilah salah satu miskonsepsi terbesar di kalangan murid dan bahkan orang tua; anak harus menghabiskan waktunya untuk belajar dan mengesampingkan hal lain. Otak manusia tidak dirancang untuk menerima informasi secara bertubi-tubi tanpa relaksasi. Jika dipaksakan, maka kesehatan psikologis dan mental anak akan terganggu hingga memunculkan kegelisahan, rasa tertekan dan stres yang menghambat mereka dalam persiapan UN.

Selalu sempatkan dirimu untuk melakukan kegiatan yang menjernihkan otakmu agar kesehatan batinmu juga terjaga. Otak yang segar dan rileks akan membantu kamu untuk mempertajam kemampuan kognitif dan afektif kamu secara substansial.

 

Demikian beberapa kiat-kiat dari IDS | International Design School bagi kamu yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional. Apakah kamu memiliki pengalaman saat hendak mempersiapkan diri untuk UN? Atau kamu punya saran untuk mereka yang akan menyongsong UN? Isi kolom komentar dibawah ya!

 

Source:

1 2 3 4

Photo Source

1 2

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG