Tren Desain Abstrak - IDS | International Design School

Tren Desain Abstrak

Abstrak adalah salah satu tren dalam desain web dengan mengedepankan bentuk sederhana, warna yang mengalir dan ditambah banyak sentuhan garis. Terinspirasi oleh berbagai gerakan seni desain dan estetika khusus, hal ini membantu menarik pengunjung untuk berinteraksi di web dengan cara yang menarik.

Lantas, apa yang membuat gambar abstrak begitu menarik — dan kuat? Kuncinya terletak pada gambar yang dapat mengekspresikan ide-ide dan emosi yang sangat kompleks hanya dengan beberapa garis atau bentuk. Dengan menggabungkan beberapa elemen dalam gambar yang sama, seorang desainer dapat menggunakan teknik ilustrasi abstrak yang lebih efektif daripada foto untuk menceritakan kisah visual dan menangkap esensi dari citra sebuah merek.

Rupanya, tren desain abstrak terinspirasi dari 4 aliran desain loh! Penasaran? Yuk simak!

1. Kubism

Pada awal abad ke-20, dunia seni melihat pergeseran seismik dari seni realistik dan representasional. Dalam bentuknya yang paling ekstrim, seni kubisme benar-benar tidak representasional, bergantung pada pengaturan bentuk, garis, dan warna untuk menyampaikan makna. Dalam dunia desain web saat ini, pengaruh kubisme dirasakan dalam kombinasi bentuk, dan warna yang bertujuan untuk menyampaikan suasana hati dan konsep, daripada penggambaran akurat “kehidupan nyata.”

1
2. Memphis

Gaya Memphis adalah perpaduan Art Deco dan Pop Art. Gaya Memphis dimulai dengan furnitur berwarna-warni yang terinspirasi dari warna mainan anak-anak. Namun, gaya itu juga masuk ke dunia seni dan desain grafis. Memphis menciptakan bentuk yang dinamis bercirikan kombinasi yang unik, bentuk geometris, pastel, dan pola dengan warna-warna yang cerah.

2
3. Menggunakan Warna-warna Tahun 1980-an

Warna dapat mencerminkan suasana generasi atau era, tahun 1980-an tercermin dalam palet warna-warna cerah yang ramai dan pop. Warna-warna 1980-an ini memainkan peran utama dalam desain web abstrak. Dengan menggabungkan berbagai gaya ilustrasi, bentuk geometris, dan pola untuk menciptakan situs interaktif yang menarik dengan nuansa modern.

 

4
4. Mid-Century Illustration Techniques (Teknik Ilustrasi Abad Pertengahan)

Teknik ilustrasi tebal yang digunakan dalam iklan tahun 1950-an dan 1960-an juga merupakan ciri khas ilustrasi abstrak dalam desain web. Ilustrasi Mid-Century untuk desain web memiliki garis yang kuat, font script retro bersama dengan elemen abstrak seperti bentuk-bentuk dasar dan garis. Dikombinasikan dengan palet warna dari desain Memphis dan warna Pantone yang cerah dari tahun-tahun sebelumnya, teknik “vintage” ini dapat membuat situs interaktif yang memukau.

 

3 (!)

Ilustrasi abstrak adalah salah satu tren teratas dalam desain web untuk 2018. Meminjam pengaruh desain seni kubisme, ilustrasi abad pertengahan, dan gaya memphis, tren ilustrasi abstrak saat ini menarik inspirasi dari masa lalu untuk menciptakan masa depan desain web.

 

Source pictures and link:

1  2  3  4

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG