Tugas Produser dalam Sebuah Film - IDS | International Design School Jakarta

Tugas Produser dalam Sebuah Film

Sharing is caring!

Adanya sebuah film, baik itu film pendek maupun film panjang, tidak hanya peranan sutradara saja dalam film tersebut tetapi ada orang lain yang memiliki tanggung jawab besar dalam sebuah film, yaitu produser. Jabatan produser tidak hanya satu orang tetapi bisa lebih. Produser sangat bertanggung jawab saat pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Kenapa? Ini dia tugas-tugas produser dalam sebuah film.

Seorang produser film harus mengawasi dan menyalurkan sebuah proyek film kepada seluruh pihak terlibat sambil mempertahankan integritas, suara dan visi film tersebut. Mereka juga akan mengambil risiko keuangan dengan mengeluarkan uang mereka sendiri, khususnya selama periode pra-produksi, sebelum sebuah film dapat terdanai sepenuhnya. Produser terlibat aktif dalam semua tahapan proses pembuatan film, mulai dari pemunculan ide dan pengembangan hingga penyaluran proyek film tersebut Namun, suatu ide atau konsep film dapat muncul dari siapapun, termasuk penulis naskah, sutradara atau produser.

“Dari draft naskah pertama, hingga semua tahap produksi, sampai pengisian suara terakhir, keberhasilan atau kegagalan berada di tangan produser. Pengalaman dalam bidang ini tidak selesai dalam satu malam. Pengalaman tersebut lahir dari pengetahuan kreatif dan teknis selama bertahun-tahun, dan tentang kecintaan terhadap pekerjaan dan segala yang seiring dengannya, disertai kemampuan memilih bakat yang tepat yang mampu mengelilingi dirinya.” – Julian Wintle

 

Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Produser adalah :

1.   Mencari dan mendapatkan ide cerita untuk produksi.

2.   Membuat proposal produksi berdasarkan ide atau skenario film.

3.   Menyusun rancangan produksi.

4.   Menyusun rencana pemasaran.

5.   Mengupayakan anggaran-dana untuk produksi.

6.   Mengawasi pelaksanaan produksi melalui laporan yang diterima dari semua departemen.

7.   Bertanggung jawab atas kontrak kerja  secara hukum dengan berbagai pihak dalam produksi yang dikelola.

8.   Bertanggung jawab atas seluruh produksi.

Terkadang memang banyak orang sulit untuk membedakan fungsi antara produser dan sutradara,karena memang beda tipis. Sebenarnya fungsi produser dan sutradara hampir sama. Hanya saja yang membedakan ialah seorang produser lebih terlibat saat praproduksi dan sutradara itu pada saat pelaksanaan produksi.

Tidak mudah bukan tugas dan tanggung sebagai produser, laku tidak lakunya film, diminati atau tidak diminati itu adalah resiko yang harus ditanggung produser. Apa pun jabatan dalam sebuah film memiliki peranan penting agar film itu dapat diterima oleh masyarakat.

Kamu punya passion FilmMaker? Sekolah Film saja di IDS | International Design School. Ada juga Kursus Film dan International Pathway di Universitas Ternama di luar negeri.

Sumber : 1 2

Punya Passion dibidang Film? Ikut Sekolah Film di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG