Tren Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui (Bagian 2) - IDS | International Design School

Tren Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui (Bagian 2)

internet-digital-marketing

 

Digital marketing adalah metode pemasaran yang terus berkembang dalam segi popularitas dan efektivitas. Bahkan bisa dibilang digital marketing menjadi bagian integral dalam pengembangan usaha dewasa ini.

Berangkat dari fenomena pemasaran dari tahun lalu hingga pertengahan tahun ini, IDS | International  Design School telah mengumpulkan beberapa tren yang sedang naik daun. Tren-tren dibawah ini diproyeksikan akan menjadi komponen instrumental dalam aktivitas digital marketing. Mari disimak!

 

 Machine Learning/Artificial Intelligence

Machine Learning memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan data, pola dan alogaritma mengenai konsumen secara akurat. Keuntungan tersebut berimplikasi kepada penetrasi pemasaran yang dijalankan dimana pelaku bisnis dapat menentukan metode dan platform yang paling efektif untuk digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen.

Selain keuntungan dalam proses pemasaran, aspek operasional dalam sebuah bisnis juga terbantu dengan adanya machine learning. Sebagai contoh, industri kuliner dapat menentukan waktu pengataran makanan terbaik tanpa mengurangi kualitas makanan. Terdapat beragam faktor yang ditelaah seperti kelancaran lalu lintas, cuaca dan kelembapan udara.

 

email-marketing-2

 

E-mail Marketing

Jika mendengar istilah e-mail marketing, persepsi yang sering muncul adalah metode pemasaran tersebut tidak memiliki seni dalam pengerjaannya karena yang dibutuhkan hanyalah membuat konten sebanyak dan disebarkan sesering mungkin. Namun,  teknologi telah membantu pelaku bisnis untuk mengidentifikasi konsumen mana saja yang rajin membuka e-mail. Jika seseorang telah men-subscribe untuk berita mengenai produk baru namun tidak pernah membukanya, ia tidak akan menerima pemberitaan lagi.

Acuan dari e-mail marketing modern adalah perilaku dan kebiasaan konsumen. Jika pelaku bisnis memiliki keterbatasan dalam mengolah data masuk, maka terdapat ribuan software yang dapat membantu mereka untuk menentukan target konsumen dan meningkatkan efektivitas email marketing.

 

Virtual Reality dan Augmented Reality (VR/AR)

Integrasi dari dunia nyata dan fantasi adalah hal yang ditawarkan oleh VR/AR kepada pengguna dengan harapan memberikan sensasi yang lebih nyata kepada pengguna. Pelaku bisnis tidak hanya menawarkan produk mereka ke konsumen, tetapi juga memberikan kesempatan pada mereka untuk merasakan seperti apa produk tersebut.

Perkembangan industri VR/AR adalah peluang bagi pelaku bisnis untuk mengikuti arus dan melakukan penetrasi pasar dengan metode yang semakin populer ini. Berbagai macam industri seperti otomotif, real estate, fashion, rekreasi dan pendidikan telah menggunakan VR/AR sebagai metode pemasaran.

 

Demikian bagian kedua dari ulasan mengenai tren digital marketing pada tahun 2019. Apa kamu seorang pelaku bisnis dan memiliki metode digital marketing favorit? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Tetap kunjungi website dan laman media sosial IDS | International  Design School untuk kelanjutan artikel ini. Sampai jumpa!

 

Source:

1 2 3 4 5

 

Photo Source:

1 2 3 

Posted in: Articles

Comments (3 Responses )

  1. AL Safitri - September 21, 2019 - 9:20 pm #

    Terimakasih atas informasi yang bermanfaat.
    Perkenalkan nama saya Safitri 1722500078 dari Kampus Atma Luhur.

    Kunjungi website saya https://www.atmaluhur.ac.id

  2. ปั้มไลค์ - August 5, 2019 - 7:02 pm #

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.