Trik Fotografi: Mengusir Orang dari Sekitar Objek Foto - IDS | International Design School Jakarta

Trik Fotografi: “Mengusir” Orang dari Sekitar Objek Foto

Sharing is caring!

Suka hunting foto pemandangan, tapi suka sebel kalau ada orang yang lalu-lalang disana menghalangi kamu mengabadikan megahnya candi Borobudur atau indahnya pantai Kuta?

Hampir semua photographer pasti pernah mengalami hal menyebalkan ini. Akan merepotkan dan hampir mustahil untuk mengusir para turis dari sekitar objek yang ingin kamu foto meski hanya untuk beberapa detik saja. Jangan putus asa, kami punya beberapa tips kreatif untuk mengakali foto tersebut agar kamu bisa dapat hasil foto yang bebas dari orang-orang yang berlalu-lalang!

FIRST OF ALL,

yang kamu butuhkan adalah kamera, tripod atau semacamnya, serta kesabaran. Kenapa? Karena kamu akan mengambil beberapa foto berkali-kali di tempat yang sama. Ketika pengunjung disana berlalu lalang, mereka pasti bergerak dari suatu tempat ke tempat lain. Kamu akan menyadari bahwa orang-orang ini pada dasarnya tidak akan secara konsisten menutupi suatu objek, sehingga kamu bisa mendapatkan bagian-bagian dari background atau objek yang kamu inginkan.

INFO: IDS | International Design School memiliki program intensive course fotografi bagi kamu yang ingin jago di bidang fotografi

Tapi apa gunanya kalau hanya bagian-bagian dari objeknya, bukan keseluruhannya? Tenang, dibawah ini trick khusus untuk mendapatkan hasil akhirnya: foto keseluruhan objek!

NEXT STEP,

Pilih salah satu dari tiga trik di bawah ini:

Gunakan Fitur “Median” pada Photoshop

  1. Buka Photoshop, kemudian pilih menu File > Scripts > Statistics.
  2. Kemudian pada option Choose Stacks Mode, pilih “median”.
  3. Pada kotak Source File, browse file yang ingin kamu satukan, klik OK.
  4. Setelah itu, Photoshop akan melakukan tugasnya dengan memilah-milah secara otomatis apa yang berbeda dari tiap fotonya, kemudian menghilangkannya.
  5. Selesai! Fotomu “bersih” sekarang.

 

Manfaatkan aplikasi “Tourist Remover” dari SnapMania.com

Ini cara yang paling mudah dari semuanya: penggunaan aplikasi “Tourist Remover” dari snapmania.com yang akan secara otomatis menghilangkan “turis-turis” yang ada pada fotomu. Simply, kamu hanya perlu meng-uploadnya ke snapmania.com kemudian biarkan “Tourist Remover” melakukan trik sulapnya hingga kamu mendapatkan foto pemandangan yang “bersih” dari turis.

 

Satukan Satu-Persatu dengan Photoshop

Yang ini mungkin agak sedikit tricky untuk orang awam, tapi patut dicoba karena tingkat akurasinya akan lebih tinggi dibanding cara yang lain. Yuk mulai!

  1. Buka folder koleksi fotomu tadi, kemudian copy dan paste satu persatu ke aplikasi Photoshopmu sebagai layer yang berbeda dalam satu new image.
  2. Jangan lupa, pastikan posisi seluruh fotomu sejajar. Jika tidak, gunakan move tool untuk menyamakan alignment seluruh fotonya.
  3. Selanjutnya, buat satu layer di atas foto mana pun invisible (sebut saja layer 3). Setelah itu, buat empty mask untuk layer foto tepat di bawahnya (sebut saja layer 2). Tekan dan tahan tombol Alt pada keyboard pada PC atau tombol option pada Mac. saat meng-klik tombol create mask. Mask akan seketika menjadi hitam dan layer foto tersebut menjadi hidden.
  4. Sekarang saatnya menyulap turis-turis tersebut! Klik tombol brush kemudian pilih feathered brush dan pastikan foregroundnya putih. Sapukan brush ke turis-turis yang ada dan lihat turis-turis itu pun akan hilang secara “ajaib”.
  5. Setelah kamu selesai menghapus semua orang yang ada di layer 2, sekarang buat layer 3 yang kamu buat invisible tadi menjadi visible. Kemudian buat empty mask dengan cara yang sama seperti di atas, dan hapus orang-orang yang tersisa pada gambar.
  6. Jika kamu punya lebih dari 3 gambar, maka ulangi terus langkah di atas hingga semua orang terhapus.
  7. Voila! Kamu mendapatkan hasil foto yang “bersih” seperti yang kamu inginkan!

 

Yang patut diperhatikan dari semua tutorial di atas adalah konsistensi dari settingnya seperti white balance, exposure, brightness, levels, dsb. sehingga ketika disatukan hasil jadinya nanti tidak belang. Karena itulah, jika kamu mengubah settingan salah satu dari rangkaian foto kamu, kamu harus mengubah setting seluruh foto dari rangkaian tersebut.

Jangan lupa, kamera juga harus berada di posisi yang konsisten agar posisi gambar dan angle-nya tidak berubah-ubah, karena itulah disebutkan di awal bahwa kamu membutuhkan tripod atau bidang tetap untuk melakukan trik ini. So guys, selamat mencoba!

Photo Credit: hg10163 via Compfight cc

Ingin menjadi seorang fotografer?
Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG