Tutorial Mudah Ubah Kode Warna RGB Menjadi HEKS Dengan Menggunakan Paint - IDS | International Design School

Tutorial Mudah Ubah Kode Warna RGB Menjadi HEKS Dengan Menggunakan Paint

Dalam tutorial singkat berikut ini, kamu akan mempelajari bagaimana kode warna dalam RGB dapat diubah menjadi kode HEKS/ heksadesimal. Untuk melakukannya tidak sulit, software yang dibutuhkan juga tidak sulit didapatkan. Software yang bisa digunakan adalah Microsoft Paint yang tidak perlu kamu unduh atau beli lagi karena sudah otomatis tersedia di sistem operasi Windows, dan sebuah program perambah web atau browser untuk mengubah kode RGB menjadi heks.

Untuk memulai, kamu hanya perlu memilih satu gambar digital untuk diambil warnanya dan bukalah dengan memakai Paint. Pilihlah “color picker option” di atas dan kliklah satu bagian gambar yang hendak diambil warnanya. Jika berhasil, kamu bisa temukan di sebelah pojok kanan atas bahwa warna dari foto itu, yang akan diatur sebagai warna 1/color 1 dalam Paint.

Di panel atas Microsoft Paint, kamu bisa menemukan tombol “Edit Colors”. Klik saja tombol itu dan kamu akan menemukan kode warna RGB dari bagian foto yang sudah kamu pilih. Sebuah kotak mungil akan muncul yang isinya menerangkan lebih lanjut tentang informasi warna yang baru saja kamu pilih. Kamu akan menjumpai color value “Red” (merah), “Blue” (biru), “Green” (hijau), dan sebagainya di sebelah kanan, nomornya di kode RGB berada di urutan yang sama persis dan tetap urut seperti itu. Catatlah angka-angka itu dengan teliti karena semua angka tersebut diperlukan dalam konversi nantinya.

Selanjutnya, kamu bisa buka perambah internet seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan sebagainya. Setelah itu, kunjungilah easycalculation.com/rgb-coder.php. Situs ini akan membantu kamu mengubah atau memilih kode warna heksadesimal atau HEX.

Ubahlah kode RGB itu agar bisa dipakai di HTML, yang harus kamu lakukan adalah mengisi “color value”: Red, Blue dan Green sesuai dengan angka-angka yang sudah kamu temukan di Microsoft Paint. Dengan demikian, kamu akan bisa menemukan kode warna HEKS atau heksadesimal sebuah warna. Kode warna HEKS atau heksadesimal itu kini dapat kamu gunakan untuk HTML atau kepentingan lainnya.

 

Nah, bagaimana? Bisa dipraktekkan langsung kan? Untuk kamu yang mempunya passion desain dan ingin mempelajari ilmu desain grafis lebih dalam, kamu bisa ikut belajar di Sekolah Desain Grafis atau Kursus Desain yang disediakan oleh IDS | International Design School. Kamu juga bisa meraih gelar bachelor di bidang desain dari Universitas ternama di luar negeri. Untuk kamu yang masih belum punya basic sama sekali tapi punya keinginan untuk belajar di bidang desain, kamu bisa mengikuti Foundation Program.

 

Sumber: 1 | 2
Image Credit: HEX III by TAKECARE is licensed under CC BY-NC 2.0

 

Mau tahu lebih banyak tentang teknik desain dari para profesional? Bergabung bersama kami di Sekolah Desain IDS. Segera klik info lengkapnya di sini!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG