Tren Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui (Bagian 3) - IDS | International Design School

Tren Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui (Bagian 3)

digital-marketing-strategy

 

Pentingnya digital marketing dalam usaha pengembangan bisnis semakin berkembang. Saat ini, relevansi dari digital marketing telah berada di puncaknya dan menilai dari situasi iklim bisnis yang sedang berjalan, popularitasnya akan terus meningkat.

Berangkat dari fenomena pemasaran dari tahun lalu hingga pertengahan tahun ini, IDS | International  Design School telah mengumpulkan beberapa tren yang sedang naik daun. Tren-tren dibawah ini diproyeksikan akan menjadi komponen instrumental dalam aktivitas digital marketing. Mari disimak!

 

Rich Lead Profiling

Pentingnya data yang akurat semakin meningkat bagi pelaku bisnis. Rich lead profiling menggabungkan data mengenai konsumen yang dimiliki oleh pelaku bisnis dengan data yang berasal dari pihak ketiga. Pihak eksternal tersebut kemudian memberikan kesimpulan dan saran kepada pelaku bisnis sebelum mengambil keputusan agar meningkatkan tingkat kesuksesan dalam proses pemasaran.

Rich lead profiling membuang data konsumen seperti nomor telepon, alamat rumah dan akun media sosial yang tidak akurat. Setelah memberikan data yang valid, biasanya konsumen yang dianggap potensial akan dihubungi melalui e-mail dengan konten spesifik sesuai kebutuhan mereka agar mereka mengambil keputusan pembelian.

 

Browser Push Notifications

Metode ini semakin gencar digunakan oleh pelaku bisnis terutama sejak awal tahun 2019 ini. Efektivitas dari browser push notifications dalam menyampaikan pesan akan menghasilkan persentase yang tinggi dari segi perubahan dalam keputusan pembelian dan kesetiaan konsumen. Contoh yang paling sering ditemui adalah pop-up dalam browser yang mengingatkan tentang shopping cart yang ditinggalkan oleh konsumen.

 

Content Personalisation

Content Personalisation adalah aktivitas yang menggabungkan berbagai macam konten kepada seorang konsumen. Pemilihan konten yang diberikan berasal dari data dari konsumen tersebut seperti riwayat pembelian, riwayat pencarian, lokasi, website yang dikunjungi dan iklan yang di klik. Beberapa variabel demografis lainnya seperti usia, tempat tinggal dan jenis kelamin juga turut menjadi pertimbangan.

Bisnis e-commerce menjadi contoh kuat mengenai tingkat efektivitas content personalization. 44% pengguna yang menggunakan personalized shopping akan menjadi pengguna yang akan kembali membeli di tempat yang sama.

 

 

Demikian ulasan mengenai tren digital marketing oleh IDS | International  Design School. Apa ada tren yang menurutmu terlewatkan? Silakan tinggalkan komentar dibawah ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai digital marketing, yuk belajar di IDS | International  Design School dalam program creative course! Kamu akan dibimbing oleh pengajar dengan segudang pengalaman profesional dengan fasilitas kampus yang bertaraf internasional! Daftarkan dirimu sekarang!

 

Source:

3 4 5

Photo Source:

1 2

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. ปั้มไลค์ - August 22, 2019 - 12:14 pm #

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.