Tutorial Membuat Animasi dengan Photoshop untuk Pemula - IDS | International Design School Jakarta

Tutorial Membuat Animasi Dengan Photoshop Untuk Pemula

Pada artikel kali ini, IDS akan membahas tentang tutorial membuat animasi dengan Photoshop. Untuk menggambar kartun atau animasi dengan photoshop, kita harus mengetahui teknik dasar menggunakan Pen Tool. Pen Tool adalah fitur yang sangat membantu dalam membuat karya yang membutuhkan garis-garis atau membuat vector karena mudah dikontrol, pengerjaan pen tool bersih, dan terlihat natural. Yuk, simak step by stepnya!

 

Langkah 1

Open program photoshop, kemudian buatlah dokumen baru dengan klik Menu File > New. Setelah keluar dialog box, maka atur ukuran file (width) 350 x 350 (height) pixels.

1

1.1

 

Langkah 2

Setalah File baru siap, pada toolbar sebelah kiri, pilih Tool dengan nama Pen Tool. Pen Tool ini juga bisa diakses dengan menekan huruf P pada keyboard. Selain untuk menggambar, pen tool juga berfungsi untuk membuat vektor atau cropping gambar. Untuk mempermudah kamu dalam menggunakan Pen Tool, kamu bisa melihat gambar di bawah ini.

2

2.2

 

Langkah 3

Klik Pen Tool dengan mode Shape Layers dan centang box Auto Add/Delete Option, seperti gambar di bawah ini.

3

 

Langkah 4

Sekarang saatnya membuat outline wajah tokoh animasi. Kali ini kita membuat wajah Nobita. Gunakan Pen Tool untuk membuat lingkaran menyerupai wajah. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

4

JIka langkah 4 kamu lakukan dengan benar, maka akan terbentuk outline seperti di bawah ini.

4.4

 

Langkah 5

Langkah selanjutnya adalah membuat bentuk wajah. Dengan menggunakan pen tool, buatlah bentuk kurva dengan anchor point lalu tekan CTRL + Drag. Buatlah sudut tajam di ujung kurva dengan menekan ALT+Klik+Klik, kemudian tarik anchor point sesuai keinginan. Bentuk wajah tidak boleh melebihi outline.

5

 

Langkah 6

Membuat telinga sebelah kanan dan kiri masih tetap menggunakan pen tool seperti gambar di bawah ini.

6

 

Langkah 7

Setelah membuat bentuk telinga, sekarang saatnya membuat outline wajah. Pilih layer outline wajah, lalu sesuaikan anchor point agar membentuk gambar di bawah ini.

7

 

Langkah 8

Setelah outline wajah jadi dengan sempurna saatnya untuk menggambar mata, alis, hidung, mulut dan membuat bentuk rambut. Bentuknya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

8

8.1

8.2

 

Nah, sudah jadi deh bentuk wajah animasi Nobita. Semua digambar hanya dengan menggunakan pen tool. Tidak sulit bukan untuk mempraktekkannya di rumah?

 

Minat dan mau belajar animasi? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri, loh!

 

 

Sumber :  1   2
Image Credit : MagicEraserEx by The Daring Librarian is licensed under CC BY-SA 2.0

 

 

Tertarik Dunia Animasi? Ikut Sekolah Animasi di IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. andesrizki - August 15, 2015 - 8:54 am #

    Bagus sekali

DAFTAR SEKARANG